Memahami Perbedaan Infaq dan Sedekah, Amalan Penting untuk Kesejahteraan Umat

Minggu, 18 Oktober 2020 18:00 Reporter : Andre Kurniawan
Memahami Perbedaan Infaq dan Sedekah, Amalan Penting untuk Kesejahteraan Umat Ilustrasi sedekah . alalam.ir

Merdeka.com - Dalam agama Islam, seorang Muslim dianjurkan untuk saling membantu sesamanya. Baik itu untuk umat Muslim yang lain, atau pun umat non-muslim.

“Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (Q.S Al Mumtahanah: 8-9).

Salah satu bentuk amalan yang dapat kita lakukan untuk membantu sesama adalah infaq dan sedekah. Infaq dan sedekah merupakan bentuk amal ibadah yang berperan penting dalam menciptakan kesejahteraan umat, menjalin persaudaraan, dan mewujudkan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.

Selain bermanfaat untuk kehidupan sosial, Allah pun juga akan menghapus dosa-dosa orang yang bersedekah.

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“. (HR. Tirmidzi).

Meskipun kedua amalan ini dilakukan dengan cara mengeluarkan apa yang kita miliki, namun perlu diperhatikan bahwa infaq dan sedekah adalah dua hal yang berbeda.

Perbedaan infaq dan sedekah wajib dipahami oleh setiap Muslim. Berikut penjelasan tentang perbedaan infaq dan sedekah, yang kami rangkum dari zakat.or.id dan dalamislam.com.

Baca Selanjutnya: Perbedaan Infaq dan Sedekah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini