Fungsi Batik Bagi Masyarakat Indonesia, Ketahui Berbagai Macam Motifnya

Rabu, 26 Mei 2021 16:01 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Fungsi Batik Bagi Masyarakat Indonesia, Ketahui Berbagai Macam Motifnya Ilustrasi Batik. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/pzAxe

Merdeka.com - Indonesia memang sudah dikenal sebagai negara dengan aneka ragam kebudayaan yang luhur. Hal ini tercermin dari berbagai macam bahasa daerah, agama dan kepercayaan, adat istiadat, hingga makanan khas. Bukan hanya itu, Indonesia juga memiliki macam-macam motif batik sebagai salah satu hasil kebudayaan yang masih dilestarikan dan populer hingga saat ini.

Macam-macam motif batik di Indonesia sangat bervariasi. Bahkan masing-masing daerah memiliki corak khasnya tersendiri. Mulai dari batik Solo, Yogyakarta, Magetan, Cirebon, Pekalongan, Rembang, Bali, hingga Ternate Maluku Utara. Tidak jarang, kain batik menjadi oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang saat berwisata di daerah penghasil batik tersebut.

Biasanya batik sering kali digunakan sebagai kain jarik untuk busana pernikahan bagi masyarakat adat jawa. Bukan hanya itu, batik juga digunakan sebagai bahan untuk membuat baju-baju modern masa kini. Selain digunakan sebagai pakaian, ternyata terdapat beberapa fungsi batik lain yang tidak kalah penting. Fungsi batik ini dapat meliputi fungsi estetis sebagai hiasan hingga simbol sosial.

Jika Anda salah satu penggemar kain atau pakaian batik, beberapa fungsi batik bagi masyarakat Indonesia berikut perlu untuk diketahui. Selain itu juga terdapat beberapa manfaat kain batik bagi bangsa Indonesia sebagai warisan budaya luhur yang tidak kalah penting untuk diketahui. Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami merangkum fungsi batik bagi masyarakat Indonesia dan berbagai informasi lainnya perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Mengenal Kain Batik...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini