Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Manfaat Lavender Oil dan Kegunaannya, Baik Untuk Kulit

7 Manfaat Lavender Oil dan Kegunaannya, Baik Untuk Kulit Ilustrasi minyak esensial lavender. ©iStock

Merdeka.com - Lavender oil, dikenal dengan nama ilmiah Lavandula angustifolia adalah jenis minyak esensial yang berasal dari bunga lavender. Lavender adalah tanaman asli Mediterania, Semenanjung Arab, dan Rusia. Saat ini lavender banyak di tanam di seluruh belahan dunia.

Tanaman lavender digunakan untuk memproduksi minyak esensial. Minyak diekstraksi dengan proses destilasi uap, di mana bunga lavender dikukus, uapnya ditangkap, lalu minyak dipisahkan dan dikumpulkan dari airnya.

Lavender oil biasanya dapat ditemukan di toko makanan sehat atau toko obat/herbal. Lavender oil memiliki banyak kegunaan sebagai bahan dasar kosmetik dan produk perawatan tubuh. Selain itu lavender oil juga memiliki beberapa kegunaan sebagai obat dan penambah rasa pada makanan.

Berikut 7 manfaat lavender oil dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari yang telah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/4/2020).

1. Mengobati Infeksi Jamur

lavender

2012 Merdeka.com

Manfaat lavender oil yang pertama dapat membantu mengobati infeksi yang diakibatkan oleh jamur.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Medical Microbiology menemukan bahwa lavender oil efektif mengobati infeksi akibat jamur. Para peneliti menemukan bahwa lavender oil mematikan berbagai jenis strain yang dapat menyebabkan penyakit pada kulit.

Dalam penelitian tersebut, minyak atsiri yang disuling dari genus Lavandula dari tanaman lavender tampaknya bekerja dengan cara menghancurkan membran sel jamur. Studi menunjukkan bahwa minyak Lavandula sangat kuat dan menunjukkan aktivitas antijamur pada spektrum yang luas.

2. Menyembuhkan Luka

esensial lavender

Boldsky

Manfaat lavender oil kedua dapat membantu proses penyembuhan luka. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Element-Based Complementary and Alternative Medicine membandingkan efek dari beberapa perawatan untuk penyembuhan luka.

Para peneliti membandingkan efek stimulasi saraf listrik transkutan (TENS), larutan garam, povidone-iodine, dan lavender oil. Penelitian ini diterapkan pada tikus laboratorium.

Penulis penelitian mencatat bahwa penutupan luka lebih cepat terjadi dengan TENS dan lavender oil. Temuan ini menunjukkan bahwa lavender oil memiliki efek akselerasi pada penyembuhan luka.

3. Mengobati Rambut Rontok

ilustrasi rambut rusak

Shutterstock

Manfaat lavender oil ketiga dapat mengobati rambut rontok. Lavender oil cukup efektif untuk mengobati alopecia areata, suatu kondisi di mana rambut menghilang dari beberapa atau semua area tubuh.

Penelitian tahun 1998 menunjukkan lavender dapat meningkatkan pertumbuhan rambut hingga 44% dalam masa 7 bulan perawatan. Dalam studi yang lebih baru, para peneliti menemukan bahwa mengoleskan lavender oil ke punggung tikus membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dalam waktu 4 minggu.

Saat ini telah banyak tersedia produk perawatan rambut berbahan dasar lavender, Anda mungkin tertarik untuk mencobanya.

4. Mengobati Gangguan Kecemasan

ilustrasi teh lavender

Shutterstock/aliasemma

Manfaat lavender oil yang keempat dapat membantu mengobati gangguan kecemasan pada seseorang.

Sebuah artikel ulasan dalam International Journal of Psychiatry in Clinical Practice mengevaluasi seberapa efektif Silexan bagi pasien dengan gangguan kecemasan yang berbeda. Silexan adalah lavender oil yang dimasukkan dalam kapsul gelatin 80 mg.

Tim peneliti menemukan bahwa Silexan memiliki efek anxiolytic, atau mengurangi kecemasan pada pasien dengan gejala umum atau subsyndromal dalam waktu 2 minggu.

Para peneliti juga menemukan bahwa aroma lavender oil dapat membantu menenangkan pasien dokter gigi yang gelisah. Para peneliti mengukur tingkat kecemasan 340 pasien dewasa. Setengah dari pasien terpapar aroma lavender oil, sebagian lainnya tidak. Peneliti menemukan bahwa mereka yang terpapar aroma lavender oil mengalami tingkat cemas yang rendah di banding pasien yang tidak terpapar aroma lavender oil.

"Temuan kami menunjukkan bahwa lavender oil efektif digunakan sebagai obat pengurang rasa cemas di tempat yang tepat, yaitu ruang tunggu dokter gigi, ujar Dr. M. Kritsidima, tim peneliti tersebut.

5. Mengurangi Nyeri Pasca Tonsilektomi Pada Anak

002 febrianti diah kusumaningrum

Shutterstock/Floydine

Manfaat lavender oil yang kelima dapat membantu mengurangi rasa neri pasca tonsilektomi pada anak-anak.

Lavender oil telah terbukti mengurangi rasa sakit setelah operasi amandel. Sebuah tim peneliti di Isfahan University of Medical Sciences, Iran, melakukan penelitian untuk menentukan apakah aromaterapi dengan lavender oil dapat mengurangi gejala nyeri pada anak-anak setelah pengangkatan amandel.

Penelitian ini melibatkan 48 anak berusia 6 hingga 12 tahun. Mereka secara acak dipisahkan menjadi dua kelompok yang terdiri dari 24 peserta. Satu kelompok menggunakan obat penghilang rasa sakit bersama lavender oil, dan yang lain hanya menggunakan obat penghilang rasa sakit saja.

Frekuensi penggunaan asetaminofen setiap anak dan gangguan tidur karena rasa sakit dipantau selama 3 hari pasca operasi. Intensitas nyeri juga diukur. Asetaminofen juga dikenal sebagai Tylenol atau parasetamol, dan kelompok yang menggunakan lavender oil terbukti lebih jarang menggunakan asetaminofen.

Karena ukuran sampel yang kecil, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengonfirmasi khasiat lavender oil secara penuh sebagai obat penghilang rasa sakit yang efektif.

6. Gejala Emosional Pra-Menstruasi

ilustrasi lavender

2012 Merdeka.com

Manfaat lavender oil yang keenam dapat membantu mengatasi gejala emosional wanita pada masa pra-menstruasi. Para peneliti juga telah mempelajari apakah lavender oil dapat membantu meringankan gejala emosional pra-menstruasi.

Banyak wanita usia reproduksi mengalami berbagai gejala pada fase pra-menstruasi, yang umumnya dikenal sebagai sindrom pra-menstruasi (PMS). Meskipun PMS adalah hal yang umum bagi wanita, tidak ada pengobatan tunggal yang efektif dan diakui secara universal. Akibatnya, banyak wanita lalu beralih ke terapi alternatif, seperti aromaterapi.

Sebuah studi melibatkan 17 wanita berusia rata-rata 20 tahun, dengan gejala pra-menstruasi ringan hingga sedang. Para peserta menghabiskan satu siklus menstruasi tanpa perawatan aromaterapi lavender oil, dan yang lainnya menjalani aromaterapi lavender oil.

Studi ini menyimpulkan bahwa aromaterapi lavender oil dapat mengurangi gejala emosional pra-menstruasi.

7. Membantu Tidur Nyenyak

lavender

Mother Earth Living

Manfaat lavender oil yang terakhir untuk membantu Anda istirahat dengan nyenyak dan berkualitas. Fondasi gaya hidup sehat selalu dimulai dengan aktivitas tidur yang cukup dan berkualitas. Jika Anda mendapati diri sering gelisah dan sulit tidur pada malam hari, lavender oil adalah solusinya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa menghirup aroma lavender oil sebelum tidur dapat meningkatkan persentase waktu tidur nyenyak pada pria dan wanita yang sehat. Lavender oil bahkan memiliki efek menguntungkan bagi penderita insomnia.

Penelitian lain menemukan bahwa menghirup lavender oil dua kali seminggu selama 20 menit dapat menenangkan sistem saraf dan meningkatkan kualitas tidur penderita insomnia.

(mdk/edl)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
15 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Daun Mint

15 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Daun Mint

Daun mint memiliki segudang manfaat kesehatan di dalamnya karena kandungan yang dimilikinya.

Baca Selengkapnya
Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Body Lotion dan 5 Rekomendasi Bonavie Body Lotion yang Wanginya Tahan Lama

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Body Lotion dan 5 Rekomendasi Bonavie Body Lotion yang Wanginya Tahan Lama

Selain wajah, tubuh secara keseluruhan juga membutuhkan perawatan. Salah satu langkah penting dalam perawatan tubuh adalah penggunaan body lotion.

Baca Selengkapnya
Apakah Perlu Memasukkan Skincare AHA dan BHA untuk Perawatan Kulit Harian?

Apakah Perlu Memasukkan Skincare AHA dan BHA untuk Perawatan Kulit Harian?

AHA dan BHA memiliki peran penting dalam perawatan karena berfungsi untuk eksfoliasi kulit. Yuk simak untuk menetahui lebih dalam!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Manfaat Kesehatan Pisang dan Tips Mengkonsumsinya

Manfaat Kesehatan Pisang dan Tips Mengkonsumsinya

Pisang adalah buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak apa aja manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan, Punya Nutrisi Tinggi dan Bisa Cegah Penyakit Kronis

Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan, Punya Nutrisi Tinggi dan Bisa Cegah Penyakit Kronis

Bukan hanya enak, buah lontar mempunyai ragam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca Selengkapnya
Manfaat Kerang Hijau bagi Kesehatan, Perhatikan Tips Memasaknya

Manfaat Kerang Hijau bagi Kesehatan, Perhatikan Tips Memasaknya

Kerang hijau memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Baca Selengkapnya
Sumber Vitamin K dan Manfaatnya bagi Tubuh, Penuh Sayur-sayuran

Sumber Vitamin K dan Manfaatnya bagi Tubuh, Penuh Sayur-sayuran

Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak yang terutama dikenal karena perannya dalam pembekuan darah, kesehatan tulang, jantung, dan metabolisme.

Baca Selengkapnya
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Hanya Campurkan 3 Bahan Rahasia Ini

Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Hanya Campurkan 3 Bahan Rahasia Ini

Salah satu permasalahan kulit yang umum terjadi ketika seseorang semakin menua adalah kulit kendur. uk, simak cara mengencangkan kulit secara alami!

Baca Selengkapnya
Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan, Bantu Sembuhkan Luka

Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan, Bantu Sembuhkan Luka

Daun bidara telah dikenal sebagai tanaman obat dalam tradisi pengobatan Ayurveda.

Baca Selengkapnya