Penyebab Amal Ibadah Tidak Diterima dalam Islam, Muslim Wajib Tahu

Rabu, 12 Mei 2021 13:12 Reporter : Andre Kurniawan
Penyebab Amal Ibadah Tidak Diterima dalam Islam, Muslim Wajib Tahu ilustrasi sholat. qamarislamkhan.com

Merdeka.com - Dalam kehidupan beragama, kita tidak lepas dari yang namanya ibadah. Selain menjadi momen untuk mendekatkan diri pada Tuhan, ibadah juga bisa menjadi bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan Tuhan pada kita.

Dalam Islam, para ulama mengartikan ibadah sebagai “Segala sesuatu yang diperintahkan tanpa mesti memandang akal dan bukan lantaran mengikuti ‘urf (kebiasaan masyarakat).”

Kemudian Ibnu Taimiyah memberi pengertian ibadah yaitu, “istilah yang mencakup segala yang Allah cintai dan ridai berupa perkataan dan perbuatan yang batin maupun lahir.” (Majmu’ah Al-Fatawa).

Ibadah yang dikerjakan hendaknya diiringi dengan hati yang ikhlas hanya karena Allah SWT semata, tanpa ada alasan atau dorongan lain. Selain itu, ibadah yang kita kerjakan bisa diterima, atau bisa juga tertolak. Amal ibadah kita yang tidak diterima disebabkan oleh perbuatan yang kita lakukan sendiri.

Penting untuk mengetahui penyebab ditolaknya amal ibadah, agar apa yang kita kerjakan tidak sia-sia. Dikutip dari situs dalamislam.com, berikut kami paparkan apa saja penyebab amal ibadah tidak diterima yang wajib diketahui oleh kaum muslimin.

Baca Selanjutnya: Meringan-ringankan Salat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini