XOXO Artinya dalam Bahasa Gaul, Begini Makna Setiap Hurufnya

Selasa, 8 Februari 2022 10:38 Reporter : Andre Kurniawan
XOXO Artinya dalam Bahasa Gaul, Begini Makna Setiap Hurufnya Arti XOXO. freepik.com

Merdeka.com - Saat sedang asyik bermain media sosial, Anda mungkin pernah menemukan tulisan XOXO di unggahan seseorang. Bagi yang pertama kali melihatnya pasti akan kebingungan dengan tulisan ini. Apakah ini singkatan? Kode? Atau istilah kekinian lainnya?

Melansir dari dictionary.com, XOXO artinya adalah cium dan peluk. Ya, XOXO artinya memang sesederhana itu. Ini biasanya digunakan sebagai cara mudah dan singkat untuk mengungkapkan kasih sayang, ketulusan, atau persahabatan yang mendalam.

Frasa XOXO sering digunakan oleh orang-orang untuk mewakili "pelukan dan ciuman," atau lebih harfiah, "cium, peluk, cium, peluk." X di sini mewakili 'cium' dan huruf O mewakili 'peluk'.

Jika Anda sudah tahu XOXO artinya cium dan peluk, Anda bisa menghibur pasangan Anda dengan mengirimkannya istilah ini sebagai ungkapan kasih sayang. Berikut kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang XOXO dan artinya yang dirangkum dari theknot.com.

2 dari 4 halaman

Makna XOXO

Seperti yang disebutkan sebelumnya, XOXO artinya adalah cium dan peluk, di mana X melambangkan ciuman, sedangkan O melambangkan pelukan. Mengutip dari brides.com, kemungkinan XOXO bisa diartikan sebagai ciuman dan pelukan mungkin karena huruf X tampak seperti dua mulut yang berciuman, dan O terlihat seperti dua pasang lengan yang terhubung untuk berpelukan.

Ketika Anda tahu XOXO artinya adalah ciuman dan pelukan, Anda mungkin berpikir bahwa pesan ini merupakan simbol cinta untuk diberikan pada orang yang kita sayangi. Namun, XOXO tidak selalu dimaksudkan sebagai simbol gairah antar pasangan.

XOXO juga dapat Anda gunakan kepada teman Anda seperti halnya digunakan untuk menandatangani kartu ulang tahun ke orang penting lainnya.

3 dari 4 halaman

X artinya Ciuman

Marcel Danesi, profesor semiotika dan antropologi linguistik di Universitas Toronto dan penulis The History of the Kiss: The Birth of Popular Culture, yang mempelajari sejarah ciuman dalam bukunya, setuju bahwa X pada XOXO telah digunakan dalam korespondensi sejak abad pertengahan.

Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan X? Meskipun awalnya X dimaksudkan untuk melambangkan "Kristus," namun seiring berjalannya waktu, huruf X ini berkembang menjadi cara menandatangani dengan ciuman.

Mungkin, kata Danesi, ini mencerminkan pergeseran budaya yang lebih mementingkan cinta dan kasih sayang. “Perempuan pada waktu itu ingin melepaskan diri dari gagasan untuk dinikahkan,” kata Danesi. "Perempuan ingin memiliki suara dalam nasib mereka sendiri dan untuk mengubah banyak hal." Begitu jatuh cinta sebelum menikah menjadi lebih luas, begitu pula dengan mengungkapkan cinta dalam sebuah surat.

Ketika orang-orang mengikuti tradisi dan menandatangani serta menyegel surat mereka dengan tanda X, itu berarti mereka menyegel surat tersebut dengan ciuman, bahkan mungkin secara fisik mencium gulungan atau kertas yang pernah disegel, menurut Danesi.

Saat ini, orang lebih cenderung menganggap X sebagai simbol yang menunjukkan mulut seseorang mengkerut saat mereka berciuman atau seperti dua orang yang berciuman dari atas.

O artinya Pelukan

Selain karena X dan O mudah ditulis, bahkan untuk orang yang belum pernah belajar membaca, Danesi mencatat bahwa simbol X dan O sudah digunakan dan dikembangkan pada periode abad pertengahan sebagai, sehingga dua simbol ini memang sudah lama terhubung.

Namun, tidak banyak bukti yang menunjukkan bahwa O digunakan untuk melambangkan pelukan secara tertulis sebelum tahun 1960, menurut Washington Post.

Terlepas dari bagaimana itu dimulai, huruf O memang dapat dilihat sebagai simbol visual dari pelukan. "Jika Anda melangkah ke dalam lingkaran, itu akan seperti menyelimuti," kata Danesi. "Kamu mengatakan saat kamu memeluk seseorang, 'Aku menyelimuti aura dan fisik orang.' Dan Anda benar-benar membuat lingkaran dengan tangan Anda."

4 dari 4 halaman

Variasi XOXO (atau Cara Kami Menggunakan XOXO)

arti xoxo

scoopwhoop.com

Hari ini, XOXO digunakan begitu sering sehingga arti XOXO menjadi lebih beragam. Orang-orang juga menggunakan banyak variasi dan pengganti XOXO, baik itu dalam bentuk surat tertulis, email, teks, atau online chat.

  • XOXO: Saat kita menggunakan X dan O ganda, itu seperti kita menutupi orang lain dengan pelukan dan ciuman. Biasanya XOXO digunakan untuk pasangan romantis, tetapi kadang-kadang, orang mungkin merasa cocok untuk menggunakan XOXO dengan teman atau anggota keluarga dalam sebuah teks atau catatan.
  • XO: Apa arti sederhana dari XO? Nah, ini cara yang lebih cepat untuk mengekspresikan satu ciuman dan satu pelukan, jadi Anda bisa berbicara dengan orang penting lainnya, teman tercinta atau anggota keluarga.
  • X: Hanya ciuman, satu X bisa dianggap romantis, tapi bisa juga digunakan untuk menandai surat kepada siapa pun yang biasanya Anda cium pipinya saat menyapa.
  • SWAK: Selama Perang Dunia I, tentara dan pelaut biasa menandai surat cinta dengan akronim ini, yang berarti "sealed with a kiss" (disegel dengan ciuman).
  • Ciuman dan Pelukan Emoji: Meski ada XOXO, kita juga bisa menggambarkan ciuman, pelukan, dan cinta dengan emoji yang biasanya digunakan melalui online chat.
[ank]

Baca juga:
Mengenal Arti Kata Gabut, Lengkap Beserta Bahasa Gaul Lainnya
FYI adalah Singkatan dari For Your Information, Ini Kegunaannya
Hiatus Adalah Waktu Rehat yang Sering Dilakukan Idol K-pop
Arti Kata Santuy yang Wajib Diketahui, Berikut Contohnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini