Mengenal Kepanjangan GPS, Ketahui Fungsinya yang Memudahkan Aktivitas Manusia

Kamis, 13 Januari 2022 16:53 Reporter : Novi Fuji Astuti
Mengenal Kepanjangan GPS, Ketahui Fungsinya yang Memudahkan Aktivitas Manusia Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/patrisyu

Merdeka.com - Dalam era globalisasi saat ini, hampir semua orang sudah melek teknologi yang di mana dapat memudahkan manusia dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari, salah satunya adalah GPS. Terdengar sangat familiar sebagai aplikasi penunjuk jalan yang hampir setiap hari digunakan masyarakat saat ini, sayangnya masih banyak yang tak tahu mengenai kepanjangan GPS itu sendiri.

Kepanjangan GPS adalah Global Positioning System yang merupakan sebuah alat atau sistem yang dapat digunakan untuk menginformasikan penggunanya berada (secara global) di permukaan bumi yang berbasis satelit.

Data dikirim dari satelit berupa sinyal radio dengan data digital. Di mana pun posisi saat ini, maka GPS bisa membantu menunjukkan arah, selama masih terlihat langit. Layanan GPS dapat dinikmati secara gratis, bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun kecuali membeli GPS receiver-nya.

Berikut kepanjangan GPS, lengkap dengan fungsinya yang memudahkan aktivitas manusia telah dirangkum merdeka.com melalui sapaceplace.nasa.gov dan repository.dinamika.com pada Kamis, (13/01/2022).

2 dari 4 halaman

Asal Mula Penggunaan GPS

Sistem GPS pada awalnya merupakan sistem navigasi ketentaraan yang dirancang, dilaksanakan, dibiayai, dan dikelola oleh Jabatan Pertahanan Amerika Serikat (DoD). Sistem ini dirancang oleh Jabatan Amerika Serikat sejak tahun 1973. Sistem ini adalah hasil gabungan program U.S. Navy TIMATION dan proyek U.S. Air Force 621B di bawah tanggung jawab Joint Program Office (JPO).

Pada awalnya, penggunaan sistem ini ditujukan bagi pihak tentara Amerika Serikat saja tetapi setelah diluluskan pada Kongres Amerika Serikat, penggunaan sistem penentuan posisi ini terbuka untuk umum. Tujuan utama GPS adalah untuk mewujudkan sistem penentuan posisi di darat, laut, dan udara bagi pihak tentara Amerika Serikat dan sekutunya, namun kemudian sistem ini bebas digunakan oleh semua pengguna. Sistem ini dirancang untuk menggantikan berbagai sistem navigasi yang telah digunakan.

GPS dapat digunakan dimana pun juga dalam 24 jam. Posisi unit GPS akan ditentukan berdasarkan titik-titik koordinat derajat lintang dan bujur.

3 dari 4 halaman

Cara Kerja GPS

Sistem GPS memiliki nama asli NAVSTAR GPS (Navigation Satellite Timing and Ranging Global Positioning System), memiliki tiga segmen yakni satelit, pengontrol, dan penerima atau pengguna. Satelit GPS yang mengorbit bumi, dengan orbit dan kedudukan yang tetap (koordinatnya pasti), seluruhnya berjumlah 24 buah di mana 21 buah aktif bekerja dan 3 buah sisanya adalah cadangan.

Untuk dapat mengetahui posisi seseorang maka diperlukan alat yang diberi nama GPS receiver yang berfungsi untuk menerima sinyal yang dikirim dari satelit GPS. Posisi diubah menjadi titik yang dikenal dengan nama Way-point nantinya akan berupa titik-titik koordinat lintang dan bujur dari posisi seseorang atau suatu lokasi kemudian di layar pada peta elektronik.

Satelit-satelit ini mengorbit pada ketinggian sekitar 12.000 mil dari permukaan bumi. Posisi ini sangat ideal karena satelit dapat menjangkau area coverage yang lebih luas. Satelit-satelit ini akan selalu berada posisi yang bisa menjangkau semua area di atas permukaan bumi sehingga dapat meminimalkan terjadinya blank spot (area yang tidak terjangkau oleh satelit). Setiap satelit mampu mengelilingi bumi hanya dalam waktu 12 jam. Sangat cepat, sehingga mereka selalu bisa menjangkau dimana pun posisi seseorang di atas permukaan bumi.

4 dari 4 halaman

Fungsi GPS dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setelah mengetahui cara kerja GPS, dapat kita simpulkan bahwa GPS memang memberikan banyak manfaat untuk kehidupan manusia, terutama dalam menentukan lokasi suatu tempat. Sebelumnya, GPS ini digunakan militer untuk memantau berbagai hal untuk menjaga pertahanan negara. Baik yang digunakan pada pesawat maupun kapal.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, GPS juga dapat bermanfaat lebih luas yakni sebagai sistem navigasi yang berguna untuk menentukan arah atau jalan pada sistem transportasi umum, truk pengiriman, atau juga digunakan layanan kurir untuk mengirimkan barang.

Tak hanya itu, GPS juga dapat membantu seseorang untuk mendapatkan informasi berbagai layanan darurat maupun layanan umum terdekat. Mulai dari pos pemadam kebakaran hingga mobil ambulans.

Bahkan, saat ini GPS juga jadi salah satu fitur wajib yang dipasang pada mobil pribadi. GPS di sini berfungsi tidak lain sebagai navigasi yang dapat memberikan tampilan peta maupun panduan suara agar pengemudi dapat sampai pada suatu lokasi tujuan yang diinginkan.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini