Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
Pengertian Pertanyaan beserta Tipe dan Contohnya
<b>Pengertian Pertanyaan beserta Tipe dan Contohnya</b>

Pengertian Pertanyaan beserta Tipe dan Contohnya

Pertanyaan adalah sebuah ekspresi keingintahuan seseorang akan sebuah informasi.

Pertanyaan memiliki peran yang sangat penting dalam proses komunikasi manusia. Sebagai alat untuk mendapatkan informasi, memperjelas konsep, atau merangsang pemikiran, pertanyaan dapat menjadi kunci untuk memperdalam pemahaman kita tentang dunia sekitar. Dalam konteks ini, artikel ini akan membahas definisi pertanyaan dan teknik mengajukan pertanyaan yang berkualitas.

Definisi pertanyaan mencakup lebih dari sekadar rangkaian kata yang bersifat meminta informasi. Pertanyaan juga mencerminkan hasrat manusia untuk memahami, mengeksplorasi, dan memecahkan masalah. Dengan bertanya, kita menciptakan jembatan antara keingintahuan dan pengetahuan.

Pengertian Pertanyaan beserta Tipe dan Contohnya
<b>Definisi Pertanyaan</b><br>

Definisi Pertanyaan

Definisi dari pertanyaan adalah sebuah ekspresi keingintahuan seseorang akan sebuah informasi yang dituangkan dalam sebuah kalimat tanya. Pertanyaan biasa akan diberi tanda tanya diakhir kalimatnya.

Dalam bahasa Indonesia, dikenal 5 tipe pertanyaan, yakni: Apa; untuk menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan isi atau pokok permasalahan, Siapa; untuk menanyakan orang atau pelaku, Bagaimana; untuk menanyakan cara atau proses, Mengapa; untuk menanyakan alasan atau sebab, dan Kapan; untuk menanyakan waktu atau kesempatan.

merdeka.com

Tipe-tipe Pertanyaan

Berikut ini adalah beberapa tipe pertanyaan beserta penjelasannya:

1. Pertanyaan terbuka: pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang memberikan kebebasan kepada responden untuk menjawab sesuai dengan pendapat, pengalaman, atau pengetahuannya. Pertanyaan terbuka biasanya diawali dengan kata tanya seperti apa, siapa, kapan, bagaimana, di mana, dan mengapa. Contoh: Bagaimana Anda mengatasi stres di tempat kerja?

2. Pertanyaan tertutup: pertanyaan tertutup adalah pertanyaan yang hanya memiliki jawaban terbatas, seperti ya atau tidak, setuju atau tidak setuju, benar atau salah, dan sebagainya. Pertanyaan tertutup biasanya digunakan untuk menguji pengetahuan, mengetahui fakta, atau mendapatkan informasi spesifik. Contoh: Apakah Anda sudah menyelesaikan tugas Anda?

3. Pertanyaan yang bersifat spesifik: pertanyaan yang bersifat spesifik adalah pertanyaan yang mengarahkan responden untuk memberikan jawaban yang jelas dan detail. Pertanyaan ini biasanya menggunakan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan topik pembicaraan. Contoh: Berapa jumlah pendapatan Anda per bulan?

4. Pertanyaan reflektif: pertanyaan reflektif adalah pertanyaan yang mengajak responden untuk merefleksikan pengalaman, perasaan, atau pemikirannya sendiri. Pertanyaan ini biasanya digunakan untuk membangun hubungan, meningkatkan pemahaman, atau mendorong kreativitas. Contoh: Bagaimana perasaan Anda setelah mendengar cerita itu?

5. Pertanyaan hipotesa atau hipotesis: adalah pertanyaan yang mengajukan sebuah dugaan atau asumsi yang belum terbukti kebenarannya. Pertanyaan ini biasanya digunakan untuk mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan, menantang pandangan, atau menguji teori. Contoh: Bagaimana jika Anda memiliki kekuatan super?

6. Pertanyaan perilaku: adalah pertanyaan yang menanyakan tentang perilaku responden dalam situasi tertentu. Pertanyaan ini biasanya digunakan untuk menilai keterampilan, sikap, atau karakteristik responden. Contoh: Ceritakan sebuah situasi di mana Anda harus bekerja sama dengan orang yang sulit?

Teknik Mendapat Informasi Mendalam

Untuk mendapatkan informasi mendalam dari seseorang, Anda perlu mengajukan pertanyaan yang bersifat terbuka, tidak mengarahkan, dan mendorong orang tersebut untuk berbagi pendapat, perasaan, atau pengalaman mereka. Berikut adalah beberapa teknik yang dapat Anda gunakan untuk mengajukan pertanyaan yang efektif:

1. Ajukan pertanyaan terbuka

Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang tidak dapat dijawab dengan ya atau tidak, tetapi membutuhkan jawaban yang lebih rinci dan lengkap. Contoh pertanyaan terbuka adalah: “Bagaimana Anda merasa tentang proyek ini?” atau "Apa yang membuat Anda tertarik dengan bidang ini?"

2. Hindari pertanyaan yang mengarahkan

Pertanyaan yang mengarahkan adalah pertanyaan yang mengandung asumsi, prasangka, atau harapan tertentu dari penanya. Pertanyaan seperti ini dapat mempengaruhi jawaban orang yang ditanyai dan mengurangi kejujuran atau keaslian mereka. Contoh pertanyaan yang mengarahkan adalah: “Anda pasti setuju bahwa produk kami lebih baik daripada pesaing, bukan?” atau "Anda tidak suka bekerja dengan tim Anda, kan?"

3. Gunakan pendengaran reflektif

Pendengaran reflektif adalah teknik untuk menunjukkan bahwa Anda memahami dan menghargai apa yang dikatakan orang lain. Anda dapat menggunakan pendengaran reflektif dengan mengulangi, meringkas, atau mengklarifikasi apa yang Anda dengar. Contoh pendengaran reflektif adalah: “Jadi, Anda merasa frustrasi karena kurangnya dukungan dari atasan Anda?” atau "Anda mengatakan bahwa Anda menikmati tantangan dan belajar hal-hal baru?"

4. Ajukan pertanyaan lanjutan

Pertanyaan lanjutan adalah pertanyaan yang menggali lebih dalam ke dalam topik yang dibahas. Anda dapat menggunakan pertanyaan lanjutan untuk memperluas, memperdalam, atau mengklarifikasi informasi yang Anda dapatkan. Contoh pertanyaan lanjutan adalah: “Bisa Anda jelaskan lebih lanjut bagaimana Anda menyelesaikan masalah tersebut?” atau "Bagaimana dampaknya terhadap kinerja Anda?"

5. Pertanyaan hipotetis

Pertanyaan hipotetis adalah pertanyaan yang mengajukan situasi atau kondisi yang mungkin atau tidak mungkin terjadi. Anda dapat menggunakan pertanyaan hipotetis untuk mengeksplorasi kemungkinan, alternatif, atau solusi yang berbeda. Contoh pertanyaan hipotetis adalah: “Bagaimana jika Anda memiliki sumber daya yang tidak terbatas untuk proyek ini?” atau "Apa yang akan Anda lakukan jika Anda berada di posisi saya?"

6. Analisis simbolik

Analisis simbolik adalah teknik untuk mengungkap makna atau nilai yang tersembunyi di balik simbol, metafora, atau gambar. Anda dapat menggunakan analisis simbolik untuk memahami pandangan, keyakinan, atau motivasi orang lain. Contoh analisis simbolik adalah: “Apa yang melambangkan keberhasilan bagi Anda?” atau "Jika Anda bisa menggambarkan diri Anda sebagai hewan, apa yang akan Anda pilih dan mengapa?"

Contoh Pertanyaan Lucu

Berikut ini adalah beberapa daftar pertanyaan lucu sebagai hiburan.

1. Apa yang bisa kamu tangkap, tapi tidak bisa kamu lempar?
Jawaban: Dingin

2. Apa yang memiliki banyak gigi, tetapi tidak bisa menggigit?
Jawaban: Sisir

3. Apa yang memiliki satu mata, tetapi tidak dapat melihat?
Jawaban: Sebuah jarum

4. Dua hal apa yang tidak boleh kamu makan untuk sarapan?
Jawaban: Makan siang dan makan malam

5. Apa kesamaan Alexander the Great dan Winnie the Pooh?
Jawaban: Nama tengah mereka.

6. Bagian ayam mana yang paling banyak bulunya?
Jawab: Bagian luar

7. Seberapa jauh Anda bisa berjalan ke dalam hutan?
Jawaban: Setengah jalan — setelah itu, Anda berjalan keluar.

8. Sebuah pesawat jatuh di antara perbatasan Prancis dan Belgia. Di mana orang-orang yang selamat dikuburkan?
Jawaban: Mereka tidak dikuburkan. Korban yang selamat tidak perlu dikubur.

9. Orang miskin memilikinya. Orang kaya membutuhkannya. Jika Anda memakannya, Anda akan mati. Apa itu?
Jawaban: Tidak ada

10. Apa yang berjalan, tetapi tidak pernah berjalan. Bergumam, tetapi tidak pernah berbicara. Dan punya mulut, tapi tidak pernah makan?
Jawaban: Sungai

11. Orang yang membuatnya tidak membutuhkannya; orang yang membelinya tidak ada gunanya. Orang yang menggunakannya tidak dapat melihat atau merasakannya. Apa itu?
Jawaban : Peti mati

12. Tidak peduli seberapa sedikit atau seberapa banyak Anda menggunakan saya, Anda mengubah saya setiap bulan. Aku ini apa?
Jawaban: Kalender

13. Apa yang bisa mengisi ruangan tetapi tidak memakan tempat?
Jawaban: Cahaya

14. Berapa banyak pisang yang bisa Anda makan jika perut Anda kosong?
Jawaban: Cukup satu—setelah itu perut tidak kosong lagi.

15. Ayah Jared memiliki tiga putra: Snap, Crackle dan…?
Jawaban: Jared

16. Bulan apa yang memiliki 28 hari?
Jawaban: Semuanya

17. Apa yang memiliki kaki, tetapi tidak berjalan?
Jawaban: Sebuah kursi

18. Semakin banyak, semakin sedikit yang Anda lihat. Apa itu?
Jawaban: Kegelapan

19. Apa yang memiliki banyak kunci tetapi tidak dapat membuka satu kunci pun?
Jawaban: Sebuah piano

20. Apa yang naik dan turun tetapi tidak bergerak?
Jawaban: Sebuah tangga

21. Apa yang punya tangan, tapi tidak bisa bertepuk tangan?
Jawaban: Sebuah jam

22. Apa yang memiliki kata-kata, tetapi tidak pernah berbicara?
Jawaban: Sebuah buku

23. Bangunan apa yang memiliki cerita paling banyak?
Jawab: Perpustakaan

24. Apa yang memiliki banyak hati tetapi tidak memiliki organ lain?
Jawaban: Setumpuk kartu

25. Anda akan membeli saya untuk makan tetapi tidak pernah memakan saya. Aku ini apa?
Jawaban : Sebuah piring.

26. Empat kaki ke atas, empat kaki ke bawah, lembut di tengah, keras di sekeliling. Aku ini apa?
Jawaban : Sebuah tempat tidur.

27. Semakin banyak yang kamu ambil, semakin banyak yang kamu tinggalkan. Apakah mereka?
Jawaban : Langkah kaki.

28. Mengapa buku matematika terlihat begitu sedih?
Jawaban : Karena penuh dengan masalah.

29. Gubernur apa yang suka nyanyi?
Jawaban: Biduan Kemil

30. Benda apa keluar ketika diputar?
Jawaban: Lipstik bibir

Bentuk-Bentuk Komunikasi beserta Penjelasannya, Lengkap dengan Contohnya
Bentuk-Bentuk Komunikasi beserta Penjelasannya, Lengkap dengan Contohnya

Setiap hari kita terlibat dalam berbagai komunikasi dengan bentuk yang bermacam-macam, baik dengan orang lain ataupun dengan diri sendiri.

Baca Selengkapnya icon-hand
Definisi Pertanyaan beserta Penjelasan Tipe-tipenya
Definisi Pertanyaan beserta Penjelasan Tipe-tipenya

Pertanyaan merupakan bentuk komunikasi yang paling umum dalam kehidupan sehari-hari kita. Ini adalah ekspresi keingintahuan seseorang akan sebuah informasi.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kata Baku Adalah? Ketahui Pengertian dan Contoh Kata Selengkapnya
Kata Baku Adalah? Ketahui Pengertian dan Contoh Kata Selengkapnya

Apa itu kata baku? Simak penjelasan berikut beserta ragam contoh kata baku yang tepat.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Komunikasi adalah Proses Pertukaran Informasi Antar Individu, Ketahui Jenis, Fungsi, dan Hambatannya
Komunikasi adalah Proses Pertukaran Informasi Antar Individu, Ketahui Jenis, Fungsi, dan Hambatannya

Komunikasi dapat diartikan sebagai proses penyampaian makna atau informasi dari satu individu atau kelompok ke kelompok lainnya.

Baca Selengkapnya icon-hand
5 Contoh Saran dalam Makalah dan Kesimpulannya yang Bisa jadi Referensi
5 Contoh Saran dalam Makalah dan Kesimpulannya yang Bisa jadi Referensi

Merdeka.com merangkum informasi tentang 5 contoh saran dalam makalah yang bisa jadi referensi.

Baca Selengkapnya icon-hand
Menkominfo Beri Teguran Keras ke Meta, Ini Penyebabnya
Menkominfo Beri Teguran Keras ke Meta, Ini Penyebabnya

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi keras beri teguran ke Meta.

Baca Selengkapnya icon-hand
Materi Teknologi dan Komunikasi: Pengertian, Sejarah, dan Dampaknya
Materi Teknologi dan Komunikasi: Pengertian, Sejarah, dan Dampaknya

Teknologi dan komunikasi adalah dua bidang yang saling berkaitan dan berdampak besar pada kehidupan manusia di era modern.

Baca Selengkapnya icon-hand
Pernyataan Lengkap Putri Gus Dur Siap Jadi Cawapres
Pernyataan Lengkap Putri Gus Dur Siap Jadi Cawapres

Yenny mengaku komunikasi tiga bakal Capres intens.

Baca Selengkapnya icon-hand
Menkominfo Janjikan Insentif Buat Operator Seluler agar Pengembangan Jaringan 5G Tak Mentok
Menkominfo Janjikan Insentif Buat Operator Seluler agar Pengembangan Jaringan 5G Tak Mentok

Ini insentif yang diterima operator seluler yang mau bangun jaringan 5G.

Baca Selengkapnya icon-hand