4 Keunikan Padang Rumput di Ponorogo, Tanahnya Bisa Bergoyang

Rabu, 4 Maret 2020 18:30 Reporter : Rizka Nur Laily M
4 Keunikan Padang Rumput di Ponorogo, Tanahnya Bisa Bergoyang Tanah Goyang Ponorogo. ©2020 Merdeka.com/Instagram @ary_kusnanto

Merdeka.com - Wisata padang rumput sedang digemari warganet. Hal ini lantaran tersebarnya video perjalanan seorang wisatawan di Ranu Manduro, sebuah padang rumput di Mojokerto, Jawa Timur. Berkat video yang viral itu, Ranu Manduro menjadi tidak terlalu menarik untuk dikunjungi.

Pasalnya pengunjung menumpuk dan membuat jalanan di sekitar kawasan macet. Keinginan untuk menikmati indahnya padang rumput jadi gagal dirasakan.

Padahal tidak hanya di Mojokerto. Di sejumlah daerah lain di Jawa Timur hampir selalu ditemukan padang rumput yang indah.

Salah satu padang rumput yang eksotis ada di Ponorogo, Jawa Timur. Berikut 4 keunikan padang rumput di Ponorogo yang Merdeka.com rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Lokasi Wisata Favorit

tanah goyang ponorogo

2020 Merdeka.com/Instagram @ponorogopictures

Padang rumput ini terletak di Desa Pudak Wetan, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Tepatnya 37 kilometer ke arah timur dari pusat kota Ponorogo.

Pada hari biasa maupun hari libur, kawasan padang rumput ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pasalnya kawasan ini menawarkan keindahan alam yang sesungguhnya.

Warna hijau membentang sepanjang mata memandang. Hamparan rumput hijau dan rindang pepohonan menimbulkan kesan sejuk dan menentramkan. Bagi warga kota, mengunjungi padang rumput ini bisa jadi terapi.

2 dari 4 halaman

Tanahnya Bisa Bergoyang

tanah goyang ponorogo

2020 Merdeka.com/Instagram @quniqu

Wisata ini bernama Tanah Goyang. Penamaan ini dikarenakan beberapa bagian tanahnya bisa bergerak ketika diinjak. Lembah hijau ini dikeliling oleh bukit yang tinggi menjulang. Pada bukit tersebut terdapat sumber air yang kemudian membentuk rawa.

Rawa-rawa itu sebagian besar tertutupi oleh rumput atau tanah. Sehingga airnya tidak tampak mata. Oleh karena itu, ada kesan tanah bergerak ketika menginjakkan kaki di atasnya.

3 dari 4 halaman

Potensi Agrowisata

agrowisata gunung mas

Instagram/wisataindonesiatour

Suhu udara di kawasan wisata Tanah Goyang dan di Kecamatan Pudak pada umumnya relatif dingin. Kawasan ini memiliki kondisi udara yang mirip dengan Sarangan, Magetan. Oleh karena itu, Kawasan Pudak disebut-sebut punya potensi besar menjadi kawasan agrowisata.

Di Kecataman Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Pertanian sayur dan peternakan sapi perah juga bisa dijumpai di sini.

4 dari 4 halaman

Berkunjung Saat Kemarau

tanah goyang ponorogo

2020 Merdeka.com/Instagram @ary_kusnanto

Apabila ingin mengunjungi kawasan wisata Tanah Goyang, wisatawan disarankan untuk berkunjung saat musim kemarau. Pasalnya ketika musim hujan akses jalan menuju kawasan wisata cenderung licin.

Hal lain yang perlu diindahkan adalah peringatan dari warga lokal. Menurut mereka, saat berada di atas tanah yang bergerak, tidak disarankan untuk terlalu ke tengah. Hal ini dikarenakan susunan kepadatan tanah dan kedalaman air susah diduga.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini