Ketinggian Air hingga Leher Orang Dewasa, Ini 7 Potret Banjir yang Melanda Pantura

Kamis, 20 Januari 2022 17:45 Reporter : Shani Rasyid
Ketinggian Air hingga Leher Orang Dewasa, Ini 7 Potret Banjir yang Melanda Pantura Banjir Pantura Januari 2022. ©Instagram/@pekalonganinfo

Merdeka.com - Cuaca ekstrem melanda berbagai wilayah di Provinsi Jawa Tengah. Hal ini mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi di berbagai tempat. Di Pekalongan, cuaca ekstrem menyebabkan terjadinya banjir.

Bahkan ketinggian banjir sudah mencapai leher orang dewasa. Hal itulah yang terlihat dari berbagai unggahan di media sosial. Bahkan ada juga air sungai yang meluap hingga tingginya melebihi jembatan yang membentang di atasnya.

Belum lagi berbagai fasilitas umum juga terendam banjir, seperti yang terjadi di Rumah Sakit Santa Maria Pemalang Kota. Berikut potret banjir yang melanda wilayah Pantura Provinsi Jawa Tengah:

2 dari 4 halaman

Ketinggian Banjir Hingga Leher Orang Dewasa

banjir pantura januari 2022

©Instagram/@batanghelp

Dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @batanghelp, tampak bencana banjir melanda Desa Kranji, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Dalam video itu, ketinggian air sudah mencapai leher orang dewasa, padahal kondisi di sana hujan masih turun deras dan berangin.

Tampak pula dalam video itu seorang lelaki terpaksa menggendong pasangannya. Sementara yang lain tampak bersusah payah menerjang banjir.

Tanggul Jebol di Pekalongan

banjir pantura januari 2022
©Instagram/@batanghelp

Kemudian ada pula sebuah video yang memperlihatkan luapan air di Pesanggrahan, Wonokerto, Kabupaten Pekalongan. Dalam video itu tertulis kalau luapan air sungai itu disebabkan adanya tanggul yang jebol.

“Izin melaporkan komandan, Pesanggrahan tanggulnya jebol. Butuh bantuan, terima kasih,” ucap salah seorang warga, dikutip dari Instagram @batanghelp pada Rabu (19/1).

3 dari 4 halaman

Evakuasi Warga yang Sakit

banjir pantura januari 2022©Instagram/@batanghelp

Kondisi banjir yang terus meninggi membuat beberapa warga yang terjebak di dalam rumah harus dievakuasi. Dalam video yang diunggah oleh Instagram @batanghelp, tampak seorang perempuan paruh baya di Kota Pekalongan harus dievakuasi oleh para relawan ke tempat pengungsian karena kondisinya sedang sakit saat banjir terjadi.

“Selamat malam komandan, ini kami dari relawan dan tim SAR sedang mengevakuasi lansia yang sakit untuk dibawa ke tempat yang lebih aman,” ujar seorang warga dalam video itu.

Banjir Bandang di Petungkriyono

banjir pantura januari 2022©Instagram/@pekalonganinfo

Tak hanya di kawasan pesisir, banjir juga melanda kawasan pegunungan di Pekalongan. Bahkan ruas jalan penghubung tak bisa dilalui karena diterjang banjir bandang.

Debit air akibat banjir bandang itu bahkan sampai naik hingga ke atas jembatan jalan penghubung dan juga jembatan gantung yang ada di kawasan itu.

Gelombang Tinggi di Laut Jawa

banjir pantura januari 2022©Instagram/@pekalonganinfo

Dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @pekalonganinfo, tampak gelombang tinggi terjadi di laut Jawa. Dari Pantai Sari Kota Pekalongan, gelombang laut terpantau pada ketinggian 1-1,5 meter.

“Cukup tinggi tapi masih terpantau aman,” ujar salah seorang relawan yang berjaga.

4 dari 4 halaman

Rumah Sakit Kebanjiran

banjir pantura januari 2022©Instagram/@pemalang.update

Banjir yang terjadi di kawasan Pantura turut berdampak pada pelayanan fasilitas umum. Dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @pemalang.update, tampak kondisi terkini di dalam Rumah Sakit Santa Maria Pemalang Kota terendam banjir. Air banjir terlihat memasuki sejumlah ruangan rumah sakit di lantai dasar dan lobby depan. Para petugas berjibaku menguras air banjir hingga tengah malam.

Anak-Anak Berenang di Lapangan

banjir pantura januari 2022©Instagram/@pemalang.update

Banjir yang melanda kawasan Pantura tak hanya membawa duka, namun juga menghadirkan kesenangan tersendiri, terutama bagi anak-anak. Dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @pemalang.update, tampak anak-anak asyik berenang di Lapangan Desa Klareyan, Petarukan, Pemalang.

Diketahui lapangan desa itu tergenang air banjir dan dimanfaatkan anak-anak untuk berenang gratis. Sejumlah pedagang juga turut memanfaatkan suasana tersebut.

[shr]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. DIY
  4. Berita
  5. Pekalongan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini