Kebakaran Kerap Melanda Jakarta, Pemprov DKI Sarankan Warga Gunakan Kabel Standar

Rabu, 10 Juli 2019 19:00 Reporter : Merdeka
Kebakaran Kerap Melanda Jakarta, Pemprov DKI Sarankan Warga Gunakan Kabel Standar Kebakaran di Manggarai. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kebakaran kerap melanda beberapa lokasi di Jakarta belakangan ini, terutama di lokasi padat penduduk. Salah satunya baru saja terjadi di Manggarai, Jakarta pada hari ini, Rabu (10/7/2019) sekitar pukul 10.55 WIB.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah mengatakan, pihak pemadam kebakaran (Damkar) sudah berusaha untuk mengimbau warga agar kebakaran dapat dicegah.

"Kemarin dari Damkar udah diintruksikan untuk melakukan tindakan preventif, tindakan pencegahan. Ya gunakan kabel yang standar, jangan kabel yang gak standar, nanti dia panas bisa nimbulkan arus pendek. Banyak terjadi dari situ," ujarnya di Balai Kota, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Dia melanjutkan, warga sebaiknya juga mematikan alat elektronik yang menggunakan listrik jika tidak diperlukan. Lalu, anak-anak pun harus diedukasi agar tidak bermain dengan api. Meski begitu, Saefullah mengaku bahwa penyebab kebakaran paling banyak ialah karena arus pendek listrik.

"Karena kabelnya bukan kabel standar, jadi panas," tuturnya.

Saefullah menambahkan, kebakaran yang terjadi selama ini juga telah cepat ditangani. Semua penanganan dilakukan berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Saya rasa SOP kita udah jelas, kalau ada kebakaran langsung SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) kita turun ke lapangan. Apa yang harus diperbuat udah tau semua," dia mengakhiri. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran Jakarta
  2. Pemprov DKI
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini