Hak dan Kewajiban Anak di Rumah, Orang Tua Wajib Tahu

Senin, 12 Juli 2021 19:32 Reporter : Andre Kurniawan
Hak dan Kewajiban Anak di Rumah, Orang Tua Wajib Tahu Ilustrasi Anak Berpuasa. ©Freepik

Merdeka.com - Setiap orang yang ada di dunia memiliki hak dan kewajibannya masing-masing. Oleh karena itu, hendaknya kita mengerti apa hak dan kewajiban kita di mana pun berada, baik di rumah, sekolah, tempat kerja, atau di masyarakat.

Tidak terkecuali bagi anak-anak, mereka juga memiliki hak dan kewajibannya sendiri. Terkait hal ini, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengenalkan pada anak-anak tentang hak dan kewajiban, termasuk hak dan kewajiban anak di rumah.

Hak dan kewajiban anak di rumah hendaknya diperkenalkan sejak usia dini. Dengan begitu, mereka akan merasa diri mereka diperhatikan dan selalu merasa didukung oleh keluarga. Anak-anak yang diperkenalkan tentang kewajibannya di rumah juga akan merasa bahwa kehadiran mereka penting dan dibutuhkan.

Penting untuk menanamkan pengetahuan tentang hak dan kewajiban anak di rumah. Dilansir dari laman stella-maris.sch.id, berikut kami sampaikan apa saja hak dan kewajiban anak di rumah yang wajib diketahui oleh orang tua.

2 dari 5 halaman

Setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan cinta dan kasih sayang

Hak dan kewajiban anak di rumah yang pertama adalah anak memiliki hak untuk mendapatkan cinta dan kasih sayang. Kasih sayang memang menjadi hal utama yang harus didapatkan oleh seorang anak dari orang tuanya. Perhatian dan ungkapan-ungkapan sayang dari orang tua adalah salah satu bentuk kasih sayang dan cinta orang tua.

Dan jika Anda memiliki lebih dari satu anak, jangan sampai memberikan perlakuan berbeda pada masing-masing anak. Berikan rasa cinta dan kasih sayang secara adil, sehingga buah hati Anda dapat tumbuh dengan penuh kasih sayang dan cinta kepada orang lain.

Setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan perhatian

Hak dan kewajiban anak di rumah yang kedua yaitu anak berhak mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Perhatian orang tua adalah apa yang selalu diinginkan oleh anak. Oleh karenanya, sesibuk apa pun aktivitas orang tua, mereka tetap harus menyempatkan diri untuk bertemu dan berkomunikasi dengan anak mereka.

Setiap anak memiliki hak untuk diterima sebagai individu yang berbeda

Kita tahu jika setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda satu sama lain. Anak-anak yang berada di satu rumah pun begitu. Meski mereka bersaudara, namun sifat dan perilakunya tentu ada yang berbeda. Sebagai orang tua, jangan sampai sang anak merasa mendapatkan perlakuan berbeda karena sifat dan perilakunya yang tidak sesuai. Jika ada sesuatu yang salah, segera luruskan perilakunya yang salah, dan jangan menyalahkan anak.

3 dari 5 halaman

Setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan makanan

Untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik, seorang anak berhak untuk mendapatkan makanan. Bukan sembarang makanan, karena orang tua hendaknya memberikan makanan yang bergizi, yang dapat mendukung tumbuh kembang sang anak.

Setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dan keamanan

Seorang anak berhak untuk mendapatkan perlindungan dan rasa aman dari sebuah keluarga. Contohnya seperti saat orang tua yang melarang anaknya untuk pergi ke suatu tempat. Ini merupakan salah satu bentuk perlindungan yang diberikan oleh kedua orang tua untuk menghindarkan anaknya dari kejadian yang tidak diinginkan.

Setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan bimbingan belajar

Sebelum anak masuk sekolah, orang tua adalah guru pertama bagi mereka. Ajarkan mereka membaca, menulis, atau berhitung. Saat seorang anak menempuh pendidikan pun, peran orang tua tetap dibutuhkan, misalnya saat anak mendapatkan tugas dari sekolah. Orang tua harus membimbing dan membantu saat belajar dan menyelesaikan tugasnya.

4 dari 5 halaman

Setiap anak wajib berbakti kepada orang tua

Hak dan kewajiban anak di rumah berikutnya yaitu anak wajib berbakti pada orang tua. Terdapat banyak keutamaan dalam sikap berbakti kepada orang tua, di mana hal itu akan membawa keberkahan dalam hidupnya. Contoh dari perilaku berbakti pada orang tua bisa dalam wujud membantu saat orang tua kesulitan, merawat kedua orang tua, dan mematuhi segala perintah atau keinginan orang tua.

Setiap anak wajib membantu orang tua

Hak dan kewajiban anak di rumah adalah membantu orang tua di rumah. Contohnya seperti membantu membersihkan rumah, kamar tidur atau lainnya. Jika ini diajarkan sejak dini, maka akan menumbuhkan jiwa sukarela dan jiwa suka menolong pada anak.

Setiap anak wajib belajar di rumah

Belajar pada anak tidak hanya dilakukan di sekolah saja, tapi juga wajib untuk belajar di rumah. Cara anak belajar di rumah yaitu dengan mengulang lagi pelajaran yang telah diberikan di sekolah dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR).

5 dari 5 halaman

Setiap anak wajib membahagiakan Orang tua

Jika anak berhak mendapatkan kasih sayang, maka anak juga wajib membahagiakan orang tua. Tidak sulit untuk membuat orang tua Anda bahagia, dengan menjadi anak yang baik dan patuh sudah membuat orang tua senang. Apalagi jika usia orang tua sudah tidak muda lagi, maka kepedulian dari anaknya lah yang sangat dibutuhkan mereka.

Setiap anak wajib menjaga nama baik keluarga

Dengan mengajarkan untuk selalu bersikap baik, sopan, ramah dan tidak sombong kepada anggota keluarga mau pun terhadap orang lain, akan menghindari anak dari perilaku buruk yang dapat mencoreng nama baik keluarga. Orang tua yang berhasil mendidik anaknya dan juga menanamkan karakter yang baik akan sangat berpengaruh pada nama baik kedua orang tuanya.

Setiap anak wajib patuh kepada kedua orang tua

Anak sudah seharusnya mematuhi apa yang dikatakan orang tuanya, dan mendengarkan peraturan yang dibuat di rumah. Orang tua dapat memberi pemahaman bahwa mereka yang melahirkan, merawat dan membesarkan, sehingga anak akan memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk selalu menjaga dan melindunginya.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini