Greywater adalah Limbah yang Berasal dari Aktivitas Rumah Tangga, Berikut Manfaatnya

Minggu, 9 Mei 2021 04:00 Reporter : Andre Kurniawan
Greywater adalah Limbah yang Berasal dari Aktivitas Rumah Tangga, Berikut Manfaatnya ilustrasi menyiram tanaman. treehugger.com

Merdeka.com - Apa yang Anda lakukan terhadap air bekas cuci, mandi, atau air hasil pembuangan AC? Pasti banyak yang akan membuangnya begitu saja ke saluran air. Padahal, air tersebut bisa digunakan kembali, khususnya bagi Anda yang hobi bercocok tanam. Air limbah hasil dari aktivitas rumah tersebut juga disebut sebagai greywater.

Greywater adalah air limbah hasil dari bak cuci, pancuran, bak mandi, atau mesin cuci kamar mandi Anda. Namun perlu dicatat bahwa greywater bukanlah air yang bersentuhan dengan kotoran, baik dari toilet atau dari mencuci popok.

Greywater mungkin mengandung jejak kotoran, makanan, minyak, rambut, dan produk pembersih rumah tangga tertentu. Meskipun air ini mungkin terlihat “kotor”, namun, greywater adalah sumber air irigasi yang aman dan bahkan bermanfaat untuk pekarangan Anda.

Ingatlah bahwa jika greywater dilepaskan ke sungai, danau, atau muara, apa yang terkandung di dalamnya akan menjadi polutan, tetapi bagi tanaman, greywater adalah pupuk yang berharga.

Cara termudah untuk menggunakan greywater adalah dengan menyalurkannya langsung ke luar dan menggunakannya untuk menyirami tanaman hias atau pohon buah-buahan. Greywater juga dapat digunakan untuk mengairi tanaman sayuran selama tidak menyentuh bagian tanaman yang dapat dimakan.

Memanfaatkan greywater bisa meringankan Anda akan kebutuhan air. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai greywater dan apa manfaatnya.

Baca Selanjutnya: Greywater...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini