Gejala Cacar Air yang Sering Muncul, Ketahui Penyebab dan Komplikasinya

Sabtu, 19 September 2020 09:40 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Gejala Cacar Air yang Sering Muncul, Ketahui Penyebab dan Komplikasinya Ilustrasi cacar air. Shutterstock/Beneda Miroslav

Merdeka.com - Seperti diketahui, cacar air merupakan salah satu penyakit umum yang bisa terjadi oleh siapa saja. Biasanya, gangguan kesehatan ini terjadi di masa kanak-kanak. Bukan tanpa alasan, penyakit ini memang lebih mudah menular pada orang-orang yang belum pernah menderita penyakit tersebut, termasuk anak-anak. Orang-orang yang belum pernah mendapatkan vaksin cacar air juga mempunyai risiko penularan yang lebih tinggi.

Orang yang terkena penyakit ini, akan merasakan berbagai macam gejala. Gejala cacar air paling umum tidak lain adalah munculnya ruam kemerahan pada kulit, baik kulit tangan, kaki, punggung atau bagian-bagian tubuh lain. Ruam kemerahan ini biasanya menimbulkan rasa gatal dan akan melepuh dengan berisi cairan bening. Ruam kemerahan ini akan merata jika cairan bening ini pecah dan mengenai bagian kulit di sekitarnya.

Di samping ruam kemerahan yang berisi cairan, terdapat beberapa gejala cacar air lain yang perlu diketahui. Beberapa gejala cacar air, biasanya muncul satu hingga dua hari sebelum timbulnya ruam kemerahan pada kulit. Semakin awal gejala cacar air terdeteksi, maka akan memudahkan Anda untuk memberikan penanganan lebih cepat. Hal ini akan mencegah kondisi yang semakin parah.

Lalu seperti apa gejala cacar air yang sering muncul? Serta hal apa yang menjadi penyebab, faktor risiko, dan komplikasi yang bisa terjadi? Dilansir dari situs Mayoclinic, berikut kami merangkum penjelasan mengenai beberapa gejala cacar air, penyebab, dan berbagai informasi lainnya yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Mengenal Cacar Air...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini