Arus Balik, Pemeriksaan Swab Antigen Acak Dilakukan di Sejumlah Pintu Masuk Jakarta

Jumat, 14 Mei 2021 11:05 Reporter : Merdeka
Arus Balik, Pemeriksaan Swab Antigen Acak Dilakukan di Sejumlah Pintu Masuk Jakarta Rapid tes antigen acak untuk wisatawan Puncak. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, bila pemeriksaan kesehatan atau skrining akan dilakukan di sejumlah pintu menuju Jakarta. Yakni untuk para pemudik yang kembali ke Ibu Kota.

Hal tersebut disampaikan Anies usai rapat koordinasi dengan Forkompinda DKI Jakarta.

"Pertama adalah melakukan skrining di pintu-pintu masuk menuju Jakarta, Jabodetabek," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (14/5).

Dia mengungkapkan, untuk skrining kendaraan pribadi akan dilakukan secara acak atau random. Selain itu pemeriksaan itu juga akan dilakukan pada transportasi umum. Mulai dari bus, kereta, hingga kapal laut. Pemeriksaan acak dilakukan dengan tes swab antigen.

"Emang udah dilakukan random skrining antigen sebelum berangkat. Sehingga kita bisa deteksi secara lebih baik jika ada warga yang masuk kawasan Jakarta dan bergejala dan berpotensi bawa Covid," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021. Lalu, Pemerintah provinsi DKI Jakarta menerapkan aturan surat izin keluar masuk (SIKM).

Kebijakan itu berdasarkan Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 569 Tahun 2021 tentang Prosedur Pemberian SIKM Selama Masa Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri 2021.

Dalam Kepgub tersebut juga dijelaskan terdapat empat kategori perjalanan yang diperbolehkan mengantongi SIKM.

Yakni alasan kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga yang meninggal, ibu hamil, pendampingan ibu hamil, dan pendampingan persalinan.

Reporter:Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini