Peristiwa 18 Maret: Peringati Hari Tidur Sedunia, Begini Sejarahnya

Jumat, 18 Maret 2022 05:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Peristiwa 18 Maret: Peringati Hari Tidur Sedunia, Begini Sejarahnya Ilustrasi tidur. ©2012 Shutterstock.com

Merdeka.com - Tidur merupakan salah satu kebutuhan tubuh yang perlu dipenuhi. Mendapatkan tidur yang cukup, dapat membantu tubuh rileks dan beristirahat setelah beraktivitas seharian. Selain itu, tidur juga membantu Anda mendapatkan kembali energi secara penuh untuk melakukan kegiatan di keesokan harinya.

Lebih dari itu, memiliki pola tidur yang cukup dan teratur membantu daya tahan tubuh tetap kuat dan bugar. Dengan begitu, Anda tidak mudah sakit sebab sistem imun dapat bekerja dengan baik melawan berbagai hal yang dapat memicu penyakit. Tak heran, jika tidur menjadi hal penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Organisasi dunia pun menetapkan hari khusus untuk memperingati Hari Tidur Sedunia, yaitu setiap tanggal 18 Maret. Peringatan ini tentu saja dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencukupi kebutuhan tidur sehari-hari. Bukan hanya itu, peringatan ini juga ingin mengajak masyarakat untuk mewaspadai berbagai risiko gangguan tidur yang bisa terjadi pada siapa saja.

Dengan peringatan ini, Anda bisa mengevaluasi kebiasaan tidur yang selama ini dilakukan. Apakah Anda sudah mendapatkan durasi tidur yang cukup, apakah tidur Anda berkualitas, hingga sudahkah Anda menerapkan sleep hygiene atau kebiasaan tidur yang bersih.

Melansir dari Days of The Year, berikut kami rangkum sejarah peristiwa 18 Maret yang diperingati sebagai Hari Tidur Sedunia dan informasi penting lainnya, perlu Anda simak.

2 dari 3 halaman

Sejarah Hari Tidur Sedunia

ilustrasi tidur menggunakan guling
©europeanbedding.sg/

Sejarah peristiwa 18 Maret yang diperingati sebagai Hari Tidur Sedunia, pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008. Ini merupakan gerakan global untuk meningkatkan kesadaran dan membantu mereka yang memiliki gangguan tidur.

Hari Tidur Sedunia berfokus pada berbagai masalah yang berkaitan dengan tidur, obat tidur, pendidikan tentang tidur, dan efek sosial yang dapat ditimbulkan oleh kurang tidur dalam kehidupan sehari-hari. Dari ringan hingga berat, kesulitan tidur adalah masalah modern yang mungkin dapat dialami lebih banyak orang jika tidak dikendalikan dengan baik.

Menurut American Sleep Association, lebih dari 50 hingga 70 juta orang memiliki beberapa jenis gangguan tidur, lebih dari 25 juta mengalami sleep apnea dan insomnia, yaitu gangguan tidur yang paling sering dilaporkan.

Diselenggarakan oleh Komite Hari Tidur Sedunia dari World Sleep Society, Hari Tidur Sedunia bertujuan untuk memberikan ruang bagi masyarakat untuk berdiskusi dengan penyedia layanan kesehatan, tentang masalah tidur, cara mengatasi gangguan tidur, hingga cara mencegah gangguan tidur.

World Sleep Society juga bekerja dengan berbagai organisasi berita untuk membantu menyebarkan informasi tentang pentingnya tidur dan berbagai efeknya dalam kehidupan sehari-hari. Ini tidak lain untuk mendukung peningkatan kesadaran masyarakat tentang masalah kesehatan yang berkaitan dengan tidur.

3 dari 3 halaman

Cara Merayakan Hari Tidur Sedunia

011 indra cahya
©2016 Merdeka.com

Setelah mengetahui sejarah peristiwa 18 Maret yang diperingati sebagai Hari Tidur Sedunia, berikutnya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merayakan peringatan ini. Cara merayakan Hari Tidur Sedunia bisa dilakukan dengan menyempatkan waktu luang untuk tidur siang sejenak di sela aktivitas, menerapkan sleep hygiene, hingga mencari bantuan profesional ketika Anda memiliki gangguan tidur. Berikut penjelasan lebih lengkap bisa Anda simak.

Tidur Siang

Cara merayakan Hari Tidur Sedunia yang pertama adalah meluangkan waktu beberapa menit untuk tidur siang. Baik Anda yang bebas atau Anda yang memiliki aktivitas cukup padat, tidur siang perlu dilakukan untuk mengisi energi tubuh di sela-sela aktivitas.

Cobalah untuk tidur siang selama 20 menit saat istirahat makan siang di tempat kerja. Saat bangun, Anda bisa merasakan badan yang lebih bugar dan siap untuk melanjutkan kembali aktivitas. Selain itu, Anda juga bisa mengambil waktu libur untuk memperbaiki kebutuhan tidur yang terganggu. Seperti memanfaatkan waktu akhir pekan untuk tidur dan istirahat dengan cukup sehingga, Anda bisa mengawali pekan selanjutnya dengan lebih baik.

Menerapkan Sleep Hygiene

Cara merayakan Hari Tidur Sedunia dengan menerapkan sleep hygiene atau kebersihan tidur. Menerapkan sleep hygiene dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih berkualitas, bahkan Anda juga bisa lebih cepat tidur ketika kondisi ruangan dan tempat tidur bersih dan nyaman. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempraktikkan sleep hygiene:

  • Tetapkan waktu tidur dan waktu bangun dalam keseharian. Usahakan untuk mematuhi waktu tersebut dengan baik, hingga menjadi kebiasaan rutin. Ini dapat membantu ritme sirkadian tubuh bekerja lebih baik.
  • Olahraga dengan rutin setiap hari untuk membantu Anda cepat tidur di malam hari.
  • Kurangi makanan dan minuman kafein yang dapat membuat pikiran dan tubuh aktif saat memasuki waktu tidur.
  • Atur suhu ruangan atau kamar yang sejuk dan nyaman, yaitu antara 16 hingga 19 derajat Celcius.
  • Lakukan aktivitas yang membuat tubuh rileks 30 menit sebelum tidur, seperti bersantai, membaca buku, mendengarkan musik lembut, melakukan peregangan ringan.
  • Hindari menggunakan gadget minimal 60 menit sebelum tidur, ini termasuk smartphone, komputer, televisi, dan perangkat lain dengan lampu biru yang dapat mengganggu kualitas tidur.
  • Redupkan lampu kamar saat Anda akan segera tidur. Ruangan yang redup dapat membantu Anda cepat tidur.
  • Berlatih meditasi, yaitu melakukan latihan pernapasan untuk membantu menurunkan detak jantung sehingga Anda lebih mudah tidur. Latihan pernapasan juga membantu Anda melepaskan stres dan mengatur punggung lebih baik saat tidur.

Mencari Bantuan Profesional

Cara merayakan Hari Tidur Sedunia yang terakhir adalah mencari bantuan profesional jika Anda mengalami gangguan tidur. Jika Anda kesulitan tidur sehari-hari, luangkan waktu untuk berkonsultasi dengan profesional.

Dengan begitu, mereka akan menyarankan tes tidur guna memastikan kondisi yang sedang Anda alami. Mereka juga akan memberikan saran yang tepat serta perawatan lain yang membantu Anda mengatasi dan mengelola gangguan tidur tersebut.

 

[ayi]

Baca juga:
Mengenal 4 Tipe Sleep Chronotype, Ketahui Jam Produktif dan Waktu Tidur Terbaikmu
Penyebab Cemas Sebelum Tidur dan Cara Mengatasinya, Penting Diketahui
Mengenal Penyebab Gangguan Tidur, Ketahui Gejala dan Cara Mengatasinya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini