Peristiwa 14 Juni: Peringatan Hari Donor Darah Sedunia, Begini Sejarah Lengkapnya

Senin, 14 Juni 2021 05:25 Reporter : Jevi Nugraha
Peristiwa 14 Juni: Peringatan Hari Donor Darah Sedunia, Begini Sejarah Lengkapnya Donor darah. ©2020 Merdeka.com/freepik.com

Merdeka.com - Hari ini, 14 Juni menjadi peringatan Hari Donor Darah Sedunia. Tahun ini, World Health Organization (WHO) mengusung tema "Give blood and keep the world beating" dengan tujuan agar masyarakat dunia memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya kesehatan mendonor darah.

Mendonorkan darah tidak hanya untuk tujuan transfusi saja, tetapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari laman ICRC, sumbangan darah dari satu orang dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa dan disebut-sebut jika donor tersebut dibutuhkan setiap dua detik. Untuk itu, donor darah bisa menjadi salah satu momen yang tepat untuk menyebarkan kebaikan.

Tak hanya memberi manfaat untuk penerima, pendonor juga bisa mendapatkan manfaat donor darah bagi kesehatan sendiri. Cukup memberikan sedikit darah dalam tubuh, atau sekitar 480 mililiter, seseorang dapat memberi kebahagiaan kepada sesama dan mendapatkan manfaatnya.

Lantas, bagaimana sejarah Hari Donor Darah Sedunia dan apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Simak ulasannya yang dilansir dari laman resmi WHO dan PMI:

Baca Selanjutnya: Sejarah Singkat Donor Darah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini