Wagub DKI Ungkap Holywings Tak Punya Izin Bar, Termasuk Minum Alkohol di Tempat

Rabu, 29 Juni 2022 12:40 Reporter : Rahmat Baihaqi
Wagub DKI Ungkap Holywings Tak Punya Izin Bar, Termasuk Minum Alkohol di Tempat Pemprov DKI tutup Holywings. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria memaparkan belum adanya izin bar. Sehingga untuk aktivitas minum alkohol di tempat, tidak diperbolehkan.

"Memang ditemukan ada sertifikasi izin yang belum memenuhi, di antaranya disebabkan karena sertifikasi operasional bar belum diizinkan," ungkap Wakil Gubernur Riza di Jakarta, Rabu (29/6).

Dia melanjutkan, izin lain yang belum ada adalah konsumsi minuman alkohol di tempat. Lantaran belum adanya izin itu, Holywings tidak diizinkan adanya aktivitas minum alkohol.

"Yang ada baru penggunaan minuman alkohol dibawa pulang. Jadi belum bisa digunakan di tempat tersebut," sambungnya.

Menurut Riza, kedua pelanggaran tersebut sering ditemukan di Holywing. Sehingga ada pencabutan izin atas dasar rekomendasi tersebut berdasarkan perundangan undangan cipta kerja.

2 dari 2 halaman

Holywings Bikin Iri

Sebelumnya, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta menyebutkan dugaan penyimpangan izin oleh grup usaha Holywings berdampak terhadap penerimaan daerah, khususnya dari sektor pajak.

"Itu ada implikasi pajak dan lain-lain tapi intinya bahwa Pemda DKI terus mendorong kemudahan berusaha," kata Kepala DPMPTSP DKI Benni Aguscandra usai menghadiri seminar ekonomi bisnis DKI 2022 di Jakarta, Selasa (28/6).

Namun, Benni tidak membeberkan berapa dampak kerugian yang timbulkan akibat penyimpangan izin usaha yang dilakukan oleh tempat usaha tersebut.

Sementara itu, dalam kesempatan terpisah Asosiasi Pengusaha Hiburan DKI Jakarta Hana Suryani mengatakan Holywings tidak masuk anggota asosiasi. Meski begitu, lanjut dia, selama ini pengenaan pajak kepada usaha tersebut diketahui pajak restoran, namun operasionalnya juga meliputi hiburan.

"Karena pajak Holywings itu restoran. Itu yang akhirnya bikin usaha-usaha hiburan lain cemburu. Jadi, kenapa praktiknya hiburan tapi kok pajak restoran? Makanya dia bisa jualan semurah itu. Alkohol saja gratis. Kalau kami, di hiburan alkohol mahal, 25 persen," ucapnya. [noe]

Baca juga:
Holywings Kota Bekasi Disegel Satpol PP karena Pelanggaran Berlapis
Penjelasan Wagub DKI Soal Kemungkinan Holywings Beroperasi Kembali
Pemprov DKI Janji Cari Solusi Nasib Karyawan Terdampak Penutupan 12 Outlet Holywings
Tiga Outlet Holywings di Tangerang Dicabut Izin Usahanya Demi Ketertiban Umum

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini