Anies Mengaku Jalur Sepeda Dibuat Terinspirasi Kalimat Satire Kaos Pesepeda

Sabtu, 30 November 2019 11:32 Reporter : Merdeka
Anies Mengaku Jalur Sepeda Dibuat Terinspirasi Kalimat Satire Kaos Pesepeda Anies bersepeda bareng Kapolda dan Pangdam. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Anies Rasyid Baswedan mengatakan, salah satu tantangan memimpin DKI Jakarta masalah transportasi. Salah satu pemecahnya menurut Anies dengan membuat jalur khusus sepeda.

Anies pun mengungkap inspirasi membuat jalur sepeda di DKI. Menurut mantan Mendikbud ini, inspirasi itu didapatnya ketika teringat bersepeda bersama dengan beberapa temannya. Saat itu kenang Anies, salah satu orang memakai kaos bertuliskan kalimat satire terkait kemacetan Jakarta.

"Kaos itu di belakang ada tulisan besar. Tulisannya begini 'Anda terjebak macet? Bukan Anda bikin macet', cerita Anies di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (30/11).

Anies pun berusaha memahami maksud dari kalimat tersebut. Dari kalimat satire itulah, kata Anies, dia mengampanyekan sepeda di Jakarta.

"Jadi dia ngirim pesan bukan terjebak macet sesungguhnya kita sama-sama buat macet. Kalau mau mengurangi kemacetan maka kita harus lebih banyak menggunakan kendaraan umum atau menggunakan sepeda," kata Anies.

1 dari 1 halaman

Target 100 Kilometer Jalur Sepeda di Jakarta

Anies mengaku ingin mengubah cara pandang masyarakat mengenai sepeda sebagai alat olahraga. Itulah sebabnya bersepeda memerlukan peralatan khusus baik baju sepatu, helm bahkan sepeda khusus.

"Konsekuensinya bersepeda jadi mahal. Karena itu yang kita dorong adalah bukan bersepeda sebagai olahraga saja tapi bersepeda dipandang sebagai kegiatan transportasi," ucap dia.

Anies mengatakan, saat ini jalur sepeda yang telah terbangun sepanjang 63 kilometer. Ia menargetkan 100 kilometer jalur sepeda di Jakarta.

"Kalau bapak-bapak mendukung Insya Allah lebih banyak lagi warga Jakarta menggunakan sepeda kalau itu terjadi maka bisa lebih sehat, interaksi lebih tinggi yang gak kalah penting membangun kesadaran untuk memanfaatkan ruang jalan bersama-sama. Jalan bukan hanya milik kendaraan bermotor tapi juga untuk kendaraan bebas emisi seperti sepeda," tutup dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono serta Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono menggowes sepeda bersama pada Sabtu (30/11). Adapun rute yang ditempuh 21 kilometer dari Kodam dan berakhir di Mapolda Metro Jaya. Acara ini digelar sebagai wujud solidaritas antara TNI dan Polri serta Forkompimda DKI Jakarta.

Reporter: Ady Anugrahadi [gil]

Baca juga:
Kapolda dan Pangdam Puji Jalur Sepeda di DKI usai Menggowes Bareng Anies
Dishub DKI Bolehkan Skuter Listrik di Jalur Sepeda, Kecuali Grabwheels
Hingga 14.30, 129 Kendaraan Ditilang Akibat Langgar Jalur Khusus Sepeda
Curhat Pengendara Sepeda di Jakarta
Rintangan Pesepeda di Jakarta, Transjakarta sampai Tutup Gorong-gorong

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini