Ahok Ngamuk Baca Anggaran Tunjangan DPRD DKI Naik

Senin, 7 Desember 2020 12:25 Reporter : Merdeka
Ahok Ngamuk Baca Anggaran Tunjangan DPRD DKI Naik Peluncuran Buku BTP. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Sebagai mantan wakil gubernur dan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengkritik rencana kenaikan gaji anggota DPRD DKI di tahun 2021. Utamanya soal tunjangan perumahan senilai Rp110 juta seperti yang ramai diperdebatkan di media sosial.

"Saya baca sampai tunjangan rumah Rp110 juta di medsos saya pun ngamuk baca itu, terus tunjangan mobil Rp30 juta. Saya ngamuk, mana ada saya jadi Komut Pertamina saja sebulan tunjangan mobil. Artinya itu enggak pakai mobil sewanya Rp35 juta," kata Ahok berdasarkan video YouTube Panggil Saya BTP, Senin (7/12).

Dia heran dengan keinginan anggota dewan menambah pundi-pundi penghasilan sementara banyak warga DKI hidup miskin terlebih setelah pandemi melanda Tanah Air.

"Saya sampaikan kalau PAD DKI turun, kalau ada Covid-19 kita punya penghasilan turun PNS, ASN tunjangan dipotong 50 persen. Kalau DPRD menaikkan penghasilan, saya pun tidak suka itu enggak benar," ucapnya.

Selain itu, Ahok juga menilai penghasilan bersih anggota dewan sejak 2017 terlalu besar yakni sebesar Rp73 juta. Sebab dalam anggaran tersebut terdapat tunjangan rumah Rp60 juta hingga tunjangan transportasi sebesar Rp21,5 juta.

"Makanya jujur aja kalau saya jadi gubernur enggak akan pernah saya setuju tunjangan rumah 2017 Rp60 juta, mobil Rp21,5 juta. Saya tidak pernah setuju, itu yang saya selalu berantem sama teman-teman kamu di dewan," ujar dia.

Ahok juga mengatakan sempat menghubungi Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi untuk menanyakan adanya rencana kenaikan anggaran anggota dewan.

"Pak Pras mengatakan saya akan cek. Karena dia ketua enggak bisa kontrol semua, saya cek semua. Satu hari kemudian surat pernyataan Pak Pras kalo DPRD tidak ada kenaikan gaji," ucapnya

Baca Selanjutnya: Ketua DPRD DKI Pastikan Tak...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini