Anies Berharap Tahun Ini Miliki Wagub

Senin, 22 Juli 2019 18:13 Reporter : Merdeka
Anies Berharap Tahun Ini Miliki Wagub Gubernur DKI Anies Baswedan menyambangi perayaan takbiran jelang Idul Fitri 2019 di Rusunawa KS Tubu. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan pemilihan wakil gubernur DKI pengganti Sandiaga Uno tidak molor hingga tahun 2020. Mengingat saat ini proses pemilihan wagub masih berjalan di DPRD DKI dan masa jabatan anggotanya berakhir pada Agustus 2019.

"Jangan tahun depan dong," kata Anies di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (22/7).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengungkapkan, pihaknya tak memiliki kewenangan dalam proses pemilihan tersebut.

"Terkait dengan wagub, gubernur tidak memiliki kewenangan sedikit pun. Undang-undangnya tidak sedikit pun memberikan kewenangan dan lain-lain pada gubernur," ucapnya.

Anies beralasan tugasnya yakni hanya menyerahkan dua nama yang telah disepakati oleh partai pengusung telah diserahkan ke DPRD.

"Tugas saya sudah ditunaikan begitu terima surat langsung saya antarkan. Jadi kita lihat saja semoga akan tuntas," jelasnya.

Sebelumnya, harapan warga DKI Jakarta memiliki Wakil Gubernur (Wagub) dalam waktu dekat ini tampaknya belum bisa terwujud. Padahal dua nama kandidat pengganti Sandiaga Uno telah disetujui oleh partai pengusung.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI, Gembong Warsono mengatakan, rapat paripurna untuk pemilihan Wagub DKI Jakarta belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Sebab, rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) untuk penentuan tata tertib (Tatib) saja belum juga jadi dilakukan. Sedangkan, rapat paripurna harus didahului dengan rapimgab.

"Tahapan Rapimgab dilalui dulu, baru penjadwalan paripurna pengesahan tatib," tutur Gembong saat dihubungi, Jakarta, Rabu 17 Juli 2019.

Sejauh ini, Rapimgab sudah tiga kali dibatalkan. Gembong memperkirakan, Rapimgab akan dilakukan kembali pekan depan, Senin 22 Juli 2019.

Meski begitu, dia optimistis urusan pemilihan Wagub DKI bisa diselesaikan pada periode ini.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini