Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Manfaat PKL dan Tujuannya bagi Siswa, untuk Mengasah dan Menambah Keterampilan

Manfaat PKL dan Tujuannya bagi Siswa, untuk Mengasah dan Menambah Keterampilan Ilustrasi bekerja. ©Shutterstock.com/ Pressmaster

Merdeka.com - Praktik kerja lapangan, atau biasa disebut dengan PKL, adalah salah satu bentuk kegiatan di mana para siswa ditempatkan langsung di lingkungan kerja. PKL biasa dilakukan oleh murid SMA/SMK, mahasiswa, atau bahkan karyawan baru.

Pelaksanaan kegiatan PKL tidak jauh berbeda dengan kegiatan Prakerin (Praktik Kerja Industri). Tujuan utama dari PKL adalah untuk menjembatani keilmuan teoritis dan terapan. Khususnya bagi siswa SMA/SMK dan mahasiswa, PKL diharapkan bisa mengenalkan dunia kerja dan dunia industri kepada mereka berdasarkan teori yang sudah didapat di dalam kelas.

Hal yang dapat memperkuat peranan dari tujuan PKL adalah dasar pelaksanaannya. UU Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 1999 tentang Sistem Pendidikan Tinggi. Kemudian Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 2341U12001 tentang Kurikulum Nasional.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang manfaat PKL bagi siswa beserta tujuan dari kegiatan ini, dilansir dari liputan6.com.

Manfaat PKL

Mengenalkan Siswa Pada Pekerjaan Lapangan

Manfaat PKL yang pertama adalah untuk mengenalkan siswa pada lingkungan kerja di dunia industri dan usaha. Dengan begitu, ketika mereka terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya, diharapkan mereka tidak canggung dan dapat beradaptasi dengan cepat.

Menambah Keterampilan

Manfaat PKL yang kedua yakni untuk menambah keterampilan, pengetahuan, gagasan-gagasan tentang dunia usaha serta industri yang professional. Pengetahuan dan keterampilan ini akan menjadi modal yang bermanfaat bagi siswa ketika mereka terjun ke dunia industri.

Mengasah Keterampilan

Manfaat PKL yang ketiga yakni dapat membantu mengasah keterampilan yang sebelumnya telah diberikan di sekolah. Dengan mengikuti kegiatan PKL, diharapkan keterampilan para siswa dapat semakin terasah.

Membentuk Pola Pikir

Manfaat PKL yang keempat yaitu untuk membentuk pola pikir siswa agar terkonstruktif secara baik serta memberikan pengalaman dalam dunia industri maupun dunia kerja. Pengalaman akan sangat dibutuhkan ketika seseorang mulai terjun ke dunia kerja. Dan pengalaman tersebut bisa didapatkan oleh para siswa dengan mengikuti kegiatan PKL.

Menjalin Kerja Sama

Manfaat PKL yang kelima adalah dapat menjalin kerja sama. Kegiatan PKL tidak hanya bermanfaat bagi para siswa, namun sekolah pun juga dapat merasakan manfaatnya. Dengan adanya kegiatan PKL, dapat menciptakan kerja sama yang baik antara sekolah dan perusahaan terkait, baik dalam dunia usaha maupun dunia industri.

Mempersiapkan SDM Berkualitas

Manfaat PKL yang berikutnya yaitu untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan di era saat ini. Seiring dengan perkembangan zaman, tentu perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang bisa mengikuti perkembangan zaman. Oleh sebab itu para siswa diasah dan dibimbing agar bisa berkembang sesuai kebutuhan di era teknologi.

Menghasilkan Sumber Daya Manusia

Manfaat PKL yang selanjutnya yakni untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian profesional, dengan keterampilan, pengetahuan, serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Efisiensi Waktu dan Tenaga

Manfaat PKL berikutnya adalah untuk meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam mendidik dan melatih tenaga kerja yang berkualitas.

Keuntungan bagi Pihak Sekolah

Manfaat PKL selanjutnya adalah untuk memberikan keuntungan pada pihak sekolah dan siswa itu sendiri, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolah akan didapat di dunia kerja.

Sebagai Bentuk Penghargaan

Manfaat PKL yang terakhir adalah sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan bahwa pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan. Karena selain materi, pengalaman kerja juga sangat dibutuhkan dan menjadi modal berharga sebelum para siswa terjun ke lapangan.

Tujuan PKL

  1. Tujuan kegiatan PKL adalah untuk melahirkan insan akademis yang bisa menjembatani relevansi keilmuan teoritis dan terapan dalam bidang keilmuannya.
  2. Tujuan kegiatan PKL adalah untuk membina mentalitas dan profesionalitas mahasiswa yang sejalan dengan disiplin keilmuan program studi sesuai keilmuannya.
  3. Tujuan kegiatan PKL adalah untuk melatih kemampuan manajerial dan keterampilan serta memupuk kemampuan beradaptasi dan daya tangkap mahasiswa dalam menjalankan tugas dan kewajiban yang diembankan kepadanya.
  4. Tujuan kegiatan PKL adalah untuk membentuk pola pikir yang konstruktif pola pikir bagi siswa-siswi prakerin. Sehingga dapat melihat peluang di masa depan.
  5. Tujuan kegiatan PKL adalah untuk melatih siswa untuk berkomunikasi atau berinteraksi secara profesional di dunia kerja yang sebenarnya. Sehingga tidak merasa takut atau canggung lagi berkomunikasi secara profesional.
  6. Tujuan kegiatan PKL adalah untuk membentuk etos kerja yang baik bagi siswa-siswi prakerin. Sehingga kedepannya siswa dapat menjadi sosok lulusan dan berkualitas.
  7. Tujuan kegiatan PKL adalah untuk menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  8. Tujuan kegiatan PKL adalah untuk menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha.

(mdk/ank)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Menko Airlangga Usul Beasiswa LPDP Sediakan Pelatihan seperti Program Kartu Prakerja
Menko Airlangga Usul Beasiswa LPDP Sediakan Pelatihan seperti Program Kartu Prakerja

Salah satu konsepnya dengan memberikan aspek pelatihan.

Baca Selengkapnya
Contoh Kerja Bakti di Lingkungan Masyarakat, Lengkap Beserta Penjelasannya
Contoh Kerja Bakti di Lingkungan Masyarakat, Lengkap Beserta Penjelasannya

Kerja bakti memiliki peran penting dalam membangun dan memelihara kebersamaan serta kesejahteraan di lingkungan masyarakat.

Baca Selengkapnya
Jenis Konjungsi Waktu Beserta Fungsi dan Contohnya, Pelajari Lebih Lanjut
Jenis Konjungsi Waktu Beserta Fungsi dan Contohnya, Pelajari Lebih Lanjut

Konjungsi adalah sebuah kata yang penting untuk menghubungkan kalimat satu dengan kalimat yang lainnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024, DisdiK DKI Terapkan PJJ di Sebagian Sekolah
Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024, DisdiK DKI Terapkan PJJ di Sebagian Sekolah

Jelang pengumuman hasil Pemilu 2024 oleh KPU, pembelajaran jarak jauh diterapkan di sebagian sekolah di Jakarta

Baca Selengkapnya
Perbedaan Tujuan dan Manfaat, Berikut Penjelasan dan Contohnya
Perbedaan Tujuan dan Manfaat, Berikut Penjelasan dan Contohnya

Tujuan dan manfaat mempunyai makna yang berbeda, meskipun sama-sama akan menghasilkan suatu hal yang baik.

Baca Selengkapnya
Studi: Tren Jadi Pekerja Lepas Makin Diminati Masyarakat, Ini Alasannya
Studi: Tren Jadi Pekerja Lepas Makin Diminati Masyarakat, Ini Alasannya

Studi terkini menunjukkan orang lebih menyukai menjadi pekerja lepas ketimbang sebagai pekerja formal.

Baca Selengkapnya
Tahapan Pelaksanaan Pemilu di Indonesia, Menarik Dipelajari
Tahapan Pelaksanaan Pemilu di Indonesia, Menarik Dipelajari

Pelaksanaan pemilu memiliki langkah-langkah yang terstruktur dan diatur secara ketat.

Baca Selengkapnya
Coklit Pemilu Adalah Kegiatan Pemutakhiran Data, Pelajari Selengkapnya
Coklit Pemilu Adalah Kegiatan Pemutakhiran Data, Pelajari Selengkapnya

Coklit pemilu adalah kegiatan pencocokan dan penelitian data pemilih yang dilakukan petugas PPK.

Baca Selengkapnya
30 Contoh Ucapan Perpisahan Rekan Kerja dalam Bahasa Inggris, Berkesan dan Menyentuh Hati
30 Contoh Ucapan Perpisahan Rekan Kerja dalam Bahasa Inggris, Berkesan dan Menyentuh Hati

Contoh ucapan perpisahan rekan kerja dalam bahasa Inggris ini bisa jadi referensi.

Baca Selengkapnya