5 Penyebab Jantung Berdebar pada Ibu Hamil, Begini Cara Mengatasinya

Rabu, 18 November 2020 14:45 Reporter : Jevi Nugraha
5 Penyebab Jantung Berdebar pada Ibu Hamil, Begini Cara Mengatasinya Ilustrasi ibu hamil. ©Shutterstock/Vorotylin Roman

Merdeka.com - Jantung merupakan salah satu organ vital yang dimiliki manusia. Fungsi jantung yang paling utama ialah memompa darah ke seluruh tubuh dan membawa nutrisi serta oksigen yang dibutuhkan oleh organ-organ tubuh. Dalam kondisi tertentu, terkadang jantung berdenyut terlalu cepat dan tidak beraturan, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Jantung berdebar atau biasa disebut sebagai palpitasi adalah kondisi saat jantung berdegup cepat dan kencang. Kondisi ini umumnya ditandai dengan beberapa gejala seperti pusing dan sesak di dada. Dalam beberapa kasus, jantung yang sering berdebar dengan cepat dan kencang dapat menjadi pertanda ada masalah di jantung.

Melansir dari Medical News Today, detak jantung pada orang dewasa bisa berkisar antara 50-100 bpm, tergantung pada usia dan kondisi kesehatan. Ketika tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen, maka biasanya jantung akan memompa darah lebih cepat. Kondisi inilah yang terkadang membuat jantung berdegup kencang dan tak beraturan.

Salah satu kelompok rentan yang kerap mengalami detak jantung berdebar kencang adalah ibu hamil. Pertambahan volume darah dan perubahan pada pembuluh darah membuat jantung harus bekerja lebuh cepat untuk mengalirkan darah tersebut. Kondisi inilah yang kerap menyebabkan jantung ibu hamil berdebar kencang.

Lantas, apa saja penyebab jantung berdebar pada ibu hamil? Simak ulasannya yang dilansir Medical News Today berikut ini:

Baca Selanjutnya: Penyebab Jantung Berdebar pada Ibu...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini