Wagub DKI Harap Kolam Olakan Air Mampu Atasi Puncak Musim Hujan

Rabu, 27 Januari 2021 18:12 Reporter : Yunita Amalia
Wagub DKI Harap Kolam Olakan Air Mampu Atasi Puncak Musim Hujan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. ©2020 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau kolam olakan air yang dikerjakan Dinas Sumber Daya Air, Jalan Boulevard Raya Gading, Jakarta Utara. Peninjauan itu untuk memastikan kesiapan Pemerintah Provinsi DKI menghadapi puncak musim hujan.

"Dengan cara membuat olakan-olakan dengan kita tampung seperti ini di Kelapa Gading ini, di bawah LRT ini, ada 11 olakan yang kita buat. Kemudian nanti disalurkan ke sungai, dan diteruskan ke laut," ujar Riza, Rabu (27/1).

Riza mengatakan pembuatan kolam olakan air telah dilakukan di beberapa wilayah. Ia menambahkan bahwa berbagai upaya pengendalian dampak musim hujan yang tengah dilakukan oleh Pemprov DKI membuahkan hasil baik. Dengan demikian, diharapkan seluruh wilayah Jakarta akan aman selama musim hujan.

"Alhamdulillah sampai hari ini kita masih bersyukur bisa mengendalikan banjir, yang seharusnya melihat dari debit curah hujan yang tinggi dalam beberapa minggu ini di Jakarta sudah banjir sebagaimana tahun tahun sebelumnya, karena berbagai upaya memberikan hasil yang cukup baik," terangnya.

Ia menambahkan Pemprov DKI juga terus melakukan berbagai upaya pengendalian banjir antara lain kegiatan gerebek lumpur atau peningkatkan intensitas pengerukan lumpur guna meningkatkan daya tampung sungai, waduk, situ atau embung dengan melakukan pengerukan sedimen lumpur secara massal.

Program gerebek lumpur, dikatakan Riza, akan ditingkatkan yang semula dalam sehari 8 jam menjadi 16 jam.

'Mudah-mudah dengan demikian kita bisa memiliki kemampuan daya tampung lebih tinggi," ucapnya.

Di samping itu, imbuhnya, Pemprov DKI Jakarta juga melakukan terobosan lainnya dalam pengendalian banjir di Ibu Kota, seperti membuat sodetan kali/sungai.

Dalam kesempatan ini, Riza turut mengajak masyarakat Jakarta untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dalam upaya pengendalian banjir.

[eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini