10 Manfaat Asam Amino yang Penting Diketahui, Dukung Sistem Kekebalan Tubuh

Senin, 5 Desember 2022 12:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
10 Manfaat Asam Amino yang Penting Diketahui, Dukung Sistem Kekebalan Tubuh Ilustrasi makanan sehat. ©Pixabay

Merdeka.com - Asam amino, yang juga sering disebut sebagai penyusun protein, adalah senyawa yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh Anda. Ya, asam amino adalah molekul yang digunakan oleh semua makhluk hidup untuk membuat protein. Tubuh Anda membutuhkan 20 asam amino berbeda untuk berfungsi dengan benar.

Tubuh membutuhkannya untuk proses vital seperti membangun protein, hormon, dan neurotransmiter. Asam amino terkonsentrasi pada makanan kaya protein seperti daging, ikan, dan kedelai. Anda juga bisa mengonsumsi asam amino tertentu dalam bentuk suplemen sebagai cara alami untuk meningkatkan performa atletik atau memperbaiki suasana hati.

Asam amino dikategorikan sebagai esensial, esensial bersyarat, atau tidak esensial tergantung pada beberapa faktor. Lantas, apa saja manfaat asam amino yang paling utama bagi tubuh? Ini dia penjelasannya, dilansir dari clevelandclinic.org dan healthline.com.

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Asam Amino

Tubuh membutuhkan 20 jenis asam amino agar berfungsi dengan benar. 20 asam amino ini bergabung dengan cara yang berbeda untuk membuat protein dalam tubuh Anda.

Tubuh membuat ratusan asam amino, tetapi tidak dapat membuat sembilan asam amino yang Anda butuhkan, yang disebut dengan asam amino esensial. Anda harus mendapatkan asupan asam amino esensial dari makanan. Kesembilan asam amino esensial tersebut adalah:

1. Histidin: Histidin membantu membuat zat kimia otak (neurotransmitter) yang disebut histamin. Histamin memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh, pencernaan, tidur, dan fungsi seksual Anda.

2. Isoleusin: Isoleusin terlibat dengan metabolisme otot dan fungsi kekebalan tubuh Anda. Ini juga membantu tubuh Anda membuat hemoglobin dan mengatur energi.

3. Leusin: Leusin membantu tubuh Anda membuat protein dan hormon pertumbuhan. Ini juga membantu menumbuhkan dan memperbaiki jaringan otot, menyembuhkan luka dan mengatur kadar gula darah.

4. Lisin: Lisin terlibat dalam produksi hormon dan energi. Ini juga penting untuk fungsi kalsium dan kekebalan tubuh.

5. Metionin: Metionin membantu pertumbuhan jaringan, metabolisme, dan detoksifikasi tubuh Anda. Metionin juga membantu penyerapan mineral penting, termasuk seng dan selenium.

6. Fenilalanin: Fenilalanin diperlukan untuk produksi pembawa pesan kimia otak Anda, termasuk dopamin, epinefrin, dan norepinefrin. Ini juga penting untuk produksi asam amino lainnya.

7. Threonine: Threonine memainkan peran penting dalam kolagen dan elastin. Protein ini memberikan struktur pada kulit dan jaringan ikat Anda. Mereka juga membantu pembentukan gumpalan darah, yang membantu mencegah pendarahan. Threonine memainkan peran penting dalam metabolisme lemak dan fungsi kekebalan tubuh Anda juga.

8. Triptofan: Triptofan membantu menjaga keseimbangan nitrogen tubuh Anda yang benar. Ini juga membantu membuat zat kimia otak (neurotransmitter) yang disebut serotonin. Serotonin mengatur suasana hati, nafsu makan, dan tidur Anda.

9. Valin: Valin terlibat dalam pertumbuhan otot, regenerasi jaringan, dan menghasilkan energi.

Tubuh Anda menghasilkan sisa 11 asam amino yang dibutuhkan, yang disebut dengan asam amino nonesensial. Asam amino nonesensial adalah alanin, arginin, asparagin, asam aspartat, sistein, asam glutamat, glutamin, glisin, prolin, serin, dan tirosin.

Beberapa asam amino nonesensial diklasifikasikan sebagai bersyarat. Ini berarti mereka hanya dianggap penting saat Anda sakit atau stres. Asam amino kondisional meliputi arginin, sistein, glutamin, tirosin, glisin, ornitin, prolin, dan serin.

3 dari 3 halaman

10 Manfaaat Asam Amino bagi Tubuh

1. Menyediakan energi bagi tubuh.

Manfaat asam amino yang paling utama adalah untuk menyediakan energi bagi tubuh. Isoleusin dan valin, khususnya, merupakan sumber energi yang baik untuk bahan bakar tubuh.

2. Meningkatkan sistem muskuloskeletal.

Isoleusin dan valin membantu fungsi otot yang sehat, sedangkan leusin bekerja untuk memperbaiki otot. Lisin meningkatkan penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Asam amino ini baik untuk otot yang sehat dan kencang serta tulang yang kuat. Isoleusin dan valin adalah bahan umum dalam suplemen olahraga karena menargetkan otot dan meningkatkan energi.

3. Mengatur sistem pencernaan.

Manfaat asam amino yang selanjutnya adalah membantu tubuh mengatur sistem pencernaan. Tubuh Anda memproduksi histamin untuk membantu sistem pencernaan agar bekerja dengan baik. Anda membutuhkan histidin yang merupakan asam amino esensial untuk membantu menghasilkan histamin.

4. Menciptakan siklus tidur/bangun yang sehat.

Kebiasaan tidur yang tidak menentu yang disebabkan oleh masalah seperti insomnia, sleep apnea, dan stres, dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Histidin dan triptofan dalam asam amino esensial membantu Anda mempertahankan ritme sirkadian normal untuk tidur malam yang nyenyak.

5. Mendukung sistem kekebalan tubuh.

Ingin mencegah pilek dan flu? Histidin, lisin, dan treonin adalah asam amino esensial yang membantu meningkatkan kekebalan sehingga tubuh Anda dapat melawan virus dengan lebih baik.

6. Memproduksi neurotransmitter.

Bahan kimia ini adalah cara sistem saraf berkomunikasi dengan tubuh, mengatur segalanya mulai dari nafsu makan hingga suasana hati. Fenilalanin dalam asam amino tidak hanya menghasilkan beberapa neurotransmiter tetapi juga jenis asam amino lainnya.

7. Merangsang pertumbuhan kulit, kuku, dan rambut yang sehat.

Kolagen dan elastin menjaga kulit Anda tampak lembut dan kenyal. Kedua protein ini juga mendorong pertumbuhan rambut dan kuku. Lisin membantu produksi kolagen, sedangkan treonin membantu menghasilkan kolagen dan elastin.

8. Memproduksi hormon.

Asam amino seperti lisin berguna untuk menjaga kadar hormon yang sehat. Contoh hormon asam amino termasuk epinefrin dan norepinefrin, yang mengawasi respons stres tubuh, dan tiroksin, yang berperan dalam metabolisme.

9. Mempertahankan berat badan yang sehat.

Asam amino juga bermanfaat untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Metionin mengatur laju metabolisme dan juga dapat membantu detoksifikasi, sedangkan treonin adalah kunci untuk memetabolisme lemak.

10. Menyeimbangkan suasana hati.

Masalah suasana hati juga berkaitan dengan asam amino. Tryptophan adalah jenis asam amino yang memulai produksi serotonin, hormon penting untuk perasaan bahagia dan menyesuaikan suasana hati dengan baik.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini