DPRD DKI Pesimis Pemprov Beri Izin Penggunaan JIS untuk May Day

Jumat, 22 April 2022 15:35 Reporter : Yunita Amalia
DPRD DKI Pesimis Pemprov Beri Izin Penggunaan JIS untuk May Day Warna-Warni Lampu Jakarta International Stadium. ©2022 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik pesimis Pemprov akan memberikan izin kepada buruh untuk memperingati May Day di Jakarta International Stadium (JIS) Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sebab, hari buruh atau disebut May Day jatuh pada Mei, sedangkan JIS masih belum diresmikan.

"Bulan Mei JIS belum diresmikan, sebelum diresmikan saya rasa enggak ya, kan belum diresmikan," katanya, Jumat (22/4).

Sebab, sebagaimana ketentuan dan alur sebuah gedung atau tempat dijadikan sebagai lokasi dengan masa besar, calon penyewa atau masyarakat umum harus mengikuti peraturan manajemen.

Selain itu, Taufik meyakini manajemen akan sangat ketat menyeleksi izin penggunaan JIS di luar agenda olahraga, kesenian, atau sektor kreatif lainnya.

Jika hanya sebatas deklarasi, dia menilai hal itu dapat dilakukan di mana saja, tanpa harus memaksakan diri di JIS.

"Soal deklarasi di mana saja bisa. Masalahnya, ketentuan JIS-nya membolehkan atau tidak? Itu harus kita pelajari dulu," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Meski sudah dilakukan soft launching, Pemprov DKI belum meresmikan JIS dalam acara peresmian formal. Taufik menilai, peresmian secara formal akan dilakukan bertepatan dengan ulang tahun Jakarta pada Juni.

"Sekitar bulan awal Juni mungkin sebagai hadiah ulang tahun Jakarta," tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyatakan, pihaknya akan memperingati Hari Buruh yang digeser pada 14 Mei 2022. Pergeseran itu karena pada 1 Mei bertepatan rangkaian Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Menurut dia, akan ada dua opsi lokasi peringatan, yakni di Senayan atau di JIS. Di dua opsi lokasi itu, pihaknya berencana melakukan deklarasi perjuangan buruh oleh Partai Buruh dan gerakan buruh Indonesia.

Ia mengungkapkan sekitar 100 ribu lebih buruh se-Jabodetabek akan melakukan aksi di DPR RI. Selanjutnya akan ke Istora Senayan atau JIS.

Buruh akan menuntut sejumlah hal di antaranya menurunkan harga kebutuhan pokok, tolak upah murah dan sistem alih daya (outsourcing).

Baca juga:
DPRD DKI Minta Pembatasan Operasional Kendaraan Berat di Sekitar JIS
Pemprov DKI Kaji Usulan Peringatan Hari Buruh di Jakarta International Stadium
Sambut Idulfitri, Pemprov DKI Gelar Kreasi Beduk di Jakarta International Stadium
Ingatkan Janji Politik Anies, Gerindra: JIS Harus Jadi Stadion Kandang Persija
Anies Baswedan Bakal Salat Idulfitri di Jakarta International Stadium
Anies Pastikan Persija akan Main di JIS dan 'Bepe' jadi Penendang Awal

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini