9 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan, Menjaga Fungsi Otak hingga Cegah Kanker

Senin, 22 Juni 2020 13:00 Reporter : Jevi Nugraha
9 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan, Menjaga Fungsi Otak hingga Cegah Kanker Ilustrasi jamur tiram. ©2015 Merdeka.com/Flickr/ dagoose1

Merdeka.com - Jamur merupakan jenis tumbuhan yang dapat membentuk anyaman bercabang yang disebut miselium. Berbagai macam jenis jamur dapat ditemukan di negara Indonesia. Salah satu jenis jamur yang tidak mengandung racun dan layak untuk dikonsumsi ialah jamur tiram.

Jamur tiram merupakan menjadi salah satu jenis jamur yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Seringkali masyarakat mengolah jamur tiram menjadi beragam macam olahan menu masakan, seperti tumis dan aneka menu lainnya. Selain memiliki cita rasa yang gurih, jamur tiram juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Healthline, jamur tiram mengandung vitamin D, kalsium, antioksidan, magnesium, vitamin B, hingga protein. Beberapa kandungan tersebut diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat jamur tiram? Simak penjelasannya berikut ini.

2 dari 10 halaman

Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia. Oleh karena itu, sejak dini harus mulai melakukan upaya pencegahan. Salah satu cara alternatif dan efektif mencegah penyakit kanker adalah mengonsumsi jamur tiram.

Jamur tiram mengandung protein vitamin C hingga zat besi yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan melindungi dari kerusakan sel.

Sehingga jamur tiram melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti jantung. Mengonsumsi jamur tiram secara teratur sangat efektif menurunkan risiko penyakit kanker.

3 dari 10 halaman

Mencegah Penyakit Jantung

jantung©2015 Merdeka.com/shutterstock/Available in

Penyakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya melakukan upaya pencegahan sejak dini. Cara yang cukup efektif dalam mencegah penyakit ini adalah mengonsumsi jamur tiram.

Jamur tiram memiliki kandungan zat besi, kalsium serta efek antioksidan yang dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat jamur tiram ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi jenis daun ini secara rutin.

4 dari 10 halaman

Mencegah Radikal Bebas

Manfaat jamur tiram berikutnya dapat mencegah radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh apabila tidak diimbangi dengan antioksidan, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung.

Jamur tiram memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi jamur tiram secara rutin dapat mencegah radikal bebas.

5 dari 10 halaman

Mengatasi Peradangan

ilustrasi radang©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Radang merupakan jenis penyakit yang ditandai cedera, seperti luka bakar atau terinfeksi bakteri dan virus pada bagian tubuh. Peradangan apabila tidak segara diatasi dapat memunculkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung hingga kanker.

Manfaat jamur tiram juga sangat baik untuk mencegah peradangan. Pasalnya jamur tiram memiliki efek anti inflamasi yang berfungsi efektif meredakan peradangan. Selain itu, mengonsumsi jamur tiram secara teratur dapat menjaga kesehatan tubuh Anda.

6 dari 10 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang

011 tantri setyorini©2018 Merdeka.com/Pexels

Manfaat jamur tiram lainnya dapat menjaga kesehatan tulang. Pasalnya jamur tiram memiliki kandungan vitamin K yang berperan penting dalam meningkatkan penyerapan kalsium, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, mengonsumsi jamur tiram secara rutin dan teratur juga efektif menurunkan risiko patah tulang.

7 dari 10 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

ilustrasi hipertensi©CC0 Public Domain

Bagi Anda penderita darah tinggi, sebaiknya mengonsumsi jamur tiram. Pasalnya, jamur tiram merupakan sumber kalium yang berfungsi efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah. Sehingga jamur tiram sangat cocok dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi.

8 dari 10 halaman

Menjaga Fungsi Otak

Otak merupakan organ vital bagi manusia yang berfungsi untuk menyusun sistem saraf pusat (SSP). Sehingga semua aktivitas tubuh, seperti berjalan, berbicara hingga bernapas dipengaruhi oleh sistem saraf. Apabila otak tidak berfungsi dengan baik maka dapat mengakibatkan gangguan pada sistem saraf.

Kandungan vitamin K dan kolin pada jamur tiram berperan penting untuk meningkatkan daya ingat dan memori. Sehingga hal ini dapat menjaga otak agar tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, mengonsumsi jamur tiram secara rutin dan teratur juga dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

9 dari 10 halaman

Mencegah Diabetes

011 siti rutmawati©www.huffingtonpost.com

Manfaat brokoli berikutnya dapat membantu mencegah diabetes. Penyakit ini disebabkan karena glukosa pada darah menumpuk, sehingga tidak dapat diserap sel tubuh. Akibatnya hal ini menimbulkan gangguan organ tubuh yang dapat memicu datangnya berbagai macam penyakit.

Kandungan kalsium hingga vitamin K yang terdapat pada jamur tiram berfungsi efektif untuk menjaga keseimbangan gula darah yang seringkali menyebabkan penyakit diabetes. Sehingga mengonsumsi jamur tiram secara rutin dan teratur dapat berfungsi efektif menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

10 dari 10 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seseorang yang memiliki kekebalan tubuh kuat dapat menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit. Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ialah mengonsumsi jamur tiram. Dilansir dari laman Healthline, kandungan vitamin A, vitamin C, magnesium hingga folat berperan penting dalam menjaga sistem imunitas tubuh.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini