5 Penyebab Jerawat di Pipi, Sarung Bantal Kotor hingga Stres Berlebih

Sabtu, 23 Mei 2020 12:03 Reporter : Ayu Isti Prabandari
5 Penyebab Jerawat di Pipi, Sarung Bantal Kotor hingga Stres Berlebih Ilustrasi jerawat. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Vladimir Gjorgiev

Merdeka.com - Jerawat memang menjadi salah satu gangguan kesehatan kulit yang sering dialami oleh sebagian besar orang, baik laki-laki maupun perempuan. Jerawat ini dapat muncul di bagian tubuh mana saja.

Mulai dari wajah, dada, hingga bagian punggung. Namun dapat dikatakan, wajah menjadi bagian tubuh yang paling sering muncul jerawat.

Jerawat pada area wajah pun dapat muncul di setiap bagian. Mulai dari dahi, dagu, hidung, hingga pipi. Jerawat yang muncul di setiap bagian tersebut sama-sama mengganggu.

Namun jika dilihat dari letakkan, jerawat yang tumbuh pada bagian pipi akan lebih terlihat jelas dibandingkan bagian wajah lainnya.

Bukan tanpa alasan, sebab pipi memang menjadi bagian wajah yang paling lebar dibandingkan yang lain. Tidak heran jika jerawat yang tumbuh di pipi menjadi terlihat lebih jelas.

Apalagi, jika jerawat yang tumbuh lebih dari satu dan cenderung berkelompok. Tentu hal tersebut cukup mengganggu penampilan.

Bahkan sebagian orang bisa kehilangan rasa percaya diri akibat jerawat yang tumbuh dan terlihat jelas di bagian pipi. Tidak heran jika sebagian kaum perempuan akan menyamarkan jerawat di bagian pipi dengan menggunakan riasan make up.

Jerawat yang muncul pada bagian pipi bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari kebersihan diri dan lingkungan yang tidak dijaga dengan baik hingga pikiran stres yang berlebih.

Bagi Anda yang mengalami masalah ini, sebaiknya menyimak beberapa penyebab jerawat di pipi berikut. Penjelasan berikut bisa membantu Anda untuk melakukan pencegahan agar jerawat tak lagi muncul di pipi.

Dilansir dari situs Alodokter, berikut kami telah merangkum beberapa penyebab jerawat di pipi yang perlu diketahui.

1 dari 5 halaman

Sarung Bantal dan Sprei yang Kotor

011 tantri setyorini

©Pixabay

Penyebab jerawat di pipi yang pertama bisa datang dari penggunaan sarung batal atau sprei yang kotor. Sel-sel kulit mati, kotoran, dan sisa make up yang masih tersisa dapat dengan mudah menempel pada sarung bantal dan sprei.

Jika tidak segera diganti, maka kotoran akan menumpuk lebih banyak sehingga dapat menempel di kulit bagian pipi dan menyumbat pori-pori. Semakin lama pori-pori wajah yang tersumbat oleh tumpukan kotoran tersebut akan mengakibatkan infeksi dan peradangan sehingga muncul jerawat.

Dengan begitu, cara mudah untuk mencegah jerawat di pipi adalah rutin membersihkan wajah sebelum tidur. Hal ini dapat menghindarkan dari sisa-sisa make up atau kotoran yang masih menempel pada wajah.

Selain itu, Anda juga perlu rutin mengganti sarung bantal dan sprei beberapa hari atau seminggu sekali. Dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, maka risiko terjadinya jerawat pun bisa diminimalisir.

2 dari 5 halaman

Salah Memilih Produk Make Up

ilustrasi make up

©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Alena Ozerova

Penyebab jerawat di pipi selanjutnya juga bisa berasal dari salah memilih produk make up. Dapat dikatakan, make up menjadi suatu hobi dan sering dilakukan oleh sebagian besar kaum perempuan.

Baik setiap pergi ke suatu acara atau kegiatan, maupun make up sehari-hari yang dipakai di rumah. Tidak jarang menggunakan make up bisa memberikan kepuasan tersendiri maupun menambah percaya diri bagi sebagian orang.

Namun sayangnya penggunaan make up yang tidak sesuai dengan jenis atau kondisi kulit justru akan memunculkan masalah jerawat di wajah, terutama di bagian pipi. Oleh karena itu, akan lebih baik jika berhati-hati dalam memilih produk make up yang digunakan.

Khususnya bagi yang mempunyai jenis kulit berminyak, sebaiknya menghindari produk make up yang mengandung minyak. Selain itu, untuk lebih aman Anda bisa memilih produk make up yang berlabel non-comedogenic, yaitu produk yang tidak menimbulkan komedo jerawat jika digunakan.

3 dari 5 halaman

Kontaminasi dari Ponsel yang Tidak Bersih

012 indra cahya

©2016 Merdeka.com

Penyebab jerawat di pipi yang tidak boleh disepelekan selanjutnya adalah penggunaan ponsel atau smartphone yang tidak bersih. Smartphone merupakan salah satu benda yang sering kali dipegang atau kontak dengan permukaan benda lainnya. Dengan begitu, dapat dikatakan smartphone menjadi tempat favorit berkumpulnya segala bakteri atau kotoran.

Jika tidak dibersihkan, maka bakteri dan kotoran yang menumpuk di permukaan ponsel tersebut akan mengenai bagian wajah, terutama saat digunakan untuk menelepon. Bakteri dan kotoran inilah yang kemudian menyebabkan peradangan dan infeksi jerawat di bagian pipi.

Dengan begitu, akan lebih baik rutin membersihkan permukaan ponsel dari segala bakteri dan kotoran yang menempel. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah timbulnya jerawat di pipi dengan baik.

4 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan dan Minuman Sembarangan

ilustrasi donat

©Pixabay/Browe

Konsumsi makanan dan minuman sembarang juga termasuk salah satu penyebab jerawat di pipi. Dalam hal ini, konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, pasta menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat di bagian wajah, termasuk pipi.

Bukan hanya itu, konsumsi minuman berkafein seperti kopi, minuman bersoda, dan minuman manis lainnya juga dapat menyebabkan infeksi atau peradangan jerawat.

Bukan tanpa alasan, konsumsi makanan dan minuman tersebut dapat meningkatkan hormon androgen di dalam tubuh menjadi lebih aktif. Akibatnya sel-sel kulit akan tumbuh lebih cepat begitu pula dengan produksi sebum yang semakin meningkat.

Hal itulah yang membuat jerawat lebih mudah muncul. Dengan begitu, sebaiknya perhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Hindari makanan dan minuman yang berisiko meningkatkan tumbuhnya jerawat di wajah.

5 dari 5 halaman

Stres Berlebih

012 tantri setyorini

©Ilustrasi stres

Penyebab jerawat di pipi yang terakhir bisa berupa pikiran stres berlebih. Saat mengalami kondisi stres, hormon di dalam tubuh pun akan mengalami perubahan. Perubahan hormon ini sangat berpengaruh pada munculnya jerawat di pipi maupun di bagian wajah atau tubuh lainnya.

Oleh karena itu, usahakan untuk mengontrol pikiran dengan baik. Hindari hal-hal yang bisa memicu stres berlebih. Selain itu, lakukan kegiatan positif yang Anda sukai. Serta usahakan untuk beristirahat dengan cukup. Beberapa cara ini dinilai efektif untuk mengurangi perasaan stres.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini