Kamera e-TLE Paling Efektif Tindak Pengendara Langgar Aturan Ganjil Genap

Selasa, 3 September 2019 23:44 Reporter : Hari Ariyanti
Kamera e-TLE Paling Efektif Tindak Pengendara Langgar Aturan Ganjil Genap Sosialisasi Perluasan Ganjil Genap di jalan Pramuka. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengungkapkan, kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) dinilai paling efektif untuk memantau pengendara yang melanggar aturan ganjil genap. Pemprov DKI Jakarta akan mulai menerapkan perluasan ganjil genap pada pekan depan, 9 September 2019 di 25 ruas jalan.

Yusuf mengatakan sistem ganjil genap yang berjalan selama ini telah dievaluasi pihaknya. Dan hasilnya, penggunaan kamera tersebut dinilai paling efektif.

"Kepolisian mengevaluasi yang paling efektif dalam penindakan ganjil genap adalah dengan menggunakan kamera e-TLE. Itu efektif sekali," jelasnya di Kampus Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (3/9).

Dengan menggunakan kamera ini, ketertiban pengendara bisa dipantau. Tak hanya kepatuhan mengikuti aturan ganjil genap, tapi juga pengendara yang menggunakan ponsel sambil menyetir atau tak menggunakan sabuk pengaman juga bisa terpantau. Kamera ini juga bisa menembus langsung ke kaca mobil pengendara.

"Bahkan sekarang langsung muncul tembus ke kacanya dan mudahan bulan 9 (September) atau bulan 10 (Oktober) ini ada penambahan lagi kamera di beberapa tempat dan tahun depan akan saya tambah lagi fiturnya," jelasnya.

Fitur terbaru ini, lanjut Yusuf, bisa langsung mengenali wajah pengendara atau fitur face recognition. Fitur ini terkoneksi dengan data SIM di kepolisian, namun ini dikhususkan bagi pengendara yang berdomisili di Jakarta.

"Jadi wajahnya yang ada di biometrik SIM itu kita connect dengan yang ada di kamera e-TLE, yang muncul langsung wajahnya kelihatan," jelasnya. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Ganjil Genap
  2. E Tilang
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini