Doa Saat Gunung Meletus Anjuran Rasulullah, Lengkap dengan Panduan dan Artinya

Kamis, 8 Desember 2022 18:30 Reporter : Ayu Isti
Doa Saat Gunung Meletus Anjuran Rasulullah, Lengkap dengan Panduan dan Artinya gunung meletus. © Nationalgeographic.com

Merdeka.com - Negara Indonesia disebut sebagai salah satu negara yang masuk dalam ring of fire atau lingkaran api. Fakta ini dapat dilihat dari berbagai aktivitas gunung vulkanik aktif yang ada di beberapa wilayah di Indonesia. Tidak heran jika, Indonesia sering mengalami erupsi gunung meletus hampir di setiap tahunnya.

Meskipun tidak dapat dihindari, namun masyarakat perlu mendapatkan pengetahuan yang cukup mengenai risiko bencana gunung meletus. Selain itu, masyarakat juga harus mendukung upaya pemerintah dalam melakukan mitigasi bencana agar meminimalisir korban dan dampak buruk dari bencana gunung meletus.

Tentu, segala upaya perlu disertai dengan doa untuk selalu memohon perlindungan kepada Tuhan Sang Pencipta. Dalam hal ini, bagi masyarakat muslim dapat mengamalkan doa saat Gunung Meletus anjuran Rasulullah SAW. Pada dasarnya beberapa doa ini dapat dibaca kapan saja ketika terkena suatu musibah, termasuk bencana alam.

Dengan mengamalkan doa ini, tentu Anda dapat memohon keselamatan kepada Allah, bukan hanya keselamatan diri sendiri tetapi juga orang-orang terdekat di sekitar. Selain itu, terdapat pula bacaan doa khusus yang penting dibaca oleh setiap relawan saat terjun membantu masyarakat yang terkena bencana alam. Dilansir dari NU Online, berikut bacaan doa saat gunung meletus hingga doa bagi relawan, bisa disimak.

2 dari 3 halaman

Doa Saat Gunung Meletus

Seperti disebutkan sebelumnya, Rasulullah SAW telah mengajarkan umat muslim beberapa doa yang dapat dibaca saat terjadi bencana gunung meletus. Dalam hal ini, doa saat gunung meletus dibagi menjadi dua bagian yaitu berupa doa pencegahan untuk memohon perlindungan, dan doa yang dibaca ketika sedang tertimpa musibah.

Pada dasarnya, bacaan doa ini berlaku untuk berbagai bencana alam, termasuk gunung meletus. Dengan mengamalkan doa ini, Anda tidak hanya dapat memohon perlindungan untuk diri sendiri tetapi juga orang-orang tersayang. Berikut bacaan doa saat gunung meletus yang dapat dipraktikkan.

aliran lava gunung meletus di islandia
ilustrasi ©Jeremy Richard/AFP

Doa Memohon Perlindungan dari Bahaya

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal hadmi wa a‘ûdzubika minat taraddî wa a‘ûdzubika minal gharaqi wal haraqi wal harami wa a‘ûdzubika an yatakhabbathanîsy syaithânu ‘indal maut wa ‘aûdzubika an amûta fî sabîlika mudbiran wa a‘ûdzubika an amûta ladîghan

Artinya: Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari reruntuhan (longsor), dan aku berlindung pada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam (banjir), terbakar, dan tak berdaya. Dan aku berlindung pada-Mu apabila syetan menjerumuskan padaku ketika akan mati, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati dalam keadaan berbalik arah dari jalan-Mu (murtad), dan aku berlindung pada-Mu apabila mati karena disengat. (HR Abu Daud)

Selain itu, Anda juga bisa mengamalkan doa permohonan perlindungan berikut secara rutin:

Bismillâhil ladzî lâ yadlurru ma‘asmihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ-I wa huwas samî‘ul alîm

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu di bumi dan di langit tak dapat memberikan mudarat (bahaya). Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Pengetahui.

Doa Saat Tertimpa Musibah

Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ.

Artinya: Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.

Dijelaskan dalam sebuah hadist Shahih Muslim, siapa saja yang mengamalkan doa saat gunung meletus tersebut, maka Allah akan memberi pahala dari musibah yang sedang dihadapi, serta menjanjikan ganti yang lebih baik daripada kerugian yang telah didapatkan.

3 dari 3 halaman

Doa Bagi Para Relawan Bencana

Selain doa saat gunung meletus, anjuran doa lainnya yang tidak kalah penting adalah doa untuk para relawan bencana. Seperti diketahui, para relawan yang terjun ke lapangan untuk membantu korban bencana tentu memiliki risiko bahaya tersendiri selama melakukan proses evakuasi.

Dengan begitu, penting bagi setiap relawan untuk memohon perlindungan kepada Allah dalam melakukan kebaikan. Berikut bacaan doa bagi para relawan bencana dan artinya yang bisa dipraktikkan:

Alhamdulillâhilladzi ‘âfânii mimmâ ibtalâka bihi wa faddhalanî ‘alâ katsîrin mimman khalaqa tafdhîlân lam yushibhu dzâlikal balâ’

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkanku dari apa yang menimpamu dan memberikan keutamaan kepadaku atas kebanyakan makhluk, (jika karunia itu juga diterima) niscaya bala tidak menimpa." (HR At-Tirmidzi)

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini