8 Tujuan Membaca Buku Beserta Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Selasa, 18 Agustus 2020 10:00 Reporter : Jevi Nugraha
8 Tujuan Membaca Buku Beserta Manfaatnya yang Perlu Diketahui ilustrasi membaca buku. ©robinreads.com

Merdeka.com - Membaca buku merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Hal ini karena buku menjadi salah satu sumber pengetahuan yang mampu menambah dan memperbarui wawasan. Bahkan, rutin membaca buku juga dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi dan empati seseorang.

Dahlia Patiung dalam "Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual" yang terbit melalui Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alaudin Makassar (2016) menyebut bahwa membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Meski begitu, membaca bukan hanya sekedar menerima informasi, untuk mendapatkan pemahaman yang baik dan menyeluruh, kita harus mampu mengolah teks bacaan menjadi sesuatu yang bermakna.

Aktivitas membaca mempunyai tujuan tertentu sesuai degan orang yang membaca. Tujuan membaca yang paling utama ialah memahami seluruh informasi yang tertera dalam teks bacaan untuk mengembangkan intelektual yang dimiliki pembaca.

Selain itu, masih banyak tujuan membaca beserta manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Lantas, apa sebenarnya tujuan membaca buku? Simak ulasannya berikut ini.

2 dari 4 halaman

Tujuan Membaca Buku

ilustrasi membaca buku
©Pixabay

Buku merupakan jendela dunia yang mampu menambah pengetahuan dan wawasan seseorang. Dengan membaca buku, seseorang dapat mendapatkan berbagai macam informasi yang ada di seluruh dunia. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang cerdas dan sukses karena memiliki minat membaca yang tinggi.

Dalam bukunya Bahasa Indonesia (Pengantar Pengembangan Kepribadian dan Intelektual), Muhammad Asdam menyebutkan tujuan membaca menurut Puji Santoso, dkk (2007: 65) bahwa tujuan membaca adalah:

1. Menghubungkan pengetahuan baru dengan schemata seseorang.

2. Memberikan kesempatan kepada seseorang melakukan eksperimentasi untuk meneliti sesuatu yang dipaparkan dalam suatu teks bacaan.

3. Menjawab pertanyaan dikemukakan dalam teks bacaan.

4. Menikmati keindahan yang terkandung dalam bacaan.

5. Membaca bersuara untuk memberikan kesempatan kepada seseorang menikmati teks bacaan.

6. Menggunakan strategi tertentu untuk memahami teks bacaan.

7. Menggali simpanan pengetahuan atau schemata seseorang tentang suatu topik.

8. Mencari informasi untuk penyusunan suatu bacaan atau laporan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Membaca Buku

ilustrasi membaca buku©shutterstock.com/Dudarev Mikhail

Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk gemar membaca buku. Selain dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan, ternyata membaca buku juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, seperti membuat tidur lebih nyenyak dan menghilangkan stres. Selain itu, masih banyak manfaat membaca buku, di antaranya sebagai berikut:

Ekspansi Kosakata dan Pengetahuan

Saat membaca, Anda mungkin menemukan beberapa kata yang tidak terlalu Anda mengerti atau bahkan mengenalinya. Kebingungan ini dapat membuat Anda mencari kata dan menemukan definisi. Kamus, baik dalam bentuk fisik atau bentuk ebook, dapat bermanfaat bagi pemahaman Anda tentang kata-kata baru yang mungkin tidak Anda kenal.

Karena Anda tidak tahu kata itu, untuk memulai, tindakan mencari definisi membantu otak Anda mempertahankan kata baru dan menarik itu, yaitu ekspansi kosa kata. Pertimbangkan seberapa jauh kosakata Anda telah muncul sejak Anda pertama kali belajar membaca.

4 dari 4 halaman

Stimulasi Mental

Manfaat membaca buku yang tidak kalah pentingya ialah sebagai stimulasi mental. Otak membutuhkan olahraga untuk membuatnya kuat dan sehat, sama seperti semua otot di tubuh Anda. Oleh karena itu, aktivitas membaca telah dibuktikan dapat meningkatkan konektivitas di otak.

Penurunan memori dan fungsi otak merupakan efek samping dari penuaan, namun membaca secara teratur dapat membantu memperlambat prosesnya. Menjaga otak Anda aktif dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dan demensia.

Media Hiburan

Manfaat membaca yang paling terkenal ialah nilai hiburan dari membuka buku dengan halaman putih yang bersih. Tentu saja, hiburan biasanya menarik pembaca yang gemar mengambil buku yang lebih bagus berikutnya. Bahkan, itu telah menjadi bentuk hiburan yang solid selama bertahun-tahun. Meskipun membaca sangat cocok untuk hiburan, ada factor lebih dari hanya sekadar hiburan.

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat membaca buku berikutnya yaitu meningkatkan daya ingat. Buku memiliki banyak komponen berbeda. Alur cerita, karakter, dialog, dan pengaturan hanyalah beberapa di antaranya.

Membaca mengharuskan Anda menggunakan otot ingatan Anda, membantu otot jangka panjang. Melatih otak Anda dengan cara-cara yang menantang secara mental dapat menyebabkan tingkat penurunan daya ingat yang lebih lambat.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini