Bacaan Doa Rabithah, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Rabu, 25 Mei 2022 17:59 Reporter : Jevi Nugraha
Bacaan Doa Rabithah, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya ilustrasi berdoa. © pexels.com/Thirdman

Merdeka.com - Doa rabithah dan artinya perlu diketahui dan diamalkan oleh umat muslim. Doa rabithah sendiri merupakan serangkaian ayat yang disusun oleh Al Ustaz Syahidul Islam, Hasan Al Banna Rahimahullah.

Kitab yang disusun oleh Syahidul Islam ini adalah kumpulan doa dan zikir pagi dan sore. Doa yang tergabung di dalam wirid Al-Matsurat ini berisi permohonan penjagaan diri kepada Allah SWT dari segala tindakan buruk. Dengan membaca doa rabithah, setiap Muslim akan senantiasa diberikan keselamatan dan perlindungan oleh Allah SWT.

Saat pagi dan petang, sebaiknya umat muslim membaca dan mengamalkan doa rabithah. Sebab, doa ini memiliki banyak keutamaan yang baik untuk umat Islam. Berikut bacaan doa rabithah dan artinya yang merdeka.com lansir dari NU Online:

2 dari 3 halaman

Hukum Doa Rabithah

ilustrasi berdoa

© pexels.com/Timur Weber

Sebelum mengetahui doa rabithah dan artinya, ada baiknya mengerti tentang hukum membaca doa rabithah terlebih dahulu. Melansir dari Islamedia, mayoritas ulama sebenarnya memperbolehkan umat muslim membaca doa ini. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam salah satu kitab, artinya:

Mayoritas fuqaha berpendapat bolehnya setiap doa duniawi dan ukhrawi, tetapi doa yang ma’tsur lebih utama daripada selainnya. (Raudhatuth Thalibin, 1/265, Asnal Mathalib, 1/16)
Doa rabithah sendiri dianggap tidak bertentangan dengan syariat, karena apa pun doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT adalah sebuah kebaikan. Sebagaimana disebutkan hadis berikut, artinya:

“Tidaklah ketetapan Allah dapat ditolak kecuali dengan doa, dan tidaklah menambahkan usia kecuali dengan berbuat kebaikan.” (HR. At Tirmidzi no. 2139).

3 dari 3 halaman

Doa Rabithah dan Artinya

Membaca doa pagi dan petang menjadi amalan terpuji yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini sebagai bentuk permohonan yang ditujukan kepada Allah SWT agar senantiasa diberi kemaslahatan dan perlindungan. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur'an Surah Al-Mu’min ayat 60, Allah SWT berfirman, yang artinya:

"Berdoalah kepada-Ku, Aku akan mengabulkannya. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina."

Doa rabithah menjadi salah satu amalan yang perlu dibaca umat muslim. Adapun doa rabithah dan artinya adalah sebagai berikut:

اَللّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذِهِ الْقُلُوْبَ قَدِ اجْتَمَعَتْ عَلَي مَحَبَّتِكَ
وَالْتَقَتْ عَلَى طَاعَتِكَ وَتَوَحَّدَتْ عَلَى دَعْوَتِكَ
وَتَعَاهَدَتْ عَلَى نُصْرَةِ شَرِيْعَتِكَ
فَوَثِّقِ اللَّهُمَّ رَابِطَتَهَا وَأَدِمْ وُدَّهَا، وَاهْدِهَا سُبُلَهَا
وَامْلَأَهَا بِنُوْرِكَ الَّذِيْ لاَ يَخْبُوْا
وَاشْرَحْ صُدُوْرَهَا بِفَيْضِ الْإِيْمَانِ بِكَ وَجَمِيْلِ التَّوَكُّلِ عَلَيْكَ
وَاَحْيِهَا بِمَعْرِفَتِكَ، وَأَمِتْهَا عَلَى الشَّهَادَةِ فِيْ سَبِيْلِكَ
إِنَّكَ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرِ
اَللَّهُمَّ أَمِيْنَ

Allahumma innaka ta'lamu anna hadzihil qulub, qadijtama-at 'alaa mahabbatik wal taqat 'alaa tha'atik, wa tawahhadat 'alaa da'watik wa ta ahadat ala nashrati syari'atik Fa watsiqillahumma rabithataha, wa adim wuddaha, wah dihaa subulahaa wamla'haa binuurikal ladzi laa yakhbu wasy-syrah shuduroha bi faidil imaanibik wa jamiilit tawakkuli 'alaik wa ahyiha bi ma'rifatik, wa amitha 'alaa syahaadati fii sabiilik Innaka ni'mal maula wa ni'man nashiir. Allahumma Aamiin.

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati berkumpul atas dasar cinta kepada-Mu; bertemu atas dasar taat pada-Mu; bersatu atas dasar dakwah kepada-Mu, dan berjanji setia untuk membela syariat-Mu. Maka kuatkanlah yaa Allah, ikatan pertaliannya; lestarikanlah kasih sayangnya; tunjukkanlah jalannya; dan penuhilah dengan cahaya-Mu yang tiada redup; lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman kepada-Mu dan indahnya tawakal pada-Mu; hidupkanlah ia dengan makrifat kepada-Mu; dan matikanlah ia sebagai syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Aamiin Ya Allah."

Keutamaan Membaca Doa Rabithah

Seperti yang sudah diketahui, doa rabithah merupakan salah satu doa yang kerap dibaca, terutama setelah selesai suatu kegiatan. Ada banyak sekali keutamaan memabaca doa rabithah, di antaranya:

Menyelesaikan Pertikaian

Salah satu keutamaan doa rabithah adalah dipercaya dapat menyelesaikan pertikaian. Dengan membaca doa ini, hati seorang menjadi lembut dan terang benderang. Untuk itu, umat muslim dianjurkan untuk membaca serta mengamalkan doa rabithah ini.

Mempererat Tali Persaudaraan

Doa rabithah dianggap mampu melembutkan hati seseorang. Artinya, doa ini bisa membuat seseorang memiliki rasa simpati pada apa yang terjadi pada sesama makhluk Allah SWT. Dengan begitu, doa rabithah memiliki keutamaan untuk mempererat ikhuwah islamiyah di antara sesama muslim.

Selain itu, doa rabithah juga dianggap mampu memikat hati seseorang. Dengan begitu, doa ini dapat meningkatkan rasa persaudaraan sesama umat Islam. [jen]

Baca juga:
Doa Menenangkan Hati dan Pikiran, Berikut Arti dan Keutamaannya
Doa Sebelum Baca Yasin dalam Susunan Tahlil, Perlu Diketahui
Imalah Artinya Memiringkan Bacaan Fathah ke Kasrah, Begini Penjelasannya
Ayat-Ayat Ruqyah beserta Artinya dalam Islam, Patut Dihafalkan
Doa Berkendara sesuai Sunah, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini