Soal Pencopotan Baliho Rizieq, Riza Patria Ingatkan Jakarta Harus Dijaga

Jumat, 20 November 2020 16:33 Reporter : Yunita Amalia
Soal Pencopotan Baliho Rizieq, Riza Patria Ingatkan Jakarta Harus Dijaga Pencopotan Baliho Habib Rezieq di Kawasan Petamburan. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan pihaknya akan secara tegas menertibkan pemasangan baliho ataupun reklame jika tidak sesuai aturan dan ketentuan. Pernyataan tersebut menanggapi penurunan baliho bergambar pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab oleh anggota TNI dibantu Satpol PP.

Politikus Gerindra itu mengatakan, penurunan baliho oleh Satpol PP untuk menertibkan tata ruang Jakarta. Lagipula, imbuhnya, penurunan baliho oleh Pemprov DKI melalui Satpol PP tidak hanya kali ini saja dan hanya menyasar baliho Rizieq.

"Itu sudah kewajiban satpol PP menjaga ketenteraman, kenyamanan, dan ketertiban. Jadi Jakarta ini harus dijaga indah. Jangankan baliho, bendara atau spanduk, reklame saja yang besar yang kuat, kalau ditemukan tidak sesuai dengan peruntukannya pasti diturunkan," ujar Riza di Balai Kota, Jumat (20/11).

Di singgung mengenai keterlibatan TNI dalam menurunkan baliho bergambar Rizieq Syihab, Riza menolak berkomentar lebih. Hanya saja ia mengatakan hal tersebut mengacu terhadap aturan masing-masing institusi.

"Ada yang menjadi kewenangan TNI, kewenangan Polri dan ada jadi kewenangan Pemprov atau Satpol PP. Tugas satpol PP itu membantu menertibkan menegakkan melaksanakan Perda," katanya.

"Kalau TNI punya aturan sendiri, Polri ada undang-undang yang mengatur. Kalau satpol PP tugasnya menertibkan sesuai peruuan dan Perda yang ada terkait spanduk baliho bendera umbul-umbul itu diatur titik-titiknya, berapa lama itu juga reklame yang lain-lain semua ada aturan," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Kepala Satuan Polisi Pamong Praja...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini