6 Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Metode Pijat, Efektif dan Mudah Dilakukan

Kamis, 26 Maret 2020 16:00 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
6 Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Metode Pijat, Efektif dan Mudah Dilakukan cara mengatasi susah tidur. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Insomnia, memang menjadi momok menakutkan untuk orang-orang dalam kategori usia produktif. Seringkali gangguan tidur dapat membuat kita terjaga di malam hari sehingga menyebabkan kurang produktif di siang hari karena kurangnya istirahat rahat.

Insomnia, merupakan kondisi dimana ketika seseorang mengalami kesulitan tidur. Gangguan tidur tersebut akan membuat seseorang tak memiliki waktu tidur cukup yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut menyebabkan kondisi fisik para pengidap penyakit insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas pada keesokan harinya.

Tidur merupakan keadaan tidak sadar yang terjadi secara alami untuk memungkinkan tubuh untuk beristirahat. Pada saat seseorang tidur, tubuh akan melakukan siklus yang bergantian antara tidur gerakan mata cepat dan tidur non-gerakan mata cepat.

Seseorang memungkinkan akan melakukan empat atau lima siklus tidur dalam satu malam. Satu siklus tidur berlangsung kurang lebih selama 90 menit. Siklus ini diawali dengan empat tahap tidur non-REM yang terdiri dari tidur ringan sampai tidur dalam, lalu dilanjutkan dengan tidur REM dan di tahap inilah biasanya mimpi akan terjadi.

Terdapat beberapa faktor yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami insomnia seperti depresi gangguan kecemasan, stres, bekerja dengan sistem shift, usia, jenis kelamin, ataupun saat seseorang sedang melakukan perjalanan jauh.

Banyak orang saat ini memang memiliki masalah kesulitan tidur setiap harinya. Bagi Anda yang mengalami hal tersebut, maka jangan anggap remeh kebiasaan ini karena bisa jadi Anda terkena gejala insomnia.

Penderita insomnia mengalami kesulitan untuk tidur atau untuk mempertahankan tidurnya meskipun memiliki kesempatan untuk itu, sering terjaga di malam hari dan sepanjang hari merasakan kelelahan.

Jika Anda mengalami gejala tersebut, memang ada berbagai cara untuk mengatasi insomnia. Salah satunya adalah metode pijatan kaki untuk membantu anda cepat tertidur.

Seorang ahli refleksi menjelaskan bagaimana cara melakukan pijatan sendiri dalam beberapa langkah. Berikut merdeka.com rangkum langkah-langkah metode pijatan kaki untuk membantu Anda cepat tidur, seperti yang telah dilansir dari Liputan6.com.

Baca Selanjutnya: Langkah Pertama...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini