Mengenal Proses Daur Air, Berikut Tahapan beserta Penjelasannya

Kamis, 21 Januari 2021 17:17 Reporter : Andre Kurniawan
Mengenal Proses Daur Air, Berikut Tahapan beserta Penjelasannya ilustrasi air. cbn.co.za

Merdeka.com - Mengamati bagaimana alam bekerja memang tidak pernah membosankan. Dan salah satu proses alam yang menarik yaitu proses daur air. Proses ini juga dikenal sebagai siklus hidrologi, yang artinya sirkulasi air dari atmosfer menuju bumi lalu kembali lagi ke atmosfer.

Air menutupi 70% permukaan bumi. Maka tak heran jika air menjadi elemen penting bagi kehidupan. Air berguna memberikan kehidupan, mengurangi rasa panas, menguras zat berbahaya dan membantu banyak pekerjaan sehari-hari.

Begitu banyaknya fungsi air mungkin membuat Anda pernah bertanya-tanya, kenapa air yang ada di bumi tidak pernah habis. Jawabannya yaitu karena adanya proses daur air. Kita sebenarnya juga sering melihat bagaimana siklus hidrologi ini bekerja dalam bentuk hujan.

Proses daur air ini adalah fenomena di mana air bergerak melalui beberapa tahap dalam empat bidang, yaitu atmosfer, litosfer, hidrosfer, dan biosfer. Proses daur air ini memiliki banyak efek, antara lain untuk mengatur suhu lingkungan, mengubah cuaca dan menciptakan hujan, membantu dalam konversi batuan menjadi tanah, dan menciptakan banyak fitur geografis yang ada di bumi.

Untuk mengetahui bagaimana tahapan dari proses daur air ini, berikut telah merdeka.com rangkum dari freedrinkingwater.com, proses daur air beserta dengan penjelasannya.

Baca Selanjutnya: Evaporasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini