PTM & Wisata di Cianjur Tetap Diperketat 75 Persen Walau Sudah Level 1, Ini Alasannya

Rabu, 19 Januari 2022 16:53 Reporter : Nurul Diva Kautsar
PTM & Wisata di Cianjur Tetap Diperketat 75 Persen Walau Sudah Level 1, Ini Alasannya Bupati Cianjur Herman Suherman. ©2021 hermansuherman.com/Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, tetap mengetatkan pergerakan masyarakat sebesar 75 persen kendati wilayah tersebut sudah berada di level 1 PPKM.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, Selasa (18/1) kemarin mengatakan, pembatasan diberlakukan bagi kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM), dan aktivitas kepariwisataan. Hal itu sebagai langkah mencegah lonjakan kasus, terutama varian Omicron yang saat ini tengah ramai.

"Setelah sempat bertahan di level 2, akhirnya Cianjur masuk ke level 1, meski dari akhir tahun sudah, namun data yang diambil per tanggal 28 Desember, sehingga secara administratif kita masih di level 2," tutur Herman, melansir dari ANTARA.

2 dari 3 halaman

Mencegah Euforia Warga

bupati cianjur herman suherman

©2021 cianjurkab.go.id//Merdeka.com

Meski telah turun ke level 1, Herman mengatakan bahwa pihaknya tak ingin gegabah dalam melakukan pelonggaran, dan mengajak warga agar tidak terlena berkegiatan layaknya sebelum pandemi.

Langkah ini juga termasuk dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) dan kunjungan wisata di wilayah Kabupaten Cianjur. Pihak Pemkab tetap menjalankan pembatasan hingga maksimal 75 persen dari kuota.

"Kita tidak mau gegabah langsung melakukan pelonggaran, sekolah yang siswanya di atas 300 orang tetap PTM 75 persen dan kunjungan wisata di tempat wisata hanya 75 persen dari kuota, khusus untuk Taman Alun-alun Cianjur, dibatasi hanya 50 persen," katanya.

3 dari 3 halaman

Tak Ingin Omicron Mewabah di Cianjur

Herman menegaskan, pembatasan merupakan upaya untuk menekan sebaran virus terlebih saat ini varian Omicron muncul di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Jangan sampai lengah, sehingga Omicron masuk dan terjadi lagi lonjakan kasus di Cianjur. Kita akan pertahankan level 1 agar ekonomi kembali bangkit," katanya.

Terpisah, Humas salah satu tempat wisata di Kabupaten Cianjur, Ocean View Karang Potong, Ikbal mengatakan bahwa dirinya sepakat untuk menjalankan prokes ketat dan membatasi jumlah pengunjung sesuai dengan aturan pemerintah.

Pihaknya turut berjanji akan memperketat penerapan protokol kesehatan, dengan meminta pengunjung untuk menunjukkan bukti vaksinasi lewat aplikasi PeduliLindungi.

"Kita tetap menerapkan prokes dan mengingatkan pengunjung untuk menggunakan adaptasi kebiasaan baru, serta tidak menimbulkan kerumunan selama berada di lokasi wisata, sebagai upaya mencegah terjadinya penularan virus berbahaya, meski saat ini Cianjur sudah masuk level 1," kata Ikbal. 

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini