8 Manfaat Membaca Novel Fiksi, Bantu Tingkatkan Konsentrasi dan Imajinasi

Jumat, 12 Agustus 2022 14:40 Reporter : Jevi Nugraha
8 Manfaat Membaca Novel Fiksi, Bantu Tingkatkan Konsentrasi dan Imajinasi ilustrasi membaca. ©shutterstock/Jon E Oringer.com

Merdeka.com - Manfaat membaca novel fiksi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Novel merupakan karangan prosa panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang yang berada di sekitarnya. Biasanya, novel terinspirasi dari kisah nyata atau ide imajinatif dan ditulis melalui urutan peristiwa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) novel adalah karangan prosa panjang yang mengandung cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dan menonjolkan watak atau sifat setiap pelaku. Novel memiliki beberapa ciri, seperti jumlah kata lebih dari 3.5000 kata, terdiri dari setidaknya 100 halaman, serta alur cerita kompleks.

Membaca novel merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Bahkan, rutin membaca novel juga dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi dan empati seseorang. Selain itu, masih ada manfaat membaca novel lainnya.

Berikut sejumlah manfaat membaca novel fiksi yang Merdeka.com lansir dari Liputan6.com dan sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

Meningkatkan Keterampilan Menulis Fiksi

ilustrasi membaca buku
moneycrashers.com

Manfaat membaca novel yang pertama, yaitu meningkatkan keterampilan menulis fiksi. Semakin banyak membaca, maka semakin baik ia menulis. Sebab, kosakata yang diperkaya selama membaca, dapat berkontribusi pada penulisan yang lebih baik.

Maka dari itu, untuk meningkatkan kemampuan menulis fiksi, Anda perlu membaca novel secara rajin. Dengan banyak membaca novel, Anda dapat mempelajari gaya penulisan fiksi yang baik.

Meningkatkan Imajinasi

Sejak dahulu, membaca novel dinilai bisa meningkatkan imajinasi. Di dalam buku novel, banyak ditemukan cerita-cerita menarik yang imajinatif. Hal ini yang kemudian membaca novel bisa meningkatkan imajinasi seseorang.

Selain itu, membaca novel juga dapat mengurangi stres dan ketegangan. Maka dari itu, ada baiknya seseorang mulai membiasakan diri membaca novel fiksi.

Belajar Berempati

Manfaat membaca novel fiksi lainnya, yaitu belajar berempati kepada orang lain. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa membayangkan cerita di dalam novel dapat membantu mengaktifkan daerah otak yang bertanggung jawab untuk lebih memahami orang lain.

Selain itu, manfaat membaca novel fiksi juga bisa meningkatkan kemampuan interaksi sosial. Sebab, novel fiksi akan membantu pembaca mengeksplorasi emosi yang kompleks dan selama ini tidak diketahui.

Media Hiburan

Manfaat membaca novel fiksi selanjutnya, yaitu sebagai media hiburan. Tentu saja, hiburan biasanya menarik pembaca yang gemar mengambil buku novel yang lebih bagus berikutnya. Bahkan, itu telah menjadi bentuk hiburan yang solid selama bertahun-tahun.

3 dari 3 halaman

Memperluas Pengetahuan

ilustrasi membaca buku
© Negative Space

Manfaat membaca novel bisa memperluas pengetahuan. Saat membaca, seseorang mungkin akan menemukan beberapa kata yang tidak terlalu dikenal. Kebingungan ini dapat membuat Anda mencari kata dan menemukan definisi.

Kamus, baik dalam bentuk fisik atau bentuk ebook, dapat bermanfaat bagi pemahaman Anda tentang kata-kata baru yang mungkin tidak Anda kenal.

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat membaca novel berikutnya, yaitu meningkatkan daya ingat. Novel memiliki banyak komponen berbeda. Alur cerita, karakter, dialog, dan pengaturan hanyalah beberapa di antaranya.

Membaca novel mengharuskan Anda menggunakan otot ingatan Anda, membantu otot jangka panjang. Melatih otak Anda dengan cara-cara yang menantang secara mental dapat menyebabkan tingkat penurunan daya ingat yang lebih lambat.

Stimulasi Mental

Manfaat membaca novel yang tidak kalah pentingnya ialah sebagai stimulasi mental. Otak membutuhkan olahraga untuk membuatnya kuat dan sehat, sama seperti semua otot di tubuh. Oleh karena itu, aktivitas membaca telah dibuktikan dapat meningkatkan konektivitas di otak.

Penurunan memori dan fungsi otak merupakan efek samping dari penuaan, namun membaca secara teratur dapat membantu memperlambat prosesnya. Menjaga otak Anda aktif dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dan demensia.

Mendapatkan Pengalaman Baru

Buku merupakan jendela dunia yang mampu menambah pengetahuan dan wawasan seseorang. Dengan membaca buku, seseorang dapat mendapatkan berbagai macam informasi yang ada di seluruh dunia. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang cerdas dan sukses karena memiliki minat membaca yang tinggi.

Banyak sekali pengalaman baru yang akan didapatkan setelah membaca novel. Dengan membaca novel, maka akan memberi kesempatan kepada seseorang melakukan eksperimentasi untuk meneliti sesuatu yang dipaparkan dalam suatu teks bacaan. Tak lain, manfaat membaca novel ialah mendapatkan pengalaman baru. 

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini