Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

4 Cara Membuat Cilor Sederhana, Praktis dan Mudah Dibuat

4 Cara Membuat Cilor Sederhana, Praktis dan Mudah Dibuat cilor. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat ini khususnya anak-anak kebanyakan gemar mengonsumsi makanan yang berbahan tepung tapioka atau tepung aci. Biasanya, olahan tepung tapioka atau tepung aci dibuat menjadi cilok ataupun cimol. Kali ini, ada varian baru dari olahan tersebut yaitu cilor atau aci telur.

Sama seperti saudaranya yang lain, cara membuat cilor juga sangat mudah dan praktis untuk dicoba di rumah. Bahannya yang mudah didapat dan praktis dibuat lalu rasanya yang enak pastinya akan banyak digemari oleh anak-anak.

Agar makanan untuk anak tetap aman, hendaknya kita juga bisa membuat sendiri olahan cilor agar tidak perlu jajan di luar. Untuk mengetahui secara rinci, berikut 4 cara membuat cilor sederhana yang dilansir dari resepcaramemasak.info

Cara Membuat Cilor yang Enak

Sama layaknya seperti cara membuat cimol, cilor juga menggunakan bahan dasar tepung aci atau yang biasa kita kenal dengan sebutan tepung tapioka. Walaupun dari namanya sepertinya bahan utamanya adalah aci, akan tetapi ternyata komposisi tepung terigunya juga memiliki takaran yang cukup banyak.

Agar cara membuat cilor dapat sukses dan menjadi empuk, maka komposisi tepung terigu haruslah lebih banyak dari tepung acinya. Takarannya adalah 60% tepung terigu dan 40% tepung aci.

Apabila ingin kenyal, maka adonan yang digunakan lebih banyak tepung aci dibanding tepung terigunya. Namun, idealnya bahan dasar keduanya tersebut dengan menggunakan perbandingan yang sama.

1. Cara Membuat Cilor : Resep Cilor Bandung

Bahan cilor:· Tepung terigu serba guna kurang lebih sebanyak 100 gram.· Tepung tapioka atau bisa juga menggunakan tepung sagu pak tani kurang lebih sebanyak 100 gram.· Bawang putih ukuran sedang besar yang sudah diuleg sampai halus kurang lebih sebanyak 3 pcs.· Telur ayam ukuran sedang besar secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 butir.· Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok makan.· Air yang sudah direbus sampai mendidih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 150 ml.· Gula pasir sedikit saja supaya lebih enak atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok makan.· Minyak secukupnya sesuai kebutuhan.· Bubuk keju, bubuk cabai, bubuk baladoatau aneka topping bubuk lainnya sesuai selera.

Cara membuat cilor Bandung:1. Pertama ambil wadah agak besar lalu tuang aneka tepung bersama dengan bawang putih halus, gula pasir dan garam dapurnya. Aduk aduk sebentar sampai tercampur rata.2. Tuang air panasnya sedikit sedikit saja sambil diaduk menggunakan spatula kayu sampai rata.3. Kalau kelihatannya terlalu encer bisa ditambah sedikit tepung ya.4. Setelah agak hangat aduk sebentar menggunakan tangan sampai benar benar kalis.5. Siapkan panci lalu isi air bersih dan masak sampai mendidih.6. Sambil menunggu, ambil adonan cilor lalu bentuk dan ulangi sampai habis.7. Beri air panas yang sudah mendidih sedikit minyak lalu masukkan potongan cilor yang sudah dibentuk tadi.8. Setelah matang dan kelihatan mengapung, angkat lalu tiriskan sebentar.9. Siapkan wajan lalu panaskan dan goreng cilor tadi sebentar saja sampai kelihatan berubah warna.10. Setelah berubah warna tuang telur yang sudah dikocok lepas lalu aduk aduk sesekali sampai matang.11. Setelah matang angkat dan siap untuk ditaburi bubuk keju, bubuk gurih ataupun topping lainnya sesuai selera.

2. Cara Membuat Cilor : Resep Cilor Tusuk

Bahan yang digunakan:· Bahan pertama adalah tepung terigu kurang lebih sebanyak 3 sendok makan full.· Teping aci atau tapioka kurang lebih sebanyak 10 sendok. Kalau dirasa terlalu kenyal, tepung aci bisa dikurangi dan tepung terigunya ditambah.· Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs.· Daun bawang yang sudah dirajang tipis tipis secukupnya atau kurang lebih 1 batang saja.· Ebi supaya lebih gurih dan enak kalau suka kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.· Kaldu instan rasa ayam secukupnya sesuai seler atau kurang lebih sebanyak 1 bungkus kecil.· Telur ayam yang sudah dikocok lepas secukupnya atau kurang lebih 1 pcs saja.· Air panas mendidih yang sudah hangat, minyak dan tusukan lidi secukupnya sesuai kebutuhan.

Cara membuat cilor tusuk:1. Pertama haluskan dan uleg bawang putih bersama dengan ebi lalu sisihkan.2. Ambil wadah kemudian masukkan tepung terigu dan tepung tapioka kemudian aduk sebentar sampai tercampur rata.3. Masukkan irisan daun bawang bawang bersama kaldu instan dan ebi serta bawang putih yang sudah dihaluskan.4. Tuang air hangatnya sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu hingga bisa dibentuk dan kalis.5. Siapkan air dan masak hingga mendidih dan bergejolak.6. Sambil menunggu mendidih, bentuk adonan cilor tadi sesuai selera tetapi jangan terlalu besar ya.7. Setelah mendidih, beri sedikit minyak kedalam airnya lalu masukkan cilor yang sudah dibentuk tadi.8. Masak sampai adonan tadi matang dan mengapung lalu angkat dan tiriskan sebentar.9. Ambil tusuk sate lalu masukkan cilok tadi 3 sampai 5 pcs dan ulangi sampai habis.10. Siapkan penggorengan dengan minyak secukupnya dan tunggu sampai panas.11. Kocok telur dengan sedikit garam sampai rata. Sebaiknya tempat menggunakan gelas atau wadah yang panjang ketaas supaya cilor bisa tercelup telur sempurna.12. Masukkan kedalam penggorengan dan goreng sampai berubah warna kuning kecoklatan dan matang.13. Siap disajikan bersama dengan saus sambal atau mayonise sesuai selera.

3. Cara Membuat Cilor : Resep Cilor Makaroni

Bahan yang digunakan:· Bahan utama tentu saja tepung aci atau tapioka kurang lebih sebanyak 100 gram.· Bahan kedua tepung terigu, bisa menggunakan yang serbaguna kurang lebih sebanyak 100 gram juga.· Makaroni secukupnya atau kurang lebih sebanyak 50 gram.· Bawang putih ukuran sedang besar yang sudah dimemarkan kurang lebih 1 pcs saja.· Telur ayam ukuran sedang besar secukupnya sesuai kebutuhan atau kurang lebih 2 sampai 3 pcs.· Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.· Merica halus secukupnya kalau suka atau kurang lebih 1/2 sendok kecil saja.· Air panas yang sudah direbus sampai mendidih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 150 ml.· Bubuk perasa instan yang biasanya dipakai buat jajanan kentang goreng atau cimol secukupnya sesuai kebutuhan.· Minyak secukupnya sesuai kebutuhan.

Cara membuat cilor makaroni:· Pertama ambil air secukupnya lalu rebus dan masak makaroni yang sudah disiapkan sampai matang kemudian tiriskan dan sisihkan.· Selanjutnya tuang kurang lebih 150 ml air bersih kedalam panci dan nyalakan apinya.· Masukkan bawang putih yang sudah digeprek bersama dengan garam dapur dan merica bubuknya lalu aduk sebentar sampai mendidih.· Sambil menunggu, ambil wadah kemudian tuang tepung aci dan terigunya lalu aduk sebentar sampai tercampur rata.· Setelah mendidih, tuang campuran air tadi kedalam wadah berisi campuran tepung lalu aduk aduk menggunakan sendok kayu sampai tercampur rata.· Tunggu sebentar sampai agak hangat lalu uleni sebentar sampai terasa ulet atau kalis dan bisa dibentuk.· Ambil adonan secukupnya lalu bentuk memanjang atau sesuai selera. Bisa dipotong lagi kecil kecil sesuai selera.· Siapkan panci lalu tuang air bersih kemudian beri minyak goreng yang baru kurang lebih 1 sendok saja supaya tidak lengket.· Setelah mendidih, masukkan adonan cilor tadi lalu biarkan sampai matang atau mengembang kemudian angkat dan tiriskan sebentar supaya airnya habis.· Ambil 2 atau 3 butir telur ayam lalu aduk lepas. Bisa diberi sedikit garam kalau suka.· Siapkan wajan seperti cetakan untuk membuat kue lalu beri minyak atau margarin secukupnya.· Masukkan potongan cilor dan makaroni kedalam pannya lalu tuang telur yang sudah dikocok tadi.· Masak cilor maklor sampai matang lalu angkat dan tiriskan sebentar.· Cilor siap untuk diberi bumbu perasa atau saus dan mayonise secukupnya sesuai selera.

4. Cara Membuat Cilor : Resep Cilor Gulung

kreasi telur gulung

©2020 Merdeka.com

Bahan dan cara membuat adonan olahan aci ini bisa menggunakan salah satu resep di atas. Bedanya, setelah dimasukkan kedalam tusukan, cimol bisa digoreng sebentar lalu tuang telur yang sudah dikocok tadi. Setelah itu gulung dengan telur tadi lalu dan tekan supaya melekat dan tidak mudah terlepas. Setelah matang, cilor gulung siap untuk disajikan bersama dengan saus sambal, mayonise atau diberi perasa bumbu balado.

(mdk/raf)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Trik Bikin Dadar Gulung Agar Isi dan Kulit Awet Selama 2 Hari, Simpel dan Mudah Ditiru
Trik Bikin Dadar Gulung Agar Isi dan Kulit Awet Selama 2 Hari, Simpel dan Mudah Ditiru

Dengan metode ini, dadar gulung dapat dibuat dengan sanga praktis dan tahan lama sampai 2 hari. Ini dia caranya.

Baca Selengkapnya
Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil Sedini Mungkin, Ini 4 Cara Sederhana yang Bisa Ibu Terapkan
Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil Sedini Mungkin, Ini 4 Cara Sederhana yang Bisa Ibu Terapkan

Cara meningkatkan kecerdasan anak, latih dia sedini mungkin.

Baca Selengkapnya
Tips Membesarkan Anak Laki-Laki yang Tidak Cengeng dan Tak Mudah Menangis
Tips Membesarkan Anak Laki-Laki yang Tidak Cengeng dan Tak Mudah Menangis

Membesarkan anak laki-laki yang tangguh dan tidak cengeng merupakan hal yang bisa diupayakan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Cara Jitu Mendidik Si Kecil Agar Jadi Anak yang Penurut
5 Cara Jitu Mendidik Si Kecil Agar Jadi Anak yang Penurut

Cobalah untuk menerapkan beberapa cara ini saat mendidik si kecil agar menjadi pribadi yang penurut. Yuk, simak penjelasannya!

Baca Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Baju, Efektif dan Mudah Dipraktikkan
6 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Baju, Efektif dan Mudah Dipraktikkan

Bau amis di baju dapat dihilangkan dengan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Baca Selengkapnya
8 Tips Mengajarkan Anak Puasa, Gunakan Cara Kreatif dan Mudah Diterima
8 Tips Mengajarkan Anak Puasa, Gunakan Cara Kreatif dan Mudah Diterima

Beberapa tips mengajarkan anak puasa dengan cara yang kreatif dan mudah diterima, bisa dicoba.

Baca Selengkapnya
Tips Sederhana Mencairkan Daging Kurban Beku dengan Mudah, Aman dan Higienis
Tips Sederhana Mencairkan Daging Kurban Beku dengan Mudah, Aman dan Higienis

Pencairan daging yang tidak higienis bisa menjadi tempat bertumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan menurunkan kualitas daging

Baca Selengkapnya
10 Tips Mengeluarkan Dahak dengan Efektif, Mudah Dilakukan di Rumah
10 Tips Mengeluarkan Dahak dengan Efektif, Mudah Dilakukan di Rumah

Cara menghilangkan dahak bisa dilakukan dengan bahan dan metode alami tanpa obat.

Baca Selengkapnya
Cara Menurunkan Gula Darah dengan Mudah, Cuma Pakai Sisa Kulit Jeruk
Cara Menurunkan Gula Darah dengan Mudah, Cuma Pakai Sisa Kulit Jeruk

Simak cara menurunkan gula darah yang mudah dengan modal sisa kulit jeruk berikut ini.

Baca Selengkapnya