Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Penyebab Sakit pada Telinga yang Patut Diwaspadai, Ini Penjelasan Lengkapnya

Penyebab Sakit pada Telinga yang Patut Diwaspadai, Ini Penjelasan Lengkapnya Ilustrasi telinga. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Penting untuk mengetahui penyebab sakit pada telinga agar Anda bisa memaksimalkan perawatannya. Sakit telinga (otalgia) umum terjadi pada anak-anak, namun bisa juga menyerang orang dewasa. Nyeri yang dimulai di dalam telinga dikenal sebagai otalgia primer, sedangkan nyeri yang berasal dari luar telinga dikenal sebagai otalgia sekunder.

Sakit pada telinga bisa timbul secara bertahap atau tiba-tiba. Rasa sakitnya bisa saja terasa tumpul, tajam, atau terbakar, dan bisa bersifat sementara atau berkelanjutan. Biasanya, rasa sakit hanya muncul di satu bagian telinga, namun terkadang bisa juga muncul di kedua telinga.

Telinga memproduksi dan menghilangkan kotoran sepanjang waktu. Ketika prosesnya tidak berjalan dengan baik, kotoran menumpuk dan mengeras sehingga saluran telinga Anda tersumbat. Terkadang, hal ini yang menjadi penyebab sakit pada telinga. Berikut adalah beberapa penyebab sakit telinga yang patut untuk diketahui, dilansir dari aafp.org dan webmd.com.

Penyebab Sakit pada Telinga

Sakit pada telinga sering disebabkan oleh penyumbatan di saluran eustachius, saluran yang memanjang dari telinga tengah ke bagian belakang rongga hidung dan tenggorokan. Ketika tuba eustachius tersumbat, udara dan cairan tidak dapat mengalir melalui lorong tersebut, menyebabkan penumpukan tekanan dan rasa sakit.

ilustrasi telinga gatal

medicalnewstoday.com

Infeksi telinga adalah penyebab sakit pada telinga yang umum, terutama pada anak-anak. Infeksi telinga tengah, yang disebut otitis media, terjadi ketika cairan menumpuk di saluran di dalam telinga tengah. Cairan ini dapat terinfeksi oleh bakteri atau virus.

Anak-anak lebih mungkin terkena infeksi telinga daripada orang dewasa, sebagian karena saluran eustachius mereka lebih kecil dan lebih lurus, yang membuat cairan lebih sulit mengalir keluar. Sistem kekebalan mereka juga masih berkembang, yang membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi

Telinga perenang —juga dikenal sebagai otitis eksterna (infeksi pada telinga luar dan saluran telinga)— dapat disebabkan oleh air yang tidak bersih yang tersangkut di saluran telinga luar setelah berenang, menciptakan lingkungan yang ideal untuk bakteri penyebab infeksi.

Sakit pada telinga juga bisa disebabkan karena menggaruk bagian dalam telinga dengan jari, kapas, atau benda lain. Kemungkinan penyebab sakit pada telinga lainnya yang paling umum adalah;

  • Alergi
  • Infeksi sinus
  • Sakit tenggorokan
  • Infeksi gigi
  • Penumpukan kotoran telinga
  • Gendang telinga pecah
  • Perubahan tekanan ketinggian (barotrauma)
  • Sindrom sendi temporomandibular (TMJ, atau masalah dengan sendi yang menghubungkan rahang ke sisi kepala)
  • Radang sendi rahang
  • Perawatan dan Pengobatan untuk Sakit pada Telinga

    Pilihan Perawatan dan Pengobatan untuk Sakit Telinga

    Perawatan untuk sakit pada telinga seringkali tergantung pada apa yang jadi penyebab sakit pada telinga. Perawatan umum termasuk pengobatan, pembedahan, dan pengobatan rumahan.

  • Pilihan Obat
  • Untuk mengurangi sakit telinga, dokter mungkin akan merekomendasikan obat bebas (OTC) seperti Tylenol (acetaminophen) atau ibuprofen (Advil, Motrin). Dokter mungkin juga merekomendasikan obat tetes telinga OTC untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi obat ini tidak boleh digunakan jika ada kemungkinan gendang telinga pecah.

    Antibiotik terkadang diresepkan untuk infeksi telinga, tetapi dalam banyak kasus, hal ini tidak diperlukan. Pada anak-anak, antibiotik seperti amoksisilin dapat digunakan untuk mengobati infeksi telinga yang parah atau berlangsung selama lebih dari beberapa hari.

    Penumpukan kotoran telinga di saluran telinga dapat juga dapat menyebabkan sakit telinga. Namun, jangan pernah memasukkan apapun ke dalam telinga termasuk kapas, yang hanya akan mendorong kotoran lebih dalam ke dalam telinga alih-alih mengeluarkannya. Kotoran telinga yang berlebihan harus didiagnosis dan diobati oleh profesional kesehatan.

  • Pengobatan Rumahan dan Terapi Alternatif
  • Banyak orang mengalami sakit telinga dan gangguan pendengaran ringan atau teredam karena perubahan tekanan udara yang tiba-tiba, seperti saat mereka bepergian dengan pesawat terbang, naik lift, atau menyelam ke dasar kolam renang. Ketika ini terjadi, menelan berulang kali, misalnya, dengan mengunyah permen karet atau mengisap permen keras, dapat membantu membersihkan telinga Anda.

    Kompres dingin juga dapat membantu meredakan penyebab sakit pada telinga. Tempatkan kompres dingin atau waslap basah di telinga yang sakit selama sekitar 20 menit. Kedua kompres panas dan dingin dapat digunakan untuk meredakan gejala TMJ (seperti teknik pengurangan stres atau pelindung mulut). Alih-alih berbaring telentang, cobalah beristirahat dengan kepala disangga. Ini dapat membantu meringankan tekanan di telinga tengah.

    Sebuah tinjauan studi yang diterbitkan pada Februari 2016 di jurnal Medicine mempertimbangkan sejumlah pengobatan komplementer dan alternatif untuk otitis media pediatrik, termasuk homeopati, fitoterapi, xylitol (gula alkohol), suplemen vitamin D, dan probiotik. Para peneliti menemukan bahwa mungkin ada beberapa manfaat dari terapi ini, tetapi buktinya terbatas dan penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

  • Pilihan Operasi
  • Anak-anak yang rentan terhadap sakit telinga akibat infeksi telinga mungkin perlu menjalani prosedur pembedahan di mana tabung kecil dimasukkan ke dalam gendang telinga untuk mencegah penumpukan cairan. Tabung jangka pendek biasanya bertahan sekitar 6 hingga 9 bulan sebelum rontok dengan sendirinya.

    Mencegah Sakit pada Telinga

    Setelah mengetahui penyebab sakit pada telinga, ketahui juga cara mencegahnya. Sakit pada telinga tidak selalu dapat dicegah, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko cedera telinga dan infeksi telinga.

    Jauhkan semua benda asing dari telinga Anda, dan selalu keringkan telinga setelah berenang atau mandi. Anda juga dapat mengenakan topi renang, penyumbat telinga, atau menggunakan penutup renang khusus saat berenang.

    Jika merokok, berhentilah melakukannya.  Demikian juga, cobalah untuk menghindari asap rokok, yang telah dikaitkan dengan infeksi telinga pada anak-anak.

    Salah satu langkah yang baik untuk tetap sehat adalah mendapatkan vaksin flu setiap tahun. Anak-anak juga harus mendapatkan vaksin pneumokokus, karena bakteri Streptococcus pneumoniae dapat menyebabkan infeksi telinga tengah.

    (mdk/edl)
    Geser ke atas Berita Selanjutnya

    Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
    lihat isinya

    Buka FYP
    Penyebab Telinga Terasa Nyeri Hingga ke Dalam, Ketahui Cara Atasinya
    Penyebab Telinga Terasa Nyeri Hingga ke Dalam, Ketahui Cara Atasinya

    Beberapa penyebab telinga dalam terasa nyeri dan langkah-langkah mengatasinya.

    Baca Selengkapnya
    Cara Mengatasi Telinga Berdarah, Ketahui Penyebabnya
    Cara Mengatasi Telinga Berdarah, Ketahui Penyebabnya

    Kondisi telinga berdarah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk cedera fisik, infeksi, atau gangguan dalam saluran pendengaran.

    Baca Selengkapnya
    Penyebab Telinga Gatal Sampai Tenggorokan, Begini Cara Mengatasinya
    Penyebab Telinga Gatal Sampai Tenggorokan, Begini Cara Mengatasinya

    Telinga gatal hingga tenggorokan adalah keluhan umum yang sering dialami oleh banyak orang.

    Baca Selengkapnya
    Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
    video untuk kamu.
    SWIPE UP
    Untuk melanjutkan membaca.
    Penyebab Telinga Cepat Kotor, Ketahui Cara Membersihkannya
    Penyebab Telinga Cepat Kotor, Ketahui Cara Membersihkannya

    Kotoran telinga merupakan masalah yang umum terjadi pada telinga. Dan jika dibiarkan dapat menimbulkan dampak buruk.

    Baca Selengkapnya
    Gejala Meningitis pada Anak, Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya
    Gejala Meningitis pada Anak, Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Meningitis adalah peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang yang bisa berdampak serius pada kesehatan anak-anak.

    Baca Selengkapnya
    Penyebab Gendang Telinga Pecah Beserta Cara Mengatasinya, Penting Diketahui
    Penyebab Gendang Telinga Pecah Beserta Cara Mengatasinya, Penting Diketahui

    Gendang telinga pecah dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti infeksi, trauma, atau masuknya benda asing ke telinga.

    Baca Selengkapnya
    5 Penyebab Mengantuk tapi Susah Tidur, Begini Cara Mengatasinya
    5 Penyebab Mengantuk tapi Susah Tidur, Begini Cara Mengatasinya

    Kondisi mengantuk tapi susah tidur adalah masalah umum yang sering dialami banyak orang.

    Baca Selengkapnya
    Telinga Terasa Penuh hingga Pendengaran Berkurang? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!
    Telinga Terasa Penuh hingga Pendengaran Berkurang? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

    Telinga terasa penuh disebabkan oleh beberapa faktor.

    Baca Selengkapnya
    Penyebab Nyeri Dada setelah Olahraga, Tak Selalu Penyakit Jantung
    Penyebab Nyeri Dada setelah Olahraga, Tak Selalu Penyakit Jantung

    Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Namun, kadang olahraga juga bisa menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan, seperti nyeri dada.

    Baca Selengkapnya