Kapolda Metro Jaya Ingatkan Kapolsek: Jangan Beri Komando dari Kamar

Selasa, 24 Mei 2022 14:30 Reporter : Merdeka
Kapolda Metro Jaya Ingatkan Kapolsek: Jangan Beri Komando dari Kamar Arahan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Instagram/@kapoldametrojaya ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran meminta Kapolsek turun langsung memantau situasi di lingkungan masing-masing. Menurutnya, itu menjadi salah satu cara mencegah dan mengatasi persoalan-persoalan sosial di masyarakat.

Dia mengatakan, Kapolsek janganlah menjadi panglima komando dalam kamar atau singkatnya Pangkodamar.

"Anda melakukan pengecekan, anda mengumpulkan fakta, tidak mungkin anda berhasil kalo anda memimpin dari dalam kamar, pangkodamar, panglima komando dari dalam kamar, tidak mungkin," katanya di Polda Metro Jaya, Selasa (24/5).

2 dari 2 halaman

Fadil memimpin langsung pelantikan 28 Kapolsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Fadil mengatakan, aparat kepolisian dalam mengambil kebijakan harus berbasis sains. Adapun dasarnya adalah fakta.

"Anda harus turun ke lapangan, melihat dengan mata kepala sendiri, merasakan sendiri persoalan-persoalan sosial, kejahatan, kamtibmas yang dialami oleh masyarakat. Dari situ pola pikir, analisa dan tentu langkah-langkah respon yang harus anda kerjakan akan semakin tajam," ujarnya.

Dia mencontohkan, misalnya ada fenomena tawuran yang melibatkan pelajar. Menurutnya, pendekatan penegakan hukum yang dilakukan bukanlah solusi.

"Ada tawuran? Tangkap saja, masukin penjara. Percayalah saudara-saudara, ini tidak menyelesaikan masalah," ungkapnya.

Fadil justru lebih menitikberatkan pada pencegahan. Ada misalnya, program Ada Polisi, Police goes to school, Kampung Tangguh Jaya, dan segala tindakan-tindakan yang bersifat partisipatif dengan melibatkan dalam menyelesaikan sebuah persoalan.

"Anda turut memotret kelompoknya, memotret anggotanya, mendata latar belakang keluarganya. Lalu bersama anggota tokoh masyarakat bersama dengan guru dan orangtuanya. Lakukan dengan kontrol sosial, agar anak ini kemudian tidak membangun sebuah kelompok yang akan berkembang menjadi kelompok kriminal," tutupnya.

Reporter: Ady Anugrahadi/Liputan6.com [fik]

Baca juga:
Kapolda Metro Lantik 28 Kapolsek, 8 di Antaranya Polwan
Pengendara Dicekik dan Ditampar di Tol Tomang Laporkan Pengemudi Pajero
Bangunan Roboh Timpa Warga di Cengkareng, Empat Orang Luka
Car Free Day Jakarta Dibuka Lagi Besok, Polisi: Hanya Olahraga, PKL Dilarang
Catat, Ini Lokasi Car Free Day Mulai Pukul 6 hingga 10 Pagi Ini
Polda Metro Siapkan Pengamanan Aksi Demo 21 Mei

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini