Butuh Rp 4,5 T untuk Stadion BMW, DPRD DKI baru setujui Rp 400 M

Senin, 26 November 2018 19:19 Reporter : Merdeka
Butuh Rp 4,5 T untuk Stadion BMW, DPRD DKI baru setujui Rp 400 M Stadion BMW. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - DPRD DKI menyetujui anggaran awal pembangunan Stadion BMW senilai Rp 400 miliar. Program stadion untuk Persija Jakarta ini salah satu janji kampanye Anies Baswedan dan Sandiaga Uno saat Pilgub DKI 2017.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menjadi pihak yang menggarap proyek itu. Awalnya diajukan Rp 1,6 triliun, tapi hanya disetujui sebesar Rp 400 miliar.

"Dari yang akan kita ajukan, stadion yang rencananya Rp 1,6 triliun untuk 2019, kita mulai dengan Rp 400 miliar untuk penyiapan lahan dan skemanya Public Private Partnership (PPP)," kata Dirut Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto saat rapat banggar di DPRD DKI, Senin (26/11).

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik menyebut, dana sebesar itu tidak cukup untuk membangun stadion besar untuk Persija.

"Dikasih duit besar enggak mau. Saya kalau sudah ada gambar, mestinya sudah mulai di situ. Kalau belum mulai, nanti kertas lagi. Rp 400 miliar mau bikin apa?" kata Taufik.

Sementara Dwi mengakui, pembangunan stadion memang memerlukan biaya yang jauh lebih besar. Namun, saat ini Jakpro tengah menyiapkan segala dokumen yang diperlukan untuk proses tender.

"Sebetulnya kalau stadion BMW kurang lebih nilai invest Rp 4,5 triliun bangun 3 tahun sampai 2021. Kita juga akan siapkan semua dokumen-dokumen untuk proses tender," jelas Dwi.

Anggota banggar akhirnya menyetujui anggaran pembangunan stadion BMW di tahun pertama sebesar Rp 400 miliar.

Total Penyertaan Modal Daerah (PMD) Jakpro 2019 yang disetujui DPRD DKI sebesar Rp 700 M, yang terdiri dari Rp 400 M untuk pembangunan Stadion BMW, Rp 200 M untuk revitalisasi TIM, Rp 100 M untuk pembebasan lahan DP 0. Sedangkan anggaran yang dicoret DPRD adalah pembelian lahan eks Kedubes Inggris Rp 500 M. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini