Komplotan Perampok Minimarket di Jakarta dan Jabar Dibekuk

Rabu, 16 September 2020 22:35 Reporter : Bachtiarudin Alam
Komplotan Perampok Minimarket di Jakarta dan Jabar Dibekuk Pencurian. ©shutterstock

Merdeka.com - Polda Metro Jaya menangkap empat pelaku perampokan minimarket yang kerap beraksi di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Keempat pelaku, berinisial RN, PMH, JF dan MD ditangkap di dua lokasi berbeda, yakni Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat dan Pangkalan 12, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, pada pekan lalu.

"Mereka sudah melakukan empat kali di Jakarta, dan tujuh kali di Kawasan Jawa Barat. Tapi saat ini kami masih dalami lagi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Yusri Yunus, saat konferensi pers yang disiarkan secara daring, Rabu (16/9).

Yusri menjelaskan, keempat pelaku memiliki peran berbeda saat beraksi. Pelaku RN sebagai otak perampokan, sedangkan PMH dan JF sebagai pemantau saat beraksi di titik lokasi yang ditentukan, sedangkan MD sebagai sopir sekaligus mengawasi dari luar.

"Modusnya dia sebagai pembeli saat sepi itulah mereka mulai beraksi, caranya dengan menodongkan senjata api dan senjata tajam, lalu memaksa kasir ke ruang brankas untuk membuka isi brankas mengambil hasilnya," terangnya.

Lebih lanjut, Yusri mengungkapkan selama beraksi total uang yang digasak pelaku Rp10 juta yang didapat dari empat lokasi minimarket berbeda di wilayah sekitar Jakarta.

Lokasi pertama pada 25 Agustus di minimarket daerah Bekasi, kemudian 27 Agustus dalam tanggal yang sama di minimarket daerah Cibitung dan Cijengkol Bekasi, dan kejadian setelahnya ada di minimarket daerah Tambun Bekasi.

"Itu yang diakui, tetapi kita masih dalami, karena ini khusus untuk 7 minimarket di luar Jakarta kita masih koordinasi dengan Polda Jabar dan Polres di Kabupaten setempat, apakah kemungkinan ada lagi tempat lain," jelasnya.

Dari penangkapan keempat pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa tiga unit mobil, pisau sangkur, senpi, dan beberapa pakaian pelaku saat beraksi. Para pelaku dikenakan pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan yang ancaman sembilan tahun penjara. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Perampokan Minimarket
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini