Begini Detik-Detik Gelombang Pasang di Pantai DIY Terekam Kamera, Menegangkan

Rabu, 25 Mei 2022 14:23 Reporter : Shani Rasyid
Begini Detik-Detik Gelombang Pasang di Pantai DIY Terekam Kamera, Menegangkan Gelombang tinggi di pesisir pantai DIY. ©Instagram/@kabarsegoro

Merdeka.com - Akhir-akhir ini, gelombang pada pantai-pantai di DIY dan Jateng, baik di pantai selatan maupun pantai utara terpantau tinggi. Kondisi ini cukup membahayakan masyarakat yang beraktivitas di sekitar pantai.

Pada Senin (23/5) lalu contohnya, gelombang tinggi yang terjadi di Laut Jawa menyebabkan tanggul penghalang rob jebol sehingga terjadilah banjir rob yang melanda kawasan Semarang dan sekitarnya. Banjir rob itu disebut menjadi yang terburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Tak hanya di Laut Jawa, gelombang tinggi juga terjadi di perairan selatan Jawa yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Dalam beberapa video yang tersebar di media sosial, terlihat gelombang tinggi itu menjadi ancaman nyata baik bagi wisatawan, maupun para pekerja proyek yang bekerja tak jauh dari garis pantai. Berikut selengkapnya:

2 dari 4 halaman

Gelombang Pasang Terekam Kamera

gelombang tinggi di pesisir pantai diy

©Instagram/@kabarsegoro

Melansir dari akun Instagram @kabarsegoro pada Rabu (25/5), terlihat sebuah gelombang pasang terekam kamera seorang karyawan proyek yang sedang bekerja di area proyek pemecah gelombang Pantai Congot, Kulon Progo. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (24/5). Gelombang itu beberapa kali menerjang pemecah ombak sehingga para pekerja itu harus menghindar.

“Tetap semangat dan selalu hati-hati para pejuang keluarga. Doa anak istri menyertaimu sekalian,” tulis akun Instagram @kabarsegoro.

3 dari 4 halaman

Kapal Nelayan Kesulitan Masuk Dermaga

gelombang tinggi di pesisir pantai diy

©Instagram/@kabarsegoro

Dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @kabarsegoro pada Selasa (24/5), terlihat sebuah kapal nelayan di Pantai Sadeng, Gunungkidul, terlihat kesulitan untuk memasuki dermaga. Para nelayan, Tim SAR, POLAIR, TNI AL, dan warga sekitar membantu aba-aba agar kapal itu bisa menepi. Pada akhirnya, kapal nelayan itu dapat bersandar dengan selamat.

Peningkatan Gelombang di Pantai Wediombo

gelombang tinggi di pesisir pantai diy

©Instagram/@kabarsegoro

Selain di Pantai Congot dan Pantai Sadeng, peningkatan gelombang juga terpantau di Pantai Wediombo, Gunungkidul. Dari kejauhan tampak kapal-kapal nelayan harus berjuang melewati terjangan gelombang tinggi itu. Karena adanya gelombang tinggi ini, Tim SAR Pantai Wediombo memperketat pengamanan.

4 dari 4 halaman

Gelombang Laut Sudah Mulai Normal

gelombang tinggi di pesisir pantai diy
©Instagram/@kabarsegoro

Dalam video terbaru yang diunggah akun Instagram @kabarsegoro pada Rabu (25/5), tampak gelombang laut sudah mulai normal. Terlihat dalam video itu beberapa material yang hancur akibat terjangan gelombang. Walau begitu, banyak kapal yang masih mampu bersandar dengan kokoh.

“Gelombang laut sudah mulai normal kembali pagi hari ini. Semoga nelayan-nelayan bisa beraktifitas kembali dan pantai-pantai aman untuk dikunjungi wisatawan,” tulis akun @kabarsegoro. [shr]

Baca juga:
Pantai di Sukabumi Diterpa Gelombang Tinggi, 71 Perahu Nelayan Rusak hingga Karam
Waspadai Potensi Gelombang Sangat Tinggi di Selatan Sumba-Sabu
BMKG: Waspada Gelombang Setinggi 6 Meter di Perairan Wilayah Aceh, Sangat Berbahaya
Waspadai Gelombang Setinggi Enam Meter di Perairan Aceh
Gelombang Setinggi 2,5 Meter Diprediksi Landa Sejumlah Wilayah NTT

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini