Mengenang Pertempuran Selat Sunda 27 Februari 1942, Jepang Menang atas Sekutu

Sabtu, 27 Februari 2021 08:24 Reporter : Novi Fuji Astuti
Mengenang Pertempuran Selat Sunda 27 Februari 1942, Jepang Menang atas Sekutu Pertempuran Laut Jawa. ©2016 istimewa

Merdeka.com - Selat Sunda merupakan bagian dari Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I, yang menghubungkan perairan Samudera Hindia melewati Selat Karimata menuju Laut China Selatan dan sebaliknya. ALKI merupakan konsekuensi Indonesia sebagai negara kepulauan setelah pemerintah Indonesia meratifikasi Hukum Laut Internasional UNCLOS 1982 melalui undang-undang RI Nomor 17 Tahun 1985.

Selat Sunda juga merupakan rute yang biasa digunakan untuk pelayaran internasional. Pada perairan ini juga terdapat jalur penyeberangan dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak cerita sejarah dalam dunia perairannya salah satunya yang terjadi di Selat Sunda pada 27 Februari 1942 silam yakni terjadinya pertempuran antara Jepang dan sekutu ABDA (Australia, Inggris, Belanda, dan Amerika Serikat) pada era Perang Dunia ke-2.

Pertempuran berlangsung sekitar 80 menit dan berakhir dengan tenggelamnya HMAS Perth bersama dengan 681 marinir milik sekutu. Sedangkan hanya 214 marinir yang bisa kembali ke Australia.

Berikut ini informasi lengkap mengenai pertempuran Selat Sunda 27 Februari 194 yang telah dirangkum dari researchgate.net.

Baca Selanjutnya: Pertempuran Selat Sunda...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sejarah Hari Ini
  3. Ragam
  4. Jabar
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini