Niat Sholat Sepertiga Malam, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Selasa, 16 Agustus 2022 11:53 Reporter : Jevi Nugraha
Niat Sholat Sepertiga Malam, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya Ilustrasi salat. ©Shutterstock

Merdeka.com - Niat sholat sepertiga malam perlu diketahui setiap Muslim. Sholat sepertiga malam atau biasa disebut sholat tahajud memiliki banyak sekali keutamaan. Maka dari itu, umat Muslim dianjurkan untuk mengerjakan sholat sunnah ini dengan khusyuk.

Mengutip dari NU Online, setiap ibadah memiliki keutamaan tersendiri, termasuk sholat sepertiga malam, yaitu sholat witir, sholat tarawih, sholat tahajud, dan sholat sunnah lainnya yang dikerjakan di malam hari. Beberapa macam sholat sunnah tersebut dengan sendirinya akan menjadi sholat tahajud apabila dilakukan setelah tidur.

Sebelum melakukan ibadah sunnah ini, umat Muslim dianjurkan untuk membaca niat sholat sepertiga malam. Berikut niat sholat sepertiga malam dan tata caranya yang merdeka.com lansir dari NU Online dan sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

Niat Sholat Sepertiga Malam

tarawih

© Ilustrasi salat tarawih

Sholat tahajud atau biasa disebut sholat sepertiga malam bisa dikerjakan lepas tengah malam hingga masuknya waktu subuh. Secara definisi dalam Islam, sholat tahajud berarti ibadah sunnah yang dikerjakan setelah bangun tidur. Sholat sunnah ini merupakan ibadah yang istimewa dan banyak mengandung keutamaan.

Sholat sepertiga malam bisa dikerjakan minimal dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Adapun niat sholat sepertiga malam dan artinya adalah sebagai berikut:

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'aalaa.

Artinya:

"Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala."

Tata Cara Sholat Sepertiga Malam

Sholat sepertiga malam memiliki banyak sekali keutamaan. Maka dari itu, umat Muslim dianjurkan untuk menunaikan ibadah yang memiliki keistimewaan ini. Berikut tata cara sholat sepertiga malam:

"Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji," (Surat Al-Isra ayat 79).

1. Membaca niat sholat tahajud

2. Takbiratul ihram (Allahu akbar)

3. Membaca doa iftitah

4. Membaca surah al-Fatihah

5. Membaca surah pendek

6. Ruku dengan tumaninah

7. Itidal dengan tumaninah

8. Sujud dengan tumaninah

9. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah

10. Sujud kedua dengan tumaninah

11. Berdiri lagi menunaikan rakaat yang kedua

12. Membaca surah al-Fatihah

13. Membaca surah pendek

14. Ruku dengan tumaninah

15. Itidal dengan tumaninah

16. Sujud dengan tumaninah

17. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah

18. Sujud kedua dengan tumaninah

19. Tasyahud akhir dengan tumaninah

20. Membaca salam menengok ke kanan dan ke kiri, hingga wajah samping nampak di belakang.

3 dari 3 halaman

Doa Sepertiga Malam

ilustrasi berdoa
©2022 Merdeka.com/pixabay

Setelah menjalankan ibadah sholat sepertiga malam, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa berikut:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ


Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa'dukal haq. Wa liqâ'uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ'atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a'lantu, wa mâ anta a'lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya: "Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya.

Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah.

Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Keutamaan Sholat Sepertiga Malam

Ada beberapa keutamaan sholat sepertiga malam yang bisa diperoleh setiap Muslim, di antaranya:

Menentramkan Hati dan Pikiran

Bagi Anda yang sering mengalami gelisah serta pikiran tidak tenang, sebaiknya melaksanakan shalat tahajud. Pasalnya melakukan shalat tahajud di waktu sepertiga malam dapat menentramkan hati dan pikiran.

Sebagaimana Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits, "Apabila ia terbangun dan menyebut nama Allah, terurailah satu simpul. Lalu apabila ia berwudhu, terurailah satu simpul lagi. Kemudian apabila ia shalat, terurailah simpul yang terakhir. Maka ia di pagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya." (HR. Muttafaqun'alaih).

Mengangkat Derajat

Setiap muslim yang mengamalkan shalat tahajud, maka derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT. Sebagaimana Allah berfirman, "Dan pada sebagian malam, dirikanlah shalat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra:79).

Doa Dikabulkan

Melaksanakan shalat tahajud di sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk berdoa. Di tengah keheningan malam, membuat setiap muslim lebih khusyuk dalam berdoa. Sehingga diyakini doa akan mudah dikabulkan.

Rasulullah dalam sebuah hadits bersabda, "Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do'a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya." (HR. Muslim no. 757).

Menjaga Kesehatan Rohani

Melaksanakan shalat tahajud yang dilakukan secara istikamah juga dapat menjaga kesehatan rohani. Sehingga hal ini dapat menghindarkan Anda dari gangguan mental.
Pasalnya seseorang yang selalu mengerjakan shalat tahajud akan merasakan ketentraman dan ketenangan jiwa.

Allah SWT telah berfirman, "Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang ialah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kara yang baik. Dan orang-orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka." (QS. Al- Furqan:63-64).

Dijadikan Rendah Hati

Allah SWT menegaskan bahwa orang yang melakukan keutamaan sholat tahajud akan selalu memiliki sifat yang rendah hati dan bersahabat. Ketentraman yang merupakan cerminan dari ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat akan membuat kita menjadi rendah hati.

“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,” dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.” (Al-Furqan 25: 63-64)

Jembatan Masuk Surga

Shalat malam merupakan sebaik-baiknya shalat fardu. Sehingga shalat tahajud diyakini setiap muslim dapat menjadi jembatan masuk surga.

Sebagaimana Rasulullah bersabda, "Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan shalatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engaku akan masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah).

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini