Fungsi Rambut Akar pada Tanaman beserta Penjelasan Strukturnya

Kamis, 25 November 2021 13:13 Reporter : Andre Kurniawan
Fungsi Rambut Akar pada Tanaman beserta Penjelasan Strukturnya ilustrasi rambut akar. farmtario.com

Merdeka.com - Jika Anda hobi berkebun, Anda pasti sudah sering mencabut tanaman-tanaman liar yang sering tumbuh di kebun atau pot bunga Anda. Jika Anda perhatikan, terdapat bulu-bulu halus atau akar-akar yang lebih kecil pada akar tanaman itu. Itulah yang dinamakan rambut akar.

Rambut akar adalah bulu-bulu halus atau bulu berserat yang terdapat pada akar tanaman. Ukurannya biasanya kecil dan terletak di sisi-sisi akar atau cabang-cabang akar. Rambut akar merupakan perpanjangan permukaan dari lapisan epidermis akar.

Dilansir dari steemkr.com, fungsi rambut akar ini adalah untuk mengoptimalkan penyerapan air dan mineral hara. Jadi, semakin banyak rambut akar yang dimiliki tanaman, maka luas permukaan akar akan semakin besar sehingga memungkinkan tanaman untuk mencapai air dan mineral hara di tempat yang jauh dari tanaman ini tumbuh.

Meski fungsi rambut akar ini sangat berguna bagi hidup tumbuhan, bagian ini memiliki umur yang pendek. Masa hidupnya hanya dua sampai tiga minggu. Tetapi, dia akan terus beregenerasi melalui pembelahan mitosis.

Ukuran rambut akar sangat kecil (diameter 5-17 mikrometer dengan panjang antara 80-1500 mikrometer), bersel satu, dan panjangnya hanya beberapa milimeter dari akar. Umumnya rambut akar tidak memiliki kutikula sehingga pergerakan air dan nutrisi mineral dari tanah ke dalam pembuluh akan lebih mudah.

Berikut akan kami jelaskan lebih lanjut tentang fungsi rambut akar, struktur, dan perannya pada tanaman.

2 dari 4 halaman

Fungsi Rambut Akar

Fungsi rambut akar yang utama adalah untuk mencari celah antar partikel tanah dan mempermudah proses penyerapan air dan mineral hara. Tapi, fungsi rambut akar ini tidak hanya menyerap air dan nutrisi, mereka juga mencegah organisme bakteri berbahaya memasuki tanaman melalui pembuluh xylem.

Air dan unsur hara yang telah diserap kemudian dibawa ke bagian lain dari akar tanaman. Asam kemudian disekresikan oleh rambut akar ini. Asam akan membantu melarutkan mineral hara dalam bentuk ion sehingga mineral hara lebih mudah diangkut dan dibawa di dalam akar.

Rambut akar yang panjang memungkinkannya bergerak menembus partikel tanah dan akan meningkatkan luas permukaan rambut, sehingga memungkinkan tanaman lebih efisien dalam menyerap nutrisi dan berhubungan dengan mikroba.

Struktur Rambut Akar

Rambut akar terletak di sisi samping akar. Secara umum rambut akar terdiri dari beberapa bagian yaitu dinding sel (lapisan terluar rambut akar yang melindungi rambut akar), membran permukaan sel, sitoplasma, dan vakuola.

Vakuola adalah tempat penyimpanan sementara. Di dalam vakuola tersimpan ion air dan mineral sebelum diangkut ke bagian akar lain. Penyimpanan ion dalam vakuola ini juga berperan dalam mendukung fungsi rambut akar dalam membantu pertukaran ion di zona akar.

3 dari 4 halaman

Cara Kerja Rambut Akar

Rambut akar adalah bagian yang ada di ujung akar tanaman. Ukuran sel-sel rambut akar ini bervariasi antara diameter 15 dan 17 mikrometer, dan panjangnya 80 hingga 1.500 mikrometer.

Mereka hanya ditemukan ketika area pematangan, dan bukan di area pemanjangan, mungkin karena setiap rambut akar yang muncul langsung terpotong saat akar memanjang dan bergerak melalui tanah. Rambut akar tumbuh dengan cepat, setidaknya 1μm/menit, membuatnya sangat berguna untuk penelitian tentang ekspansi sel.

ilustrasi rambut akar
alevelbiology.co.uk

Rambut akar dapat mencapai air dan mineral hara dari celah-celah partikel tanah. Air dan nutrisi mineral diserap dalam bentuk ion. Ion-ion tersebut masuk melalui celah dinding sel, kemudian menembus membran permukaan sel, kemudian masuk ke dalam sitoplasma. Jika daun membutuhkan ion, maka ion yang diserap langsung diangkut ke daun untuk kemudian digunakan untuk fotosintesis. Jika tidak perlu, ion-ion tersebut disimpan dalam vakuola.

Ion-ion yang ada dalam sitoplasma atau vakuola bersifat mobile. Di mana ketika konsentrasi ion di luar sel lebih rendah maka ion di dalam sel akan keluar sehingga konsentrasi ion menjadi seimbang. Dan sebaliknya. Penyerapan ion air dan mineral hara dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman dengan selalu menjaga keseimbangan ion yang berada di dalam dan di luar rambut akar.

4 dari 4 halaman

Pentingnya Rambut Akar

ilustrasi rambut akar
reference.com

Bagi tanaman, rambut akar memiliki peran yang sangat penting karena sebagian besar aktivitas penyerapan air dan nutrisi melibatkan rambut akar.

Rambut akar membentuk permukaan yang penting karena dibutuhkan untuk menyerap sebagian besar air dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Mereka juga terlibat langsung dalam pembentukan bintil akar pada tanaman legum. Rambut akar menggulung di sekitar bakteri sehingga memungkinkan pembentukan benang infeksi melalui sel-sel kortikal yang membelah untuk membentuk nodul.

Memiliki luas permukaan yang besar, penyerapan air dan mineral aktif melalui rambut akar sangat efisien. Sel rambut akar juga mengeluarkan asam (misalnya asam malat dan sitrat), yang melarutkan mineral dengan mengubah keadaan oksidasinya, sehingga membuat ion lebih mudah diserap.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini