Tak Banyak yang Tahu, Ini Sejarah Kopi Joss Khas Jogja yang Melegenda

Minggu, 22 November 2020 14:30 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Tak Banyak yang Tahu, Ini Sejarah Kopi Joss Khas Jogja yang Melegenda Ilustrasi Kopi Joss Jogja. ©2020 Pinterest/palingmales.com/Edtorial Merdeka.com

Merdeka.com - Selain gudeg, kopi joss telah lama menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta. Rasanya yang unik dan berbeda dari kopi lainnya membuat kopi khas Kota Pelajar tersebut banyak disukai oleh berbagai lapisan masyarakat.

Keunikan kopi joss terletak dari cara penyajiannya. Setelah dibuat, kopi hitam tersebut langsung dicampurkan dengan potongan arang yang masih membara sehingga mengeluarkan suara ‘josss’. Suara inilah yang kemudian menjadi asal usul nama kopi joss.

Para wisatawan bisa mencicipi minuman unik ini di kedai-kedai angkringan di hampir setiap sudut Kota Yogyakarta dengan harga yang relatif terjangkau. Selain itu para wisatawan juga bisa memesan varian lainnya seperti kopi susu joss yang juga menjadi favorit.

Lantas bagaimana asal mula kopi yang melegenda di Kota Yogyakarta tersebut? Berikut informasi yang berhasil dihimpun oleh merdeka.com.

Baca Selanjutnya: Berawal dari Pesanan Masinis di...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini