Gus Miftah Bahas Soal Musik Haram, Komentar Ustaz Derry Sulaiman Jadi Sorotan

Kamis, 29 Juli 2021 09:45 Reporter : Andriana Faliha
Gus Miftah Bahas Soal Musik Haram, Komentar Ustaz Derry Sulaiman Jadi Sorotan . Instagram/gusmiftah ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Belum lama ini, pernyataan Uki eks NOAH tentang musik menyita perhatian dan ramai diperbincangkan publik. Pasalnya ia menyebut musik haram hukumnya. Bahkan, ia mengatakan bahwa musik merupakan pembuka maksiat.

Di tengah hangatnya kabar tersebut, Gus Miftah membagikan sebuah video sedang mendengarkan alunan suara terompet yang dimainkan oleh sahabatnya. Dalam video itu, ia juga menjelaskan jenis musik apa yang diharamkan dalam Islam.

Tak berselang lama, video Gus Miftah tersebut langsung mendapat beragam komentar dari warganet. Ustaz Derry Sulaiman juga tampak turut mengomentari unggahannya. Namun, komentarnya justru menadi sorotan.

Berikut selengkapnya,

2 dari 3 halaman

Gus Miftah Bahas Soal Musik

Pengasuh pondok pesantren Ora Aji itu awalnya membahas soal musik dengan mengutip pernyataan dari penyair muslim, Jalaluddin Rumi.

"Menurut Jalaluddin Rumi, musik yang diharamkan dalam Islam itu adalah ketika suara piring ketemu dengan sendok, dimainkan oleh orang kaya dan didengarkan oleh orang kelaparan. Itulah musik yang diharamkan dalam Islam," ujar Gus Miftah dalam video unggahannya pada Selasa (27/7).

Untuk itu, Gus Miftah mengajak publik agar bisa berbagi dan membantu orang-orang yang membutuhkan terutama saat ini masih dalam kondisi pandemi.

"Musim pandemi seperti ini jangan sampai ada orang miskin yang hanya bisa mendengarkan suara piring dan sendok tanpa bisa menikmati isinya. Yuk, berbagi," pungkas Gus Miftah.

005 andriana faliha
Instagram/gusmiftah ©2021 Merdeka.com
3 dari 3 halaman

Komentar Ustaz Derry Sulaiman

Lewat kolom komentar, ustaz Derry Sulaiman menambahkan penyataan soal musik haram yang disampaikan Gus Miftah tersebut.

"Seluruh ulama sepakat haram hukumnya memakan alat musik," tulisnya disertai emoticon tertawa.

Sontak komentarnya mendapat banyak respons dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang mengerti bahwa ustaz tengah bercanda. Namun, tak sedikit yang terkecoh hingga salah paham dengan komentar ustaz Derry Sulaiman.

"masaa di makan alat musik 😂😂😂," tulis salah seorang warganet

"wkwkwk yang tersirat pertama adalah "memainkan" jebule memakan, boleh juga joke nya pak ustad," timpal akun lainnya.

"Betul sekali ternyata semuanya butuh sabar agar tidak terjebak," kata heru**** disertai emoticon ngakak.

"Dibaca lagi ndan. Biar ga salah paham yang haram itu memakan alat musik. Sekilas tadi aku yang salah baca. Hahaha. Ojok spaneng slow ndan," tulis warganet mengingatkan akun yang terkecoh dengan komentar sang ustaz.

001 andriana faliha
Instagram/gusmiftah ©2021 Merdeka.com
[anf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini