Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan JIS saat Iduladha, Ini Ruas Jalan Ditutup

Sabtu, 9 Juli 2022 20:18 Reporter : Supriatin
Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan JIS saat Iduladha, Ini Ruas Jalan Ditutup Gubernur DKI Anies Baswedan Salat Idulfitri di JIS. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merekayasa arus lalu lintas serta menyiapkan transportasi publik dari dan menuju Jakarta International Stadium (JIS) saat pelaksanaan salat Iduladha 1443 Hijriah pada Minggu (10/7) besok.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya menerapkan pembatasan arus lalu lintas umum menuju JIS mulai pukul 04.30 sampai 10.00 WIB.

"Kendaraan yang boleh melintas adalah angkutan umum, jemaah salat Id dan warga yang tinggal di sekitar JIS," kata Syafrin di Jakarta, Sabtu (9/7).

Ada tiga lokasi yang akan ditutup sementara imbas rekayasa lalu lintas tersebut. Rinciannya, simpang perlintasan bidang kereta api (KA) di Jl Sunter Permai Raya-Jl RE Martadinata, simpang Jl Sunter Permai Raya-Jl Bisma Raya, dan simpang Jl Danau Sunter Barat-Jl Danau Sunter Utara.

DKI Jakarta telah menyiapkan rute kedatangan atau kepulangan di JIS serta mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk maupun keluar. Kemudian drop off transportasi publik demi kemudahan serta kenyamanan mobilitas masyarakat.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan bingung, kami sudah menyiapkan petugas untuk pengaturan parkir dan 'drop off', baik di dalam stadion ataupun di luar stadion," katanya.

Jika parkir di lokasi penuh, maka warga diimbau mengikuti petunjuk petugas di lapangan demi kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan bersama. "Dimohon juga untuk tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama," kata Syafrin.

2 dari 2 halaman

Warga Diimbau Gunakan Transportasi Umum

Ada delapan kantong parkir yang dapat digunakan di dalam JIS dan sekitar JIS, yakni dalam stadion, parkir timur 1 JIS, parkir timur 2 JIS, parkir sepeda ramp timur, ITF, Taman BMW, Rukan Nusantara dan parkir sepeda motor ramp barat. Di lokasi-lokasi parkir tersebut tidak disediakan shuttle bus menuju JIS dan sebaliknya (PP) karena jarak ke lokasi salat cukup dekat.

Selanjutnya, ada lima kantong parkir di sekitar JIS yang dilayani dengan shuttle bus sekolah, yaitu di RSPI Soeroso, Universitas 17 Agustus 45, Graha YKI, D’Arcici Hotel dan Ruko Sunter Nirwana.

Selain itu, disiapkan lokasi parkir yang bersifat opsional (tambahan) yang dilayani TransJakarta, yakni di Ancol Karnaval dan C3 (belakang rusun Bandar Kemayoran) yang beroperasi pukul 04.30-10.00 WIB. Penjemputan kepulangan jemaah dilakukan melalui Zona Selatan JIS (Pintu 5).

Diharapkan masyarakat menyesuaikan waktu perjalanan agar bisa sampai di lokasi tepat waktu. "Syarat yang sama juga berlaku setelah acara selesai untuk kembali ke lokasi-lokasi parkir," kata Syafrin.

Syafrin menyebutkan, lokasi-lokasi parkir tersebut memiliki daya tampung kendaraan yang terbatas. Untuk itu, Pemprov DKI mengimbau kepada masyarakat yang ingin salat Iduladha di JIS menggunakan transportasi umum.

Untuk melayani jemaah salat Iduladha, TransJakarta mengoperasikan armada bus layanan reguler menuju JIS dari lokasi keberangkatan sejak pukul 05.00 WIB. Yakni:
1. TransJakarta JIS 014 (Senen-JIS)
2. TransJakarta JIS 003 (Harmoni-JIS)
3. Non BRT 10K (Tanjung Priok-Senen via Taman BMW)
4. JAK 77 (Tanjung Priok-Jembatan Hitam).

Pemprov DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat yang tidak memiliki kepentingan di sekitar JIS untuk menghindari kawasan tersebut pada saat pembatasan berlangsung.

"Namun bagi masyarakat yang harus menjalankan aktivitasnya di sekitar JIS untuk dapat memilih jalan alternatif lain," katanya dilansir dari Antara.

[eko]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini