Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Minuman Dingin yang Sehat dan Menyegarkan, Wajib Dicoba

7 Minuman Dingin yang Sehat dan Menyegarkan, Wajib Dicoba ilustrasi minuman sehat. juicing-for-health.com

Merdeka.com - Saat melakukan olahraga atau aktivitas dengan intensitas tinggi, maka dapat mengurangi cairan elektrolit di dalam tubuh. Tak heran, untuk menjaga keseimbangan elektrolit, banyak orang mengonsumsi minuman segar yang dapat membuat kondisi tubuh agar tetap terjaga. Beberapa minuman dingin seperti jus buah dan cairan isotonik sering dipilih untuk melepas dahaga setelah malakukan aktivitas berat.

Di samping dapat melepas dahaga dan menyegarkan tubuh, beberapa minuman dingin seperti jus buah juga dipercaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di dalam jus dapat memberi tambahan energi dan stamina, sehingga bisa mencegah dari tubuh yang lemas saat menjalani kegiatan sehari-sehari.

Ada banyak jenis minuman dingin yang sering dikonsumsi untuk melepas dahaga setelah melakukan berbagai macam aktivitas. Selain memberikan sensasi segar, beberapa minuman ini juga berfungsi efektif untuk menyehatkan tubuh. Lantas, minuman dingin apa saja yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Simak ulasannya berikut ini.

Jus Delima

ilustrasi jus delima

Shutterstock/Africa Studio

Salah satu minuman dingin yang memberi sensasi segar dan menyehatkan tubuh ialah jus delima. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam buah delima dinilai efektif untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir dari Healthline, buah delima memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga hal ini dapat secara efektif membantu meningkatkan kekebalan tubuh.Selain itu, kandungan antioksidan pada buah delima juga mampu mengatasi berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit ginjal dan jantung.

Minuman Isotonik

Minuman isotonik merupakan minuman yang sering ditujukan untuk para atlet atau orang dengan intensitas olahraga rutin, untuk menggantikan cairan elektrolit serta gula pada atlet secara tepat. Minuman isotonik termasuk jenis sport drink yang memiliki beragam kandungan yang dapat membantu mengganti cairan dengan cepat di dalam tubuh.

Manfaat minuman dingin satu ini salah satunya yaitu menjaga keseimbangan air dan garam di dalam tubuh. Kandungan zat elektrolit, yang terdiri dari sodium, potasium, kalsium, serta magnesium berperan penting untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Sehingga dengan mengonsumsi minuman isotonik saat berolahraga berfungsi efektif menjaga keseimbangan tubuh.

Jus Buah Naga

ilustrasi jus buah naga

©Shutterstock

Buah naga merupakan jenis buah yang memiliki akar, duri, serta batang. Buah yang memiliki warna merah pekat ini menjadi salah satu jenis buah yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis serta memiliki bentuk yang unik, menjadi ciri khas dari buah yang berasal dari Meksiko ini.

Saat Anda merasa lemas dan lesu setelah melakukan aktivitas sehari-hari, cobalah untuk minum jus naga. Pasalnya, kandungan vitamin di dalam buah naga dipercaya mampu meningkatkan stamina dan dapat membuat Anda lebih semangat saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Air Tebu

Minuman dingin yang sehat dan menyegarkan berikutnya adalah air tebu. Minuman ini memiliki kandungan kalsium, zat besi, magnesium, dan mangan, berperan penting untuk memperkuat tulang. Sehingga mengonsumsi air tebu secara rutin dapat menghambat berkembangnya osteoporosis.

Selain itu, air tebu juga mengandung asam glikolat yang dapat memberi efek antioksidan pada kulit. Oleh karena itu, bagi yang ingin menjaga kulit agar tetap sehat dianjurkan untuk mengonsumsi air tebu secara teratur.

Jus Sirsak

ilustrasi sirsak

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Christy Liem

Buah yang dapat dijadikan minuman dingin berikutnya ialah sirsak. Kandungan vitamin C, B1 dan B2 pada sirsak berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Sehingga hal ini dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti hipertensi hingga diabetes. Selain itu, minum jus sirsak secara teratur juga dapat melawan penyakit infeksi. Sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh dan tidak mudah terkena penyakit.

Air Lemon

lemon

©2019 Merdeka.com/Pixabay

Salah satu buah yang dapat dijadikan minuman dingin ialah buah lemon. Kandungan vitamin C tinggi pada buah lemon dapat meningkatkan sistem pencernaan sekaligus membantu fungsi hati. Selain itu, buah lemon juga berfungsi efektif membakar lemak perut berlebih, sehingga sangat cocok untuk membantu program diet.

Di samping itu, sebaiknya saat minum air lemon untuk diet dilakukan pagi hari. Sebab, saat tubuh belum mengonsumsi apapun, tubuh dapat melakukan proses detoksifikasi dengan minum air lemon. Sehingga dapat membuat fungsi hati bekerja lebih ringan dan menurunkan berat badan secara optimal.

Jus Plum Segar

ilustrasi jus plum

Shutterstock/SMarina

Plum mungkin menjadi salah satu jenis buah yang masih terdengar asing di Indonesia. Buah ini biasanya banyak dibudidayakan di Amerika dan Eropa. Selain memiliki rasa yang manis asam, buah plum juga sering dijadikan minuman dingin yang segar dan menyehatkan.

Buah plum sangat kaya Antioksidan, sehingga hal ini dapat melawan virus dan bakteri yang menjadi penyebab utama datangnya berbagai macam penyakit. Mengonsumsi secara rutin buah plum dapat membantu mencegah radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh.Sehingga hal ini dapat menurunkan risiko terkena serangan penyakit kronis, seperti kanker dan jantung.

(mdk/jen)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Daftar Lengkap Minuman Segar Baik Dikonsumsi Usai Santap Daging Kambing
Daftar Lengkap Minuman Segar Baik Dikonsumsi Usai Santap Daging Kambing

Ini daftar minuman yang baik dikonsumsi usai makan daging kambing.

Baca Selengkapnya
10 Makanan Terbaik untuk Menguatkan Imunitas Tubuh
10 Makanan Terbaik untuk Menguatkan Imunitas Tubuh

Penting untuk mempertahankan dan memperkuat imunitas tubuh. Yuk, cek makanan apa saja yang bisa memperkuat imunitas tubuh!

Baca Selengkapnya
Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Setelah Berbuka Puasa
Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Setelah Berbuka Puasa

Pada saat berbuka puasa, terdapat sejumlah makanan yang terbaik untuk dikonsumsi demi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
11 Makanan dan Minuman yang Bagus untuk Maag, Pilihan yang Aman dan Berkhasiat
11 Makanan dan Minuman yang Bagus untuk Maag, Pilihan yang Aman dan Berkhasiat

Meskipun obat maag dapat menjadi solusi pertama, selektivitas dalam memilih asupan harian juga memainkan peran penting dalam meredakan gejala sakit maag.

Baca Selengkapnya
Tips Mudah Kurangi Lemak pada Sup Daging, Cukup Pakai 1 Bahan Dapur
Tips Mudah Kurangi Lemak pada Sup Daging, Cukup Pakai 1 Bahan Dapur

Menghindari asupan makanan yang kaya lemak adalah langkah yang bijaksana untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah cara untuk mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Cara Mudah Turunkan Darah Tinggi, Cuma Konsumsi Minuman Enak
Cara Mudah Turunkan Darah Tinggi, Cuma Konsumsi Minuman Enak

Cara mudah menurunkan darah tinggi tak melulu bisa dilakukan dengan obat medis.

Baca Selengkapnya
13 Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan Tubuh & Begini Cara Mengolah yang Tepat
13 Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan Tubuh & Begini Cara Mengolah yang Tepat

Daun binahong memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut manfaat daun binahong dan cara mengolahnya yang tepat.

Baca Selengkapnya
Manfaat Kesehatan Pisang dan Tips Mengkonsumsinya
Manfaat Kesehatan Pisang dan Tips Mengkonsumsinya

Pisang adalah buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak apa aja manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
5 Cara Membuat Minuman Jahe untuk Menurunkan Berat Badan, Mudah Dilakukan
5 Cara Membuat Minuman Jahe untuk Menurunkan Berat Badan, Mudah Dilakukan

Ada beragam cara membuat minuman jahe untuk menurunkan berat badan yang bisa dicoba dibuat di rumah.

Baca Selengkapnya