Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Qonaah Adalah Sifat Bersyukur Atas Segala Nikmat, Ketahui Manfaatnya

Qonaah Adalah Sifat Bersyukur Atas Segala Nikmat, Ketahui Manfaatnya ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Qonaah adalah salah satu istilah dalam ajaran Islam yang merujuk pada sifat atau sikap bersyukur. Dalam hal ini, seseorang yang memiliki sifat qonaah akan selalu bersyukur dan merasa cukup dengan segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Tidak jarang, sifat qonaah juga dikaitkan dengan sikap lapang dada yang dimiliki seseorang.

Meskipun begitu, sifat qonaah ini bukan berarti berpasrah begitu saja. Seseorang yang memiliki sifat ini tetap melakukan usaha sebaik mungkin sesuai kemampuan yang dimiliki.

Usaha yang dilakukan pun disertai dengan doa yang dipanjatkan kepada Allah untuk memberikan hasil yang terbaik. Dengan begitu, seseorang yang memiliki sifat qonaah akan berserah diri dengan segala keputusan Allah dan meyakini apa pun yang diberikan adalah hal baik yang penuh berkah.

Maka dari itu, tidak heran jika dalam agama islam, qonaah adalah salah satu sifat yang perlu diteladani dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Di mana, berupaya sebaik mungkin dalam mengusahakan sesuatu serta tidak lupa untuk terus memohon pertolongan dan kebaikan dari Sang Maha Pencipta. Bukan hanya itu, meneladani sifat qonaah berarti juga menerima segala ketentuan Allah dengan lapang dada dan penuh rasa syukur.

Dengan demikian, setiap umat muslim perlu mengerti dan memahami seperti apa sifat qonaah dan hal apa saja yang menjadi manfaat dari sifat qonaah. Dilansir dari Dream.co.id, berikut kami telah merangkum penjelasan qonaah adalah sifat bersyukur atas segala nikmat beserta manfaatnya yang perlu diketahui.

Mengenal Sifat Qonaah

ilustrasi sholat

©2020 Merdeka.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa qonaah adalah sifat selalu merasa cukup dengan segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Bukan hanya itu, seseorang yang memiliki sifat qonaah juga selalu rela dan lapang dada dengan setiap ketentuan Allah yang diberikan kepadanya.

Dengan setiap usaha yang dilakukan dan doa yang dipanjatkan, seseorang dengan sifat qonaah akan berserah diri kepada Allah. Dia juga akan senantiasa menerima segala hasil yang diberikan. Baik itu hasil yang membahagiakan maupun yang kurang menyenangkan.

Meskipun begitu, seseorang bersifat qonaah selalu percaya bahwa apapun yang sudah terjadi dan menjadi ketentuan Allah adalah yang terbaik baginya. Sekalipun itu merupakan hasil yang tidak diharapkan.

Dengan begitu, qonaah adalah salah satu sifat yang harus dimiliki oleh setiap umat muslim. Ini juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Orang yang bisa menerapkan ini dalam kehidupan sehari-hari, maka Allah pun akan selalu dekat dan senantiasa memberi pertolongan serta kebaikan baginya.

Manfaat Sifat Qonaah

Seperti diketahui bahwa qonaah adalah sifat baik dan penuh rasa syukur yang harus dimiliki oleh setiap umat muslim. Bukan tanpa alasan, ternyata menerapkan sifat qonaah mampu memberikan berbagai macam manfaat bagi siapa pun yang menjalankan.

Manfaat ini tentu sangat berguna untuk kebaikan dunia dan di akhirat. Beberapa manfaat qonaah adalah sebagai berikut:

Seolah Mendapatkan Kebaikan Dunia Beserta Isinya

ilustrasi sholat

©2020 Merdeka.com

Pertama, manfaat memiliki sifat qonaah adalah bisa mendapatkan kebaikan dunia beserta isinya. Seseorang yang memiliki sifat ini akan merasa cukup dengan segala hal yang telah dimiliki dan diberikan Allah kepadanya.

Bahkan dikatakan, orang yang bersifat qonaah seolah-seolah telah memiliki dunia beserta isinya hanya dengan menunjukkan sikap bersyukur dengan harta yang dimiliki. Hal ini sesuai dalam Hadist Riwayat Tirmidzi, yaitu sebagai berikut :

Dari ’Ubaidillah bin Mihshan Al-Anshary, Rasulullah SAW bersabda, ”Barangsiapa di antara kalian mendapatkan rasa aman di rumahnya (pada diri, keluarga dan masyarakatnya), diberikan kesehatan badan, dan memiliki makanan pokok pada hari itu di rumahnya, maka seakan-akan dunia telah terkumpul pada dirinya.” (HR. Tirmidzi)

Selalu Dipenuhi Rasa Syukur

Sifat qonaah juga mampu memberikan kemudahan untuk selalu dipenuhi dengan rasa syukur. Dalam hal ini, orang yang menerapkan sifat qonaah senantiasa akan dimudahkan Allah untuk mempunyai pikiran yang terbuka dan dada yang lapang untuk menerima setiap ketetapan Allah.

Bukan hanya itu, mereka juga akan menyakini bahwa segala hal yang sudah terjadi merupakan keputusan terbaik yang Allah berikan. Ini menunjukkan bahwa qonaah adalah sifat mulia yang dibutuhkan oleh setiap manusia dalam menjalani kehidupan.

Menjadi Orang yang Beruntung

ilustrasi sholat dhuha

©2020 Merdeka.com

Selanjutnya, manfaat sifat qonaah adalah dapat menjadikan seseorang sebagai pribadi yang beruntung. Dalam hal ini, orang yang memiliki sifat qonaah akan merasa cukup dan tidak merasa kekurangan, sekalipun sedang menghadapi ujian yang sulit.

Bahwa dia akan selalu merasa apa yang diberikan Allah adalah sesuatu yang cukup. Bukan hanya itu, orang yang memiliki sifat ini juga meyakini bahwa Allah adalah Maha Penolong dan Pemberi Keputusan yang baik.

Dari Abdullah bin Amr, Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh sangat beruntung orang yang telah masuk Islam, diberikan rizki yang cukup dan Allah mengaruniakannya sifat qana’ah (merasa puas) dengan apa yang diberikan kepadanya.” (HR. Muslim)

Terhindar dari Rasa Iri dan Dengki

Terakhir, manfaat qonaah adalah mampu menghindarkan diri dari rasa iri dan dengki. Dengan menerapkan sifat qonaah, seseorang akan menjaga diri dengan baik dari perasaan iri dan dengki kepada orang lain.

Sebab, dirinya selalu merasa cukup dengan nikmat yang telah diberikan Allah kepadanya. Serta meyakini bahwa setiap orang memiliki jalan kebaikan dan pintu rezeki masing-masing, tentu saja sesuai kehendak dan ridho dari Allah SWT.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,“Umatku akan ditimpa penyakit berbagai umat.” Para sahabat berkata,“ Wahai Rasulullah, apa saja penyakit umat-umat (terdahulu)?” Rasulullah berkata, “Kufur Nikmat, menyalahgunakan nikmat, saling berlomba memperbanyak dunia, saling berbuat najsy (mengelabui dalam penawaran, pen.), saling memusuhi, dan saling hasad-menghasadi hingga timbulnya sikap melampaui batas (kezaliman).” (HR. Al-Hakim)

(mdk/ayi)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Qanaah adalah Sikap Merasa Cukup, Ketahui Manfaatnya dalam Islam

Qanaah adalah Sikap Merasa Cukup, Ketahui Manfaatnya dalam Islam

Qanaah adalah sikap terpuji yang perlu diterapkan dalam keseharian.

Baca Selengkapnya
Qiyas Adalah Sumber Hukum Islam yang Keempat, Berikut Contohnya

Qiyas Adalah Sumber Hukum Islam yang Keempat, Berikut Contohnya

Qiyas dapat diartikan sebagai kegiatan melakukan padanan suatu hukum terhadap hukum lain.

Baca Selengkapnya
Perbedaan Qada dan Qadar dalam Agama Islam, Berikut Contohnya

Perbedaan Qada dan Qadar dalam Agama Islam, Berikut Contohnya

Qada dan Qadar merupakan rukun iman dalam agama Islam yang wajib diimani.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
6 Manfaat Khatam Alquran dalam Islam, Umat Muslim Wajib Tahu

6 Manfaat Khatam Alquran dalam Islam, Umat Muslim Wajib Tahu

Khatam Al-Quran merupakan bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam, yang membawa pahala besar bagi pelakunya.

Baca Selengkapnya
Subhanallah, 7 Buah Ini Ternyata Buah Surga dan Ada di Dalam Alquran, Mana yang Sering Kamu Konsumsi?

Subhanallah, 7 Buah Ini Ternyata Buah Surga dan Ada di Dalam Alquran, Mana yang Sering Kamu Konsumsi?

Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi umat Islam, juga menyebutkan berbagai jenis buah-buahan, termasuk tujuh buah surga yang disebutkan sebagai perumpamaan.

Baca Selengkapnya
Niat Sholat Qodho Maghrib di Waktu Isya, Begini Tata Caranya

Niat Sholat Qodho Maghrib di Waktu Isya, Begini Tata Caranya

Sholat qodho dikerjakan ketika seseorang lupa atau terlewat mengerjakan sholat fardhu sesuai alasan yang dibenarkan sesuai syariat.

Baca Selengkapnya
Arti Istiqomah dan Tawadhu, Ketahui Ciri-Ciri dan Keutamaannya

Arti Istiqomah dan Tawadhu, Ketahui Ciri-Ciri dan Keutamaannya

Istiqomah dan tawadhu adalah dua konsep penting dalam Islam yang berkaitan dengan akhlak dan perilaku seorang Muslim.

Baca Selengkapnya
Doa Berbuka Puasa Qadha Ramadhan Lengkap dengan Ketentuan yang Harus Dipahami Umat Islam

Doa Berbuka Puasa Qadha Ramadhan Lengkap dengan Ketentuan yang Harus Dipahami Umat Islam

Berikut doa berbuka puasa qadha Ramadhan lengkap dengan ketentuannya.

Baca Selengkapnya
Pengertian Qada dan Qadar, Pahami Perbedaannya

Pengertian Qada dan Qadar, Pahami Perbedaannya

Sebagai salah satu rukun iman yang harus dipercaya, maka penting bagi umat muslim untuk mengetahui lebih jauh tentang qada dan qadar.

Baca Selengkapnya